Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 11:47 WIB | Rabu, 09 Februari 2022

Mantan Paus Benediktus Minta Maaf Atas Kegagalan Atasi Pelecehan Seksual di Gereja

Foto 8 Desember 2015 ini menunjukkan Paus Emeritus Benediktus XVI duduk di Basilika Santo Petrus saat ia menghadiri upacara yang menandai dimulainya Tahun Suci. (Foto: dok. AP/Gregorio Borgia)

ROMA, SATUHARAPAN.COM-Pensiunan Paus Benediktus XVI meminta pengampunan pada hari Selasa (8/2) untuk setiap "kesalahan besar" dalam penanganannya terhadap kasus pelecehan seksual oleh pastor, tetapi dia membantah melakukan kesalahan pribadi atau spesifik setelah sebuah laporan independen mengkritik tindakannya dalam empat kasus saat dia menjadi uskup agung Munich, Jerman.

Kurangnya permintaan maaf pribadi Benediktus atau pengakuan bersalah segera membuat marah para penyintas pelecehan seksual, yang mengatakan tanggapannya mencerminkan penolakan "permanen" hierarki Katolik untuk menerima tanggung jawab atas pemerkosaan dan sodomi anak-anak oleh para imam.

Benediktus, 94 tahun, menanggapi laporan pada 20 Januari dari firma hukum Jerman yang ditugaskan oleh Gereja Katolik Jerman untuk menyelidiki bagaimana kasus pelecehan seksual ditangani di Keuskupan Agung Munich antara tahun 1945 dan tahun 2019. Benediktus, mantan Kardinal Joseph Ratzinger, mengepalai keuskupan agung dari tahun 1977 hingga tahun 1982.

Laporan tersebut menyalahkan penanganan Benediktus atas empat kasus selama masa jabatannya sebagai uskup agung, menuduhnya melakukan pelanggaran karena gagal membatasi pelayanan empat imam bahkan setelah mereka dihukum secara pidana.

Laporan itu juga menyalahkan para pendahulu dan penerusnya, memperkirakan setidaknya ada 497 korban pelecehan selama beberapa dekade dan setidaknya 235 tersangka pelaku.

Vatikan pada hari Selasa merilis sebuah surat yang ditulis Benediktus untuk menanggapi tuduhan tersebut, di samping jawaban yang lebih teknis dari pengacaranya yang telah memberikan tanggapan awal sebanyak 82 halaman kepada firma hukum tentang masa jabatannya yang hampir lima tahun di Munich.

Kesimpulan dari para pengacara Benediktus adalah tegas: “Sebagai seorang uskup agung, Kardinal Ratzinger tidak terlibat dalam tindakan pelecehan yang ditutup-tutupi,” tulis mereka. Mereka mengkritik penulis laporan karena salah menafsirkan pengajuan mereka, dan menegaskan bahwa mereka tidak memberikan bukti bahwa Benediktus mengetahui sejarah kriminal salah satu dari empat imam.

Tanggapan Benediktus lebih bernuansa dan spiritual, meskipun ia mengucapkan terima kasih kepada tim hukumnya bahkan sebelum menangani tuduhan atau korban pelecehan.

“Saya memiliki tanggung jawab besar di Gereja Katolik,” kata Benediktus. “Yang lebih besar adalah rasa sakit saya atas pelanggaran dan kesalahan yang terjadi di tempat yang berbeda selama masa mandat saya.”

Benediktus mengeluarkan apa yang dia sebut "pengakuan", meskipun dia tidak mengakui kesalahan tertentu. Dia mengingat bahwa Misa harian dimulai dengan orang-orang percaya mengakui dosa-dosa mereka dan meminta pengampunan bahkan untuk “kesalahan-kesalahan yang menyedihkan.”

Empat Kasus Pelecehan

Benediktus mencatat bahwa dalam pertemuannya dengan para korban pelecehan saat dia menjadi paus, “Saya telah melihat secara langsung akibat dari kesalahan yang paling menyedihkan.

"Dan saya telah memahami bahwa kita sendiri ditarik ke dalam kesalahan yang menyedihkan ini setiap kali kita mengabaikannya atau gagal menghadapinya dengan ketegasan dan tanggung jawab yang diperlukan, seperti yang terlalu sering terjadi dan terus terjadi," tulisnya.

“Seperti dalam pertemuan-pertemuan itu, sekali lagi saya hanya bisa mengungkapkan kepada semua korban pelecehan seksual rasa malu saya yang mendalam, kesedihan saya yang dalam dan permintaan tulus saya untuk pengampunan.”

Tanggapannya mendapat kecaman cepat dari Eckiger Tisch, sebuah kelompok yang mewakili para penyintas pelecehan oleh pastor Jerman, yang mengatakan itu sesuai dengan "relativitas permanen gereja tentang masalah pelecehan - kesalahan dan kesalahan terjadi, tetapi tidak ada yang mengambil tanggung jawab nyata."

Benediktus “tidak bisa memaksakan dirinya untuk hanya menyatakan bahwa dia menyesal tidak berbuat lebih banyak untuk melindungi anak-anak yang dipercayakan ke gerejanya,” kata kelompok itu.

