Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 09:38 WIB | Kamis, 08 Desember 2022

Melihat Kekuatan Delapan Tim di Perempat Final Piala Dunia 2022

Hidemasa Morita dari Jepang, kiri, dan Luka Modric dari Kroasia melakukan sundulan pada pertandingan sepak bola babak 16 besar Piala Dunia antara Jepang dan Kroasia di Stadion Al Janoub di Al Wakrah, Qatar, Senin, 5 Desember 2022. (Foto: AP/Francisco Seco)

DOHA, SATUHARAPAN.COM-Setelah sepak bola tanpa henti selama dua pekan terakhir, Piala Dunia mengambil jeda kecil. Akan ada dua hari istirahat sebelum perempat final dimulai di Qatar dengan setidaknya satu tim mengejutkan masih bersaing untuk memenangkan hadiah terbesar sepak bola.

Maroko menghasilkan kemenangan terbaru dalam turnamen yang juga menjadi bagian dari mereka, mengalahkan Spanyol di babak 16 besar pada hari Selasa untuk menjadi negara Arab pertama yang mencapai perempat final Piala Dunia.

Maroko, yang juga menjadi tim Afrika keempat yang mencapai tahap ini, mengalahkan juara 2010 dalam adu penalti. "Apa yang mereka lakukan hari ini luar biasa," kata pelatih Maroko, Walid Reragui, usai pertandingan.

Di babak penyisihan grup, Arab Saudi menyebabkan salah satu kekecewaan terbesar dalam sejarah turnamen dengan mengalahkan Argentina di pertandingan pembukaannya. Jepang mengalahkan Jerman dan Spanyol. Semifinalis Jerman dan Belgia tahun 2018 sama-sama tersingkir sebelum babak sistem gugur.

Argentina, dengan Lionel Messi masih mencari untuk