Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 07:20 WIB | Senin, 27 Juni 2022

KTT NATO Didorong Bahas Juga Kehadiran Tentara Bayaran Rusia di Kawasan Afrika

Menteri Luar Negeri Spanyol, Jose Manuel Albares, berbicara selama wawancara dengan Reuters di Madrid, Spanyol, pada 7 Juni 2022. (Foto: dok. Reuters)

BARCELONA, SATUHARAPAN.COM-Invasi Rusia ke Ukraina pasti akan mendominasi pembicaraan pertemuan puncak NATO mendatang di Madrid, Spanyol. Namun negara-negara anggota lainnya diam-diam mendorong aliansi Barat untuk mempertimbangkan isu bagaimana tentara bayaran yang bersekutu dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin, menyebarkan pengaruh Moskow ke Afrika.

Sebagai tuan rumah KTT yang berlangsung dari hari Selasa hingga Kamis, Spanyol ingin menekankan kedekatannya dengan Afrika dan melobi untuk fokus yang lebih besar pada sayap selatan Eropa dalam sebuah dokumen baru yang menguraikan visi NATO tentang tantangan dan tugas keamanannya.

Konsep Strategis adalah dokumen kerja NATO yang paling penting setelah Perjanjian Atlantik Utara tahun 1949, yang berisi ketentuan utama yang menyatakan bahwa serangan terhadap satu anggota dipandang sebagai serangan terhadap semua. Penilaian keamanan diperbarui kira-kira setiap dekade untuk mengatur ulang agenda keamanan Barat.

Versi saat ini, yang disetujui di Lisbon pada 2010, menyatakan bahwa risiko perang konvensional di wilayah NATO adalah “rendah.” Itu tidak secara eksplisit menyebutkan kekhawatiran tentang ketidakstabilan di Afrika. Pada saat itu, aliansi memandang sikap apatis sebagai ancaman militer terbesarnya. Dan juga keluhan Amerika Serikat bahwa beberapa anggota Eropa tidak membayar hak mereka sangat menonjol dalam pembicaraan puncak.

Setelah Rusia membawa perang ke perbatasan timur NATO, aliansi tersebut telah bekerja untuk menyediakan Ukraina dengan berbagai macam senjata yang lebih kuat dan untuk menghindari risiko yang sangat nyata untuk terlibat dalam pertempuran.

Tentara Bayaran di Afrika

Tetapi tampaknya ada konsensus di antara anggota NATO menuju KTT Madrid bahwa sementara Rusia tetap menjadi perhatian nomor satu, aliansi tersebut harus terus memperluas pandangannya secara global. Posisi Spanyol untuk peningkatan fokus pada "Selatan" juga dirasakan oleh Inggris, Prancis, dan Italia.

Dalam pandangan mereka, tantangan keamanan di Afrika muncul dari sikap Putin yang tampaknya mati-matian dalam memulihkan kejayaan kekaisaran Rusia serta dari China yang ekspansif. Rusia telah mendapatkan daya tarik olehkehadiran tentara bayarannya di wilayah Sahel, hamparan semi kering yang membentang dari Senegal hingga Sudan yang menderita perselisihan politik, terorisme, dan kekeringan.

“Setiap kali saya bertemu dengan para menteri NATO, dukungan dari sekutu adalah total karena ketidakstabilan yang kita lihat di perbatasan selatan aliansi dan terutama situasi di wilayah Sahel sekarang,” kata Menteri Luar Negeri Spanyol, José Albares.

Kremlin menyangkal memiliki hubungan dengan Grup Wagner, kekuatan tentara bayaran dengan kehadiran yang meningkat di Afrika tengah dan utara serta Timur Tengah. Perusahaan militer swasta, yang juga berpartisipasi dalam perang di Ukraina, telah mengembangkan pijakan di Libya, Mali, Sudan, dan Republik Afrika Tengah.

Di Mali, tentara Wagner mengisi kekosongan yang diciptakan oleh keluarnya bekas kekuasaan kolonial Prancis. Di Sudan, tawaran aliansi ekonomi Rusia membuatnya menjanjikan pangkalan angkatan laut di Laut Merah. Di Republik Afrika Tengah, tentara Wagner melindungi tambang emas dan berlian negara itu. Sebagai imbalannya, Putin mendapat sekutu dan sumber daya diplomatik.

Presiden Prancis, Emmanuel Macron, telah lama menyerukan “keterlibatan yang lebih besar” dari NATO di wilayah Sahel. Sekarang Wagner telah pindah ke Mali, otoritas Prancis menggarisbawahi bahwa tentara bayaran Wagner dituduh melakukan pelanggaran hak asasi manusia di Republik Afrika Tengah, Libya dan Suriah.

Mantan Sekretaris Jenderal NATO, Javier Solana, mengatakan bahwa kampanye militer brutal Rusia untuk mendukung Presiden Suriah, Bashar al-Assad, selama perang saudara yang panjang di negaranya membuatnya semakin berani.

