Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 11:11 WIB | Senin, 19 April 2021

Kurdi Suriah Serahkan 34 Anak Anggota ISIS ke Rusia

Anak laki-laki berjalan di kamp pengungsian Al-Hol di Provinsi Hasaka, Suriah, tempat banyak anak anggota ISIS ditampung, pada 8 Maret 2019. (Foto: dok. Reuters)

DAMASKUS, SATUHARAPAN.COM-Otoritas Kurdi di wilayah timur laut Suriah pada hari Minggu (18/4) menyerahkan 34 anak yatim piatu, yang orangtuanya diduga anggota ISIS. Mereka diserahkan kepada delegasi Rusia untuk dipulangkan.

Seorang koresponden AFP di kota Qamishli, Suriah, mengatakan anak-anak itu berusia antara tiga dan 14 tahun dan diserahkan kepada delegasi yang dipimpin oleh utusan presiden Rusia untuk hak-hak anak, Anna Kuznetsova.

Moskow sekarang telah memulangkan setidaknya 169 anak seperti itu, kata Fener Al-Kait dari departemen urusan luar negeri Kurdi Suriah, kepada AFP di sela-sela upacara penyerahan.

Dia mengatakan keberangkatan anak-anak yatim piatu ke Federasi Rusia akan dimuali dari wilayah timur laut Suriah.

Moskow juga telah memulangkan anak-anak yang ditinggalkan di Irak sejak runtuhnya ISIS yang mengklaim dan memproklamirkan diri sebagai  "kekhalifahan Ilam" dan tumbuh sebagai ekstremis di dua negara, Irak dan Suraih.

Kurdi Suriah telah berulang kali mendesak komunitas internasional untuk memulangkan warga negara asing yang ditahan di kamp-kamp yang padat di timur laut Suriah.

Panggilan mereka sebagian besar tidak didengar, namun dalam jumlah yang terbatas, kebanyakan anak-anak, sejauh ini ada yang diizinkan pulang dan diterima di negara asal orangtua mereka. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home