Loading...
SAINS
Penulis: Sotyati 19:32 WIB | Jumat, 04 Desember 2015

Mantan Wapres AS Dorong Investor Pilih Energi Terbarukan

Wakil Presiden ke-45 Amerika Serikat, Al Gore (kanan), berjabat tangan dengan Presiden Prancis, Francois Hollande. (Foto: ctvnews.ca)

PARIS, SATUHARAPAN.COM – Wakil Presiden (Wapres) Amerika Serikat 1993 – 2001, Al Gore (67), mendorong para investor untuk lebih memilih energi terbarukan daripada aset-aset yang berisiko karbon.

Wapres AS pada masa pemerintahan Presiden Bill Clinton itu, berbicara dalam sebuah forum perundingan iklim PBB di Paris, Prancis.

Al Gore, yang dikenal sebagai aktivis lingkungan itu, seperti dikutip dari voaindonesia.com, menambahkan bukan saja biaya energi terbarukan lebih rendah tapi juga dampaknya sangat kuat dan hampir tidak membutuhkan biaya marjinal.

Al Gore juga mendorong para investor untuk melakukan diversifikasi investasi pada ekonomi yang rendah karbon.

Dalam forum itu ia juga mengingatkan selain kemauan politik, kemauan untuk melakukan tindakan itu berdasarkan kemauan sendiri juga merupakan sumber daya terbarukan yang sangat berharga.

Kepedulian Al Gore dalam bidang lingkungan hidup bukan hanya dibuktikan dengan melahirkan beberapa buku, di antaranya yang terkenal ialah An Inconvenient Truth, namun juga keberhasilannya meraih Penghargaan Nobel Perdamaian pada 2007, berbagi dengan Intergovernmental Panel on Climate Change.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home