Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 18:22 WIB | Rabu, 20 Juli 2022

Masalah Uyghur, China Protes Rencana Dewan HAM PBB Rilis Laporan ke Publik

Dolkun Isa, Presiden Kongres Uyghur Dunia, berpose di pameran foto Uyghur yang didukung Amerika Serikat dari lusinan orang yang hilang atau diduga ditahan di kamp-kamp yang dikelola China di Xinjiang, China di depan kantor Perserikatan Bangsa-bangsa di Jenewa, Swiss, pada 16 September 2021. (Foto: dok. Reuters)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM-China meminta kepala hak asasi manusia Perserikatan Bangsa-bangsa untuk mengubur laporan yang sangat dinanti tentang pelanggaran hak asasi manusia di Xinjiang, menurut surat dari China yang dilihat oleh Reuters dan dikonfirmasi oleh diplomat dari tiga negara yang menerimanya.

Komisaris Tinggi HAM, Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), Michelle Bachelet, menghadapi kritik keras dari masyarakat sipil karena terlalu lunak terhadap China selama kunjungan pada bulan Mei dan sejak itu mengatakan dia akan menahan diri untuk masa jabatan kedua karena alasan pribadi.

Tetapi sebelum dia mengakhiri jabatan pada akhir Agustus, dia telah berjanji untuk menerbitkan laporan perjalanan ke wilayah Xinjiang di China barat.

Kelompok-kelompok hak asasi manusia menuduh Beijing melakukan pelanggaran terhadap penduduk Uyghur Xinjiang, termasuk penggunaan massal kerja paksa di kamp-kamp interniran. China dengan keras membantah tuduhan itu.

Surat yang ditulis oleh China menyatakan “keprihatinan besar” tentang laporan Xinjiang dan bertujuan untuk menghentikan rilisnya, kata empat sumber, tiga diplomat dan seorang pakar hak asasi yang semuanya berbicara dengan syarat anonim.

Mereka mengatakan China mulai mengedarkannya di antara misi diplomatik di Jenewa dari akhir Juni dan meminta negara-negara untuk menandatanganinya untuk menunjukkan dukungan mereka.

“Penilaian (di Xinjiang), jika dipublikasikan, akan mengintensifkan politisasi dan blok konfrontasi di bidang hak asasi manusia, merusak kredibilitas OHCHR (Kantor Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia), dan merusak kerja sama antara OHCHR dan negara-negara anggota,” kata surat itu, merujuk pada kantor Bachelet.

“Kami sangat mendesak Nyonya Komisaris Tinggi untuk tidak mempublikasikan penilaian seperti itu.”

Liu Yuyin, juru bicara misi diplomatik China di Jenewa, tidak mengatakan apakah surat itu telah dikirim atau menanggapi pertanyaan tentang isinya.

Liu mengatakan bahwa hampir 100 negara baru-baru ini menyatakan dukungan mereka kepada China pada masalah terkait Xinjiang “dan keberatan mereka terhadap campur tangan dalam urusan internal China dengan dalih hak asasi manusia.”

Dukungan ini disuarakan melalui pernyataan publik pada sesi Dewan Hak Asasi Manusia PBB terakhir, yang berakhir pada 8 Juli, dan melalui “surat bersama,” Liu menambahkan, menggunakan istilah yang menunjukkan China dan penandatangan lainnya.

Seorang juru bicara kementerian luar negeri China mengatakan kepada Reuters bahwa Bachelet akan menyaksikan "Xinjiang yang nyata dengan masyarakat yang aman dan stabil" ketika dia mengunjungi wilayah itu selama perjalanannya di bulan Mei.

Juru bicara itu mengatakan upaya beberapa negara untuk "mencoreng citra China" menggunakan masalah Xinjiang tidak akan berhasil.

Tidak jelas apakah Bachelet telah menerima surat itu, dan juru bicara OHCHR menolak berkomentar mengenai masalah tersebut.

Laporan Xinjiang sedang diselesaikan sebelum dirilis ke publik, tambahnya, dengan mengatakan ini termasuk praktik standar berbagi salinan dengan China untuk komentarnya.

Laporan tersebut diatur untuk membahas perlakuan China terhadap minoritas Uyghurnya. Sebuah tim ahli hakasasi manusia mulai mengumpulkan bukti lebih dari tiga tahun yang lalu, tetapi rilisnya telah ditunda selama berbulan-bulan untuk alasan yang tidak jelas.

Reuters tidak dapat menentukan berapa banyak tanda tangan yang diterima surat tersebut. Salah satu dari empat sumber, seorang diplomat yang berbasis di Jenewa, membalas surat itu dengan positif memberikan dukungan negaranya.

Versi lain dari surat itu yang juga dilihat oleh Reuters lebih kritis terhadap tindakan Bachelet, mengatakan bahwa laporan Xinjiang dilakukan “tanpa mandat dan merupakan pelanggaran serius terhadap tugas OHCHR,” dan akan merusak kredibilitas pribadinya.

Tidak jelas siapa yang mengeditnya atau mengapa. Diplomat yang menandatangani surat itu mengatakan versi yang lebih lunak adalah yang terakhir.

China, seperti negara-negara lain, kadang-kadang berusaha untuk menggalang dukungan untuk pernyataan politiknya di dalam dewan hak asasi yang berbasis di Jenewa melalui memo diplomatik yang diminta untuk didukung oleh orang lain.

Ini kadang-kadang dapat mempengaruhi keputusan di Dewan yang beranggotakan 47 orang, yang tindakannya tidak mengikat secara hukum tetapi dapat mengizinkan penyelidikan atas dugaan pelanggaran.

Dua diplomat Jenewa mengatakan surat dari China merupakan contoh langka bukti Beijing berusaha melobi Bachelet secara langsung. Kadang-kadang, kata mereka, negara-negara merasa sulit untuk mengatakan tidak kepada China tentang masalah hak asasi manusia, mengingat hubungan ekonomi yang erat.

Memo datang pada saat kritis bagi badan hak asasi PBB itu dalam beberapa pekan terakhir masa jabatan Bachelet, tanpa pengganti yang dicalonkan. Bachelet, 70, akan meninggalkan kantor pada 31 Agustus. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home