Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 14:21 WIB | Kamis, 07 April 2022

Media Rusia Dituduh Manipulasi Berita Kekejaman di Bucha, Ukraina

Pemerintah Rusia juga memanipulasi informasi melalui media sosial.
Orang-orang berdiri di samping kuburan massal di Bucha, di pinggiran Kiev, Ukraina, pada Senin, 4 April 2022. Wartawan AP melihat lusinan mayat di Bucha, banyak dari mereka ditembak dari jarak dekat, dan beberapa dengan tangan diikat di belakang. (Foto: dok. AP/Rodrigo Abd)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Saat video dan foto mayat mengerikan muncul dari pinggiran Kiev, Bucha di Ukraina, media yang didukung Kremlin mencela mereka sebagai tipuan yang berbelit, sebuah narasi yang telah terbukti salah dilakukan oleh jurnalis di Ukraina.

Media Rusia mencela berita itu sebagai berita palsu atau menyebarkan laporan palsu. Ini cara media Rusia untuk menabur kebingungan dan melemahkan musuh-musuhnya adalah taktik yang telah digunakan Moskow selama bertahun-tahun dan disempurnakan dengan munculnya media sosial di tempat-tempat seperti Suriah.

Dalam siaran terperinci kepada jutaan pemirsa, koresponden dan pembawa acara saluran TV pemerintah Rusia mengatakan pada hari Selasa (5/4) bahwa beberapa bukti foto dan video pembunuhan itu palsu sementara yang lain menunjukkan bahwa orang Ukraina bertanggung jawab atas pertumpahan darah.

"Di antara yang pertama muncul adalah tembakan Ukraina ini, yang menunjukkan bagaimana tubuh tanpa jiwa tiba-tiba menggerakkan tangannya," menurut sebuah laporan hari Senin di siaran berita malam Russia-1. "Dan di kaca spion terlihat bahwa orang mati tampaknya mulai bangkit."

Tapi gambar satelit resolusi tinggi menunjukkan beberapa mayat tergeletak di jalan-jalan pemukiman Bucha sejak awal Maret, beberapa hari setelah pendudukan Rusia dimulai.

Pada tanggal 2 April, sebuah video yang diambil dari sebuah mobil yang bergerak telah diposting online oleh seorang pengacara Ukraina yang menunjukkan mayat-mayat yang sama masih berserakan di sepanjang Jalan Yablonska di Bucha.

Associated Press secara independen mencocokkan lokasi dalam citra satelit Bucha dari penyedia komersial Maxar Technology untuk memisahkan video dari tempat kejadian. Media Barat lainnya memiliki laporan serupa.

Wartawan AP telah melihat mayat puluhan orang, banyak dari mereka ditembak dari jarak dekat dan beberapa dengan tangan terikat di belakang mereka, ditinggalkan di jalan-jalan Bucha sejak pasukan Rusia mundur pekan lalu.

Pada hari Selasa, wartawan AP melihat tumpukan enam mayat yang terbakar, dengan kaki seorang anak yang menghitam di tengah mayat yang kusut.

Namun pejabat Rusia dan media pemerintah terus mempromosikan narasi mereka sendiri, menirukannya di surat kabar dan di radio dan televisi. Sebuah berita utama di situs surat kabar populer pro Kremlin, Komsomolskaya Pravda, menyematkan pembunuhan massal di Ukraina, dengan sebuah cerita yang mengklaim “satu lagi bukti tak terbantahkan bahwa ‘genosida di Bucha’ dilakukan oleh pasukan Ukraina.”

Sebuah kolom opini yang diterbitkan hari Selasa oleh kantor berita milik negara RIA Novosti menduga bahwa pembunuhan di Bucha adalah taktik bagi Barat untuk menjatuhkan sanksi yang lebih keras kepada Rusia.

Gaya Lama Rusia

Analis mencatat ini bukan pertama kalinya dalam invasi enam pekan ke Ukraina bahwa Kremlin telah menggunakan strategi perang informasi semacam itu untuk menyangkal kesalahan dan menyebarkan disinformasi dalam kampanye terkoordinasi di seluruh dunia.

“Inilah yang dilakukan Rusia setiap kali mengakui bahwa mereka telah mengalami kemunduran karena melakukan kekejaman,” kata Keir Giles, rekan konsultan senior dengan program Rusia dan Eurasia di lembaga pemikir Chatham House. “Jadi sistem ini bekerja hampir dengan autopilot.”