Tanggapan pensiunan paus kemungkinan akan memperumit upaya para uskup Jerman untuk mencoba membangun kembali kredibilitas dengan umat beriman, yang tuntutan pertanggungjawabannya hanya meningkat setelah beberapa dekade dilecehkan dan ditutup-tutupi.

Ketua Konferensi Waligereja Jerman, Uskup Limburg Georg Baetzing, sebelumnya mengatakan bahwa Benediktus perlu menanggapi laporan itu dengan menjauhkan diri dari para pengacara dan penasihatnya.

"Dia harus berbicara, dan dia harus mengesampingkan penasihatnya dan pada dasarnya mengatakan kalimat sederhana: 'Saya merasa bersalah, saya membuat kesalahan dan saya meminta maaf kepada mereka yang terpengaruh,'" kata Baetzing.

Namun dalam tweet Selasa, Baetzing hanya mencatat bahwa Benediktus telah merespons. "Saya berterima kasih kepadanya untuk itu dan dia pantas dihormati untuk itu," tulis Baetzing. Tweet itu tidak membahas substansi tanggapan Benedict.

Laporan firma hukum mengidentifikasi empat kasus di mana Ratzinger dituduh melakukan pelanggaran karena gagal bertindak terhadap pelaku.

Dua kasus melibatkan para imam yang tersinggung ketika Ratzinger menjadi uskup agung dan dihukum oleh sistem hukum Jerman tetapi tetap melakukan pekerjaan pastoral tanpa batasan dalam pelayanan mereka.

Kasus ketiga melibatkan seorang pastor yang dihukum oleh pengadilan di luar Jerman tetapi dipekerjakan di Munich. Kasus keempat melibatkan pastor pedofil terpidana yang diizinkan pindah ke Munich pada 1980, dan terlambat dimasukkan ke dalam pelayanan. Pada tahun 1986, pastor itu menerima hukuman percobaan karena menganiaya seorang anak laki-laki.

Tim Benediktus sebelumnya telah mengklarifikasi “kesalahan” awal dalam pengajuan mereka ke firma hukum yang bersikeras bahwa Ratzinger tidak hadir pada pertemuan tahun 1980 di mana pemindahan imam ke Munich dibahas. Ratzinger ada di sana, tetapi kembalinya imam itu ke pelayanan tidak dibahas, kata mereka.

Dukungan Vatikan

Benediktus mengatakan dia sangat terluka karena “pengawasan” tentang kehadirannya pada pertemuan tahun 1980 telah digunakan untuk “menimbulkan keraguan atas kebenaran saya, dan bahkan mencap saya pembohong.” Namun dia mengaku senang dengan dukungan yang diterimanya.

“Saya sangat berterima kasih atas kepercayaan, dukungan, dan doa yang secara pribadi diungkapkan Paus Fransiskus kepada saya,” katanya.

Vatikan telah dengan tegas membela catatan Benediktus setelah laporan firma hukum tersebut, mengingat bahwa Benediktus adalah paus pertama yang bertemu dengan para korban pelecehan, bahwa dia telah mengeluarkan norma-norma yang kuat untuk menghukum para imam yang memperkosa anak-anak dan telah mengarahkan gereja untuk menempuh jalan kerendahan hati dalam mencari pengampunan atas kejahatan para imamnya.

Pembelaan Vatikan, bagaimanapun, berfokus terutama pada masa jabatan Benediktus sebagai kepala kantor doktrin Takhta Suci dan kepausannya selama delapan tahun.

Benediktus merefleksikan warisannya dalam suratnya. "Segera, saya akan menemukan diri saya di hadapan hakim terakhir dalam hidup saya," tulisnya. “Meskipun, ketika saya melihat ke belakang pada umur panjang saya, saya dapat memiliki alasan yang kuat untuk takut dan gemetar, saya tetap gembira. Karena saya sangat percaya bahwa Tuhan bukan hanya hakim yang adil, tetapi juga teman dan saudara yang telah menderita karena kekurangan saya.”

Tanggapan Benediktus juga terdengar hampa di luar Jerman, dengan kelompok advokasi penyintas yang berbasis di Amerika Serikat, SNAP, menuduhnya "mengulangi kata-kata permintaan maaf yang tidak didengar selama beberapa dekade."

Dan Mitchell Garabedian, pengacara Boston dari ketenaran "Spotlight" yang telah mewakili ratusan korban pelecehan, mengatakan kata-kata Benediktus kembali menjadi korban dan menghina para penyintas.

“Dia adalah seorang pemimpin yang memberikan contoh buruk secara moral, dan dalam prosesnya dia mendorong lebih lanjut untuk menutupi pelecehan seksual oleh apstor,” katanya. Tetapi penasihat utama Paus Fransiskus untuk mencegah pelecehan, Kardinal Boston Sean O'Malley, menemukan dalam surat Benediktus yang tulus "penyesalan atas apa yang kurang dalam pelayanannya."

“Pengakuan Benediktus atas kerusakan yang tidak dapat diperbaiki yang disebabkan oleh pelecehan seksual di gereja dan atas kegagalannya sendiri untuk melakukan segalanya untuk mencegah kerusakan seperti itu merupakan tantangan bagi semua orang yang memegang posisi kepemimpinan di gereja,” kata O'Malley. “Kita harus melakukan yang lebih baik.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home