Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 08:53 WIB | Rabu, 06 April 2022

Laporan IPCC Sebut 18 Negara Menuju “Iklim Hijau”

Turbin angin berputar di belakang pembangkit listrik tenaga surya di Rapshagen, Jerman, Kamis, 28 Oktober 2021. (Foto: dok. AP/Michael Sohn)

SATUHARAPAN.COM-Para pendukung energi bersih dan lembaga think tank telah lama mengatakan bahwa pengurangan emisi dapat dilakukan dan menjaga pertumbuhan ekonomi. Sekarang laporan terbaru dari ilmuwan iklim top dunia mengatakan 18 negara telah melakukan hal itu, mempertahankan pengurangan emisi "setidaknya selama satu dekade" karena ekonomi mereka terus tumbuh.

Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC) Perserikatan Bangsa-Bangsa tidak menyebutkan nama negara-negara tersebut, dengan alasan ketidakkonsistenan dalam data.

Tetapi menggunakan angka-angka dari Proyek Karbon Global, yang bukan bagian dari laporan, The Associated Press menemukan 19 negara di mana emisi karbon dioksida tahunan pra pandemi setidaknya 10 juta metrik ton lebih sedikit pada 2019 dibandingkan 2010. Mereka adalah Amerika Serikat, Inggris Raya, Jerman, Jepang, Italia, Ukraina, Prancis, Spanyol, Yunani, Belanda, Meksiko, Finlandia, Singapura, Denmark, Republik Ceko, Belgia, Polandia, Rumania, dan Swedia.

IPCC mengidentifikasi tiga faktor umum untuk negara-negara yang telah mampu mendekarbonisasi: Mereka menggunakan lebih sedikit energi, beralih dari bahan bakar fosil ke energi terbarukan dan meningkatkan efisiensi energi produk mereka.

Negara-negara semacam itu “dapat mengekspor model yang menunjukkan bahwa kita dapat mengurangi emisi dan masih memiliki tingkat kesejahteraan yang tinggi,” kata Greg Nemet, profesor energi dan kebijakan publik di University of Wisconsin–Madison La Follette School of Public Affairs. “Kita bisa mengekspor kebijakan yang berperan dalam mencapai itu.”

Sementara daftar negara menunjukkan jalan ke depan, itu juga menimbulkan pertanyaan tentang kesetaraan. Amerika Serikat, Jerman, Jepang, dan Inggris termasuk di antara penyumbang terbesar emisi karbon historis. Penduduk mereka sudah memiliki listrik dan sebagian besar kendaraan.

Nemet, yang juga penulis utama laporan IPCC, menambahkan bahwa negara-negara maju yang telah menjadi kontributor sejarah perubahan iklim dan telah mampu mendekarbonisasi perlu mengambil peran “kepemimpinan” dalam membantu negara-negara berkembang melakukan hal yang sama.

Emisi bersejarah dan diskusi tentang tanggung jawab selalu didiskusikan selama konferensi iklim PBB. Tetapi membuat negara-negara industri menyetujui apakah kompensasi atas kerusakan diperlukan atau berapa banyak yang harus mereka bayar untuk membantu negara-negara miskin berinvestasi dalam teknologi hijau, semuanya terbukti sulit dipahami.

Negara-negara paling tidak berkembang di dunia diperkirakan hanya mengeluarkan 3,3% dari gas rumah kaca global pada 2019, kata Inger Andersen, direktur eksekutif Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa, menunjukkan dalam sebuah pernyataan kepada AP.

Beberapa ahli mencatat bahwa negara berkembang sering kali terpaksa meminjam uang dengan tingkat bunga yang lebih tinggi daripada negara maju, yang dapat membuat proyek modal besar menjadi penghalang.

“18 negara yang memiliki pengurangan emisi dan pertumbuhan ekonomi yang seimbang memang merupakan contoh yang memberi kita harapan untuk masa depan, tetapi... semua negara maju memiliki tanggung jawab historis untuk memastikan bahwa mereka bersandar, baik pada target Kesepakatan Paris untuk menghasilkan US$ 100 miliar satu tahun dalam pendanaan iklim, untuk memastikan negara-negara miskin memiliki akses ke teknologi dan pengetahuan untuk membuat perubahan ini,” atau dengan memimpin, membuat transisi ini terlebih dahulu, katanya.

Michael Grubb, penulis utama laporan IPCC dan profesor energi dan perubahan iklim di University College of London, mengatakan dalam laporannya bahwa para ilmuwan menjalankan skenario ekonomi dan emisi untuk melihat apa yang akan terjadi secara global pada berbagai tingkat pengurangan polusi karbon.

Di hampir setiap scenario, termasuk skenario "paling agresif" untuk mengurangi emisi karbon, produk domestik bruto global masih hampir dua kali lipat pada pertengahan abad ini. Bahkan dalam skenario dengan pengurangan emisi terdalam, PDB melonjak 96%, kata Grubb.

“Intinya dalam praktik, apa yang kita lakukan dalam mitigasi iklim secara makroekonomi benar-benar akan hilang dalam kebisingan efektivitas keseluruhan kebijakan ekonomi kita,” katanya.

Grubb mengatakan laporan IPCC menolak menyebutkan nama 18 negara tersebut karena data untuk beberapa negara hanya menghitung karbon dioksida sementara untuk yang lain memasukkan semua gas rumah kaca. Tahun dasar juga berbeda. Bergantung pada parameternya, ada lebih banyak negara yang mengurangi emisi sambil menumbuhkan ekonomi mereka, katanya.

Patricia Romero-Lankao, ilmuwan senior di National Renewable Energy Laboratory dan penulis utama bagian laporan IPCC tentang kebijakan nasional dan subnasional, mengatakan dia optimis. Tetapi dia menekankan betapa banyak lagi yang harus dilakukan untuk membantu masyarakat dan daerah yang kurang beruntung dalam menghilangkan karbon dan memperbaiki dampak perubahan iklim.

"Ini bukan masalah teknis," katanya. “Kami perlu memahami apa yang mereka butuhkan, tantangan apa yang mereka hadapi, dan bagaimana kami dapat menyesuaikan perangkat kami untuk membantu kami menanggapinya.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home