“Suriah memberi (Rusia) sentimen bahwa mereka bisa lebih aktif di bagian dunia itu,” kata Solana kepada The Associated Press."Mereka memiliki hubungan yang sangat baik dengan Aljazair dan mereka memiliki... tipe orang Wagner di Sahel, yang halus."

Dengan Sahel, Maroko, dan Aljazair berisiko memperburuk ketidakstabilan, “bagian selatan NATO, untuk Portugal, Spanyol, Yunani, dll, mereka ingin membuka mata terhadap bagian dunia itu,” katanya.

 Italia dan Tantangan di Mediterania

Italia adalah anggota NATO lainnya yang terbiasa dengan iklim politik di Laut Mediterania. Pangkalan Komando Pasukan Gabungan NATO di Napoli, yang pada tahun 2017 membuka wilayah selatan yang berfokus secara khusus pada terorisme, radikalisasi, migrasi, dan masalah keamanan lainnya yang berasal dari Afrika Utara dan Timur Tengah.

Duta Besar Italia untuk NATO, Francesco Maria Talo, mengatakan dalam wawancara bulan Mei dengan kantor berita Italia ANSAbahwa krisis kemanusiaan di Afrika harus menjadi perhatian semua sekutu NATO.

“Di dekat kita ada Afrika, dengan satu miliar penduduk berisiko miskin, diperburuk oleh kerawanan pangan, terorisme, dan perubahan iklim, semua faktor yang digabungkan untuk menciptakan ketidakamanan,” kata Talo. “Dan Rusia juga hadir di sana.”

Pentingnya sisi lain Mediterania menjadi sangat jelas diSahara buritan, bekas jajahan Spanyol. Di tengah perselisihan, berkurangnya keamanan perbatasan memungkinkan para migran memasuki wilayah Spanyol, dan ada anggapan adanya ancaman terhadap pasokan energi. Analis menganggap keduanya sebagai taktik "perang hibrida" ketika pemerintah menggunakannya melawan negara lain, dan ancaman bagi Spanyol selama setahun terakhir karena serangkaian krisis diplomatik yang melibatkan Maroko dan Aljazair dan persaingan mereka.

Berbicara di Madrid bulan lalu, Menteri Pertahanan Inggris, Ben Wallace, mencatat masalah yang disebabkan tahun lalu ketika Belarusia, sekutu Putin, diduga mendorong para migran untuk melintasi perbatasannya ke Polandia dan negara-negara tetangga lainnya.

“Jika orang-orang seperti Wagner mendapatkan kendali yang mereka miliki atau mereka ingin miliki di tempat-tempat seperti Libya atau apa yang kami lihat telah mereka lakukan di Mali, jangan berpikir bahwa Spanyol tidak akan tersentuh oleh itu,” kata Wallace.

Perhatan pada Jangkauan Militer China

NATO juga diharapkan untuk memasukkan dalam Dokumen Strategis baru referensi ke jangkauan militer China yang berkembang baik di dalam maupun di luar teater Pasifik. Sekretaris Jenderal, Jens Stoltenberg, mengatakan bulan lalu di Madrid bahwa “China telah bergabung dengan Rusia secara terbuka memperjuangkan hak setiap negara untuk memilih jalannya sendiri.”

Pada bulan Mei, Jenderal Angkatan Darat Amerika Serikat, Stephen J. Townsend, komandan Komando Afrika AS, memperingatkan bahwa China sedang mencoba untuk membangun sebuah pangkalan militer angkatan laut di pantai Atlantik Afrika. Dia mengatakan bahwa China “memiliki daya tarik paling besar” untuk mendirikan pangkalan di Guinea Khatulistiwa, sebuah kediktatoran kecil yang kaya minyak yang pernah menjadi satu-satunya koloni Afrika sub-Sahara Spanyol.

China hanya mengoperasikan satu pangkalan militer asing yang diakui, yang terletak di Djibouti di Afrika Timur, Tetapi banyak yang percaya bahwa Tentara Pembebasan Rakyatnya China sibuk membangun jaringan militer di luar negeri, bahkan jika tidak menggunakan istilah "pangkalan."

Dihadiri Jepang, Korea Selatan, Australia dan Selandia Baru

NATO telah mengundang para pemimpin Jepang, Korea Selatan, Australia, dan Selandia Baru ke KTT untuk menunjukkan minatnya di Asia-Pasifik.

Menteri luar negeri Mauritania, bekas jajahan Prancis di Afrika Barat, juga diundang untuk menghadiri jamuan makan malam kerja sesama menteri luar negeri di KTT NATO. 

NATO mengatakan negara itu, yang berbatasan dengan Sahara Barat, Aljazair, Mali, dan Senegal, "terkait erat dengan pekerjaan persiapan" untuk Konsep Strategis baru. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home