Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 06:03 WIB | Minggu, 31 Juli 2022

Liz Truss Diunggulkan untuk Jabatan PM Inggris, Gantikan Boris Johnson

Liz Truss berbicara di sebuah acara di Breckland Council di Dereham, Norfolk, Inggris, sebagai bagian dari kampanyenya untuk menjadi pemimpin Partai Konservatif dan perdana menteri berikutnya, Jumat 29 Juli 2022. (Foto: Joe Giddens/PA via AP)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Menteri Luar Negeri Inggris, Liz Truss, mengukuhkan posisinya sebagai yang terdepan dalam persaingan untuk menggantikan Perdana Menteri Boris Johnson, memenangkan dukungan pada hari Sabtu dari mantan saingannya yang berpengaruh untuk jabatan puncak.

Tom Tugendhat, yang tersingkir dari kontes dalam putaran pemungutan suara sebelumnya oleh anggota parlemen Konservatif, mengatakan Truss memiliki "resolusi, tekad, dan semangat" untuk menjadi perdana menteri.

Pengesahan tersebut merupakan pukulan bagi mantan Kepala Bendahara, Rishi Sunak, finalis lainnya dalam perebutan pemimpin Konservatif berikutnya. Pemenang akan ditentukan oleh suara dari sekitar 180.000 anggota partai di seluruh negeri.

Jajak pendapat memberi Truss keunggulan dengan anggota Tory, meskipun Sunak lebih populer di kalangan masyarakat umum, yang tidak memiliki suara dalam persaingan. Pemenangnya akan diumumkan pada 5 September dan secara otomatis akan menjadi perdana menteri, menggantikan Johnson, yang mengundurkan diri sebagai pemimpin Konservatif bulan ini setelah tiga tahun menjabat menyusul skandal etika selama berbulan-bulan.

Tugendhat, seorang tokoh terkemuka dari kelompok sentris partai "One Nation", menulis di surat kabar Times of London bahwa Truss memiliki "pengalaman urusan luar negeri untuk membangun aliansi dan menjaga keamanan negara kita."

Truss juga mendapatkan dukungan pekan ini dari Menteri Pertahanan, Ben Wallace, yang sangat dihormati oleh anggota partai atas penanganannya tanggapan Inggris terhadap perang di Ukraina. Wallace mengatakan pengalaman internasional Truss sebagai diplomat top Inggris dan komitmen untuk meningkatkan pengeluaran militer memberinya “keunggulan.”

Sunak, yang merupakan kandidat favorit di antara anggota parlemen Tory yang memangkas kandidat dari 11 pesaing awal, sedang berjuang untuk mendapatkan momentum. Dia menuduh Truss menjajakan janji-janji yang tidak realistis, terutama di bidang ekonomi.

Truss mengatakan dia akan segera memotong pajak untuk meringankan krisis biaya hidup, sementara Sunak berpendapat penting untuk mengendalikan inflasi terlebih dahulu.

Sunak mengatakan pemotongan pajak Truss akan memberikan "serbuan gula" tetapi pada akhirnya menuangkan "bahan bakar ke api" inflasi yang sudah mencapai level tertinggi 40 tahun. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home