Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 10:33 WIB | Rabu, 06 April 2022

Arab Saudi Bergabung dalam 100 Hari Yoga Internasional

Presiden Komite Yoga Arab Saudi, Nouf Al-Marwaai, menginstruksikan siswa yoganya di studionya di Jeddah. (Foto: dok. AFP)

JEDDAH, SATUHARAPAN.COM-Arab Saudi akan ambil bagian dalam kampanye hitung mundur 100 hari pada Hari Yoga Internasional kedelapan bersama dengan 100 negara lainnya, kata Presiden Komite Yoga Arab Saudi, Nouf Al-Marwaai.

Untuk memperingati kampanye, juga dikenal sebagai Yoga Mahotsav, Hari Internasional Yoga 2022 (IDY), Al-Marwaai mengumumkan peluncuran program kesadaran yoga 81 hari di Arab Saudi. Acara pembukaan virtual kampanye diadakan pada 1 April menjelang Hari Yoga Internasional pada 21 Juni.

IDY secara resmi diakui untuk manfaat kesehatannya di bawah resolusi PBB 69/131. Acara internasional ini bertujuan untuk mempromosikan latihan yoga dan manfaat kesehatan yang terkait. Tema IDY tahun ini adalah “Kesehatan, Kesejahteraan dan Perdamaian Dunia.”

Acara ini diselenggarakan oleh Institut Yoga Nasional Morarji Desai (MDNIY) di bawah Kementerian AYUSH India, sebuah lembaga yang didirikan untuk penelitian, pengembangan dan pendidikan dalam ayurveda, yoga, naturopati, unani, siddha dan homoeopati.

Direktur MDNIY, Dr. Ishwar Basavaraddi, mengatakan bahwa kampanye tahun ini akan mencakup 100 hari, 100 kota dan 100 organisasi menjelang IDY, menurut lapran media Arab Saudi, Arab News.

“Program kampanye akan mencakup demonstrasi yoga, lokakarya dan seminar di India dan di seluruh dunia,” katanya.

Acara virtual di Arab Saudi pada 1 April menampilkan pelajaran yoga, kelas dengan pelatih terdaftar Faisal Al-Awaji, sesi vinyasa dengan Samah Diab, dan kelas pranayama dan meditasi dengan Bhola Shanker dari tradisi meditasi Himalaya.

“Kami merasa terhormat menjadi bagian dari Yoga Mahotsav 2022. Saat kami bersiap untuk merayakan Hari Yoga Internasional, sangat penting untuk menyoroti pesan yoga untuk kesehatan, kesejahteraan, dan perdamaian dunia. Dengan tantangan dunia saat ini, promosi yoga sangat dibutuhkan,” kata Al-Marwaai dalam sambutan pembukaan acara virtual tersebut.

Dia menambahkan bahwa Arab Saudi  membuat langkah signifikan untuk menggabungkan dan mengintegrasikan latihan yoga dalam masyarakat Arab Saudi.

Basavaraddi mengatakan bahwa berlatih yoga adalah "berkaitan dengan kepentingan manusia," dan itu dapat "membebaskan dunia dari ketegangan" dalam "pesan cinta, kedamaian, persatuan, dan niat baik.”

“Merangkul yoga adalah contoh yang jelas dan indah yang mewujudkan peningkatan kualitas hidup di Arab Saudi sebagai bagian dari Visi Saudi 2030,” kata instruktur dan arsitek yoga bersertifikat Arab Saudi, Shahad Khalid.

Dia mengatakan kepada Arab News: “Dengan mendukung komunitas olah raga dan gaya hidup sehat, yoga adalah cara bagi individu untuk meningkatkan kesadaran mereka dan terhubung dengan tubuh mereka, dengan manfaat kesehatan yang tak terhitung jumlahnya.”

Shahad mengatakan bahwa partisipasi Arab Saudi dalam IDY memberdayakan komunitas yoga Arab Saudi, yang dapat menyebarkan kesadaran dan menunjukkan manfaat dari berlatih yoga.

Pada IDY tahun lalu, Arab Saudi menandatangani nota kesepahaman dengan India untuk mempromosikan pendidikan yoga.

Ditandatangani antara Kementerian Olahraga Arab Saudi dan Kementerian AYUSH India, kesepakatan tersebut bertujuan untuk mengaktifkan dan mengatur yoga di Arab Saudi, membuka jalan bagi komunitas yoga Arab Saudi untuk mengambil bagian dalam kampanye IDY 2022. (Arab News)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home