Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 08:41 WIB | Senin, 08 April 2024

Macron Yakin Rusia Akan Menargetkan Olimpiade Paris di Tengah Ketegangan Geopolitik

Presiden Prancis, Emmanuel Macron, berbicara kepada anak-anak usai penampilan renang mereka saat peresmian Olympic Aquatics Centre (CAO), sebuah tempat multifungsi untuk lokasi pembangunan Olimpiade Paris 2024 yang berada di bawah pengelolaan "Metropole Grand Paris" di Saint-Denis , dekat Paris, Prancis, 4 April 2024. (Foto: Reuters)

PARIS, SATUHARAPAN.COM-Presiden Prancis, Emmanuel Macron, mengatakan pada hari Kamis (4/4) bahwa dia yakin Rusia akan dengan kejam menargetkan Olimpiade Paris musim panas ini, dalam komentar yang menggarisbawahi latar belakang geopolitik yang buruk dari Olimpiade tersebut.

“Saya tidak ragu sama sekali, termasuk dalam hal informasi,” kata Macron menanggapi pertanyaan wartawan tentang apakah menurutnya Rusia akan mencoba menargetkan Olimpiade.

Kedutaan Besar Rusia di Paris tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Pernyataan Macron, yang disampaikan pada sebuah acara di Paris untuk peresmian pusat akuatik Olimpiade yang baru, mewakili pengakuannya yang paling eksplisit hingga saat ini atas ancaman asing terhadap keamanan atau kelancaran Olimpiade.

Acara yang diantisipasi secara global ini terjadi di tengah konteks global yang kompleks, dengan perang Rusia di Ukraina dan konflik Israel dengan Hamas di Gaza yang mempersulit upaya untuk menjaga Olimpiade.

Seorang ajudan Macron, yang berbicara tanpa menyebut nama, menolak mengatakan apakah Macron mengacu pada informasi intelijen spesifik yang menandakan adanya upaya campur tangan Rusia di masa depan.

Sebaliknya, dia berkata: “Ada sikap keras dari Rusia, yang telah kita lihat selama beberapa bulan.”

Macron baru-baru ini mengambil sikap yang lebih keras terhadap Rusia, bersumpah bahwa Moskow harus dikalahkan, dan tidak mengesampingkan bahwa suatu hari pasukan Eropa mungkin akan dikirim ke Ukraina, meskipun ia telah menjelaskan bahwa Prancis tidak berniat memicu permusuhan terhadap Rusia.

Pemerintahannya juga telah mengambil tindakan yang lebih keras terhadap dugaan upaya disinformasi Rusia di seluruh Eropa.

Awal pekan ini, Menteri Luar Negeri Prancis, Stephane Sejourne, mengatakan Prancis akan mengusulkan sanksi tingkat Uni Eropa terhadap mereka yang berada di balik penyebaran disinformasi di tengah apa yang dilihat Paris sebagai upaya Rusia yang semakin besar untuk mengacaukan blok tersebut.

Rusia dan IOC

Hubungan antara Rusia dan Komite Olimpiade Internasional (IOC) memburuk menjelang Olimpiade Paris, di mana atlet Rusia dan Belarusia akan bertanding secara netral, tanpa bendera dan lagu kebangsaan, serta dikeluarkan dari parade pembukaan.

Mereka awalnya dilarang berkompetisi secara internasional setelah invasi Rusia ke Ukraina pada Februari 2022.

Rusia mengatakan tahun lalu bahwa pihaknya berencana meluncurkan kembali ‘Pertandingan Persahabatan’ multi olahraga pada tahun 2024, 40 tahun setelah edisi pertamanya, sebuah langkah yang dikritik IOC sebagai “tindakan politik”.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengatakan pekan ini bahwa sikap IOC terhadap rencana Rusia untuk menjadi tuan rumah acara olah raga internasional “tidak dapat diterima” dan IOC merusak gerakan Olimpiade dengan menolak memisahkan diri dari politik. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home