Loading...
SAINS
Penulis: BPK PENABUR Jakarta 19:20 WIB | Sabtu, 20 Mei 2023

Makna Mendalam di Balik Kenaikan Tuhan Yesus ke Surga Bagi Umat Kristen

Ilustrasi kenaikan Yesus ke Surga (Foto : BPKPENABURJakarta)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM, Setelah kebangkitan Tuhan Yesus yang berhasil melawan maut, pada hari ke-40 Ia naik ke surga. Peristiwa tersebut diperingati oleh umat Kristen setiap tahunnya.

Lalu, apa sebenarnya makna peringatan kenaikan Tuhan Yesus bagi umat kristiani? Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Tuhan Yesus naik ke surga untuk menyediakan tempat tinggal (Yohanes 14:1-3)

Tuhan Yesus memberikan pengharapan melalui kenaikan-Nya ke surga. Tuhan Yesus berkata, "Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu” (Yoh. 14:1-3). 

Dunia di mana kita hidup saat ini hanyalah sekadar tempat tinggal yang bersifat sementara, akan tetapi Tuhan Yesus menjanjikan suatu tempat tinggal tetap bagi orang-orang yang percaya kepada-Nya. 

2. Tuhan Yesus naik ke surga guna memberikan kuasa (Kisah Para Rasul 1:8). 

Kenaikan Tuhan Yesus menandai pentingnya pekerjaan Roh Kudus yang memberikan kuasa kepada kita untuk bersaksi tentang Tuhan Yesus yang lahir, mati, dan bangkit. 

Roh Kudus memberikan kekuatan dan kebijaksanaan bagi umat Kristen untuk menjadi saksi Tuhan Yesus di mana pun mereka berada. 

3. Tuhan Yesus naik ke surga untuk memberikan pengharapan dan kepastian akan kedatangan-Nya yang kedua kali (Kisah Para Rasul 1:11)

Kisah Para Rasul 1:11 mengingatkan kita akan pentingnya iman dan pengharapan dalam menantikan kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kalinya. 

Tuhan Yesus akan datang kembali untuk menghakimi manusia dan memperlihatkan kuasa-Nya yang penuh kemuliaan. Hal ini memberikan pengharapan bagi umat Kristen untuk hidup dengan rasa syukur dan ketaatan kepada-Nya, serta siap menyambut kedatangan-Nya yang kedua kalinya.

Itu dia makna penting dari peringatan hari kenaikan Tuhan Yesus yang harus diketahui umat Kristen yang percaya kepada-Nya. 

Selamat memperingati hari kenaikan Tuhan Yesus segenap keluarga besar BPK PENABUR Jakarta. God bless you!


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home