Loading...
INSPIRASI
Penulis: Made Teddy Artiana 01:00 WIB | Kamis, 11 Juni 2015

Kualitas Tertinggi

Manusia merupakan ciptaan dengan kualitas tertinggi.
Kualitas Unggulan (foto: istimewa)

SATU HARAPAN.COM – Silakan sejenak menengok ke layar televisi Anda, atau radio, majalah, koran, gawai di tangan Anda. Hampir setiap menit pikiran kita dibombardir oleh iklan. Ke mana pun kita berpaling, selalu saja ada ”jualan” dengan iming-imingan. Persoalannya, apakah setiap iklan produk, jasa, atau apa pun yang ditawarkan itu adalah produk berkualitas dan terjamin mutunya. Jawabannya jelas: belum tentu. Tetapi, apa pun itu, kualitas sering kali bukan menjadi hal yang terutama lagi. Seolah yang terpenting adalah sesering atau sekeras apa Anda meneriakkan janji.

Sekarang bandingkan dengan sebuah tips marketing yang diberikan seorang raja bijak, Sulaiman, yang menyatakannya dalam Kitab Amsal:  ”Pernahkah engkau melihat orang yang cakap akan pekerjaannya? Di hadapan raja-raja ia akan berdiri dan bukan di hadapan orang hina” (Ams. 22:29).

Kalimat ini mengisyaratkan bukti dan bukan janji. Raja Sulaiman menasihati kita untuk selalu mementingkan kualitas dari pekerjaan kita. Bahwa ketika kita berfokus pada kualitas, maka popularitas (publisitas) akan selalu mengikutinya.

Jika kita mau memerhatikan, ternyata Tuhan, Sang Pencipta, pun selalu bekerja dalam sebuah standar kualitas tinggi. Tengoklah binatang, pepohonan, makhluk hidup, dan alam semesta, semuanya dijadikan amat sangat baik adanya. Lalu manusia, sebagai puncak karya-Nya, merupakan hasil dari sebuah standar kualitas yang sangat tinggi.

Itu berarti, kualitas bukan semata-mata ”barang (jasa) bagus yang menghasilkan duit”, namun memiliki dimensi ilahi yang agung. Setiap pekerjaan yang berkualitas tinggi akan selalu memuliakan Sang Pencipta, sedangkan pekerjaan yang berpusat hanya pada uang dan mengabaikan kualitas akan merendahkan nilai kemanusiaan serta menghina Sang Pencipta manusia itu sendiri.

Sungguh masuk akal jika kita dituntut melakukan segala sesuatu (pekerjaan) dengan standar tinggi. Bukankah kita memang telah diciptakan-Nya dengan kualitas tertinggi?

 

Editor: ymindrasmoro

Email: inspirasi@satuharapan.com


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home