Sebelum perang, Rusia membantah laporan intelijen AS yang merinci rencananya untuk menyerang Ukraina. Bulan lalu, para pejabat Rusia mencoba untuk mendiskreditkan foto-foto AP dan pelaporan setelah pengeboman sebuah rumah sakit bersalin di kota pelabuhan Ukraina, Mariupol, yang menewaskan seorang peremjpuan hamil dan anaknya yang belum lahir.

Foto dan video dari Bucha telah memicu gelombang baru kecaman dan penolakan global.

Setelah penampilan videonya pada hari Selasa di Dewan Keamanan PBB, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, menyebutkan pembunuhan di Bucha oleh pasukan Rusia dan menunjukkan video grafis dari mayat yang hangus dan membusuk di sana dan di kota-kota lain. Duta Besar Rusia untuk PBB, Vassily Nebenzia, menolak mereka sebagai sesuatu yang dipentaskan.

Di media sosial, lebih dari selusin akun Twitter dan Telegram resmi Rusia, serta halaman Facebook media yang didukung pemerintah, mengulangi kalimat Kremlin bahwa gambar dan video orang mati itu rekayasa atau tipuan. Klaim dibuat dalam bahasa Inggris, Spanyol dan Arab di akun yang dijalankan oleh pejabat Rusia atau dari outlet berita yang didukung Rusia Sputnik dan RT (Russia Today). RT en Espaol berbahasa Spanyol telah mengirim lebih dari selusin postingan ke 18 juta pengikutnya.

“Rusia menolak tuduhan atas pembunuhan warga sipil di Bucha, dekat Kiev,” tulis RT en Espaol, hari Minggu (3/4).

Manipulasi Berita

Beberapa akun yang sama berusaha untuk mendiskreditkan klaim bahwa pasukan Rusia melakukan pembunuhan dengan menunjuk ke video Wali kota Bucha, Anatoliy Fedoruk, diambil 31 Maret, di mana ia berbicara tentang pinggiran kota yang dibebaskan dari pendudukan Rusia.

“Dia menegaskan bahwa pasukan Rusia telah meninggalkan Bucha. Tidak disebutkan mayat di jalan-jalan,” kata pejabat tinggi Rusia, Mikhail Ulyanov, di Twitter, Senin (4/4).

Tetapi Fedoruk telah secara terbuka mengomentari kekerasan sebelum pasukan Rusia pergi dalam sebuah wawancara dengan kantor berita Italia Adnkronos pada 28 Maret, di mana dia menuduh mereka melakukan pembunuhan dan pemerkosaan di Bucha.

Dalam sebuah wawancara dengan AP pada 7 Maret, Fedoruk berbicara tentang mayat yang menumpuk di Bucha: “Kami bahkan tidak dapat mengumpulkan mayat karena tembakan dari senjata berat tidak berhenti siang atau malam. Anjing-anjing menarik mayat-mayat di jalan-jalan kota. Ini mimpi buruk."

Gambar satelit oleh Maxar Technologies saat pasukan Rusia menduduki Bucha pada 18 dan 19 Maret mendukung akun Fedoruk tentang mayat di jalan-jalan, menunjukkan setidaknya lima mayat di satu jalan.

Beberapa platform media sosial telah mencoba membatasi propaganda dan disinformasi dari Kremlin. Google memblokir akun RT, sementara di Eropa, RT dan Sputnik dilarang oleh perusahaan teknologi Meta, yang juga berhenti mempromosikan atau memperkuat halaman media negara Rusia di platformnya, termasuk Facebook dan Instagram.

Rusia telah menemukan cara untuk menghindari tindakan keras dengan posting dalam berbagai bahasa melalui lusinan akun media sosial resmi Rusia.

“Ini adalah alat yang cukup besar yang dikendalikan Rusia, apakah itu akun kedutaan resmi, akun bot atau tol atau influencer anti Barat, mereka memiliki banyak cara untuk menghindari larangan platform,” kata Bret Schafer, yang mengepalai tim manipulasi informasi di Aliansi untuk Mengamankan Demokrasi, sebuah wadah pemikir non partisan di Washington. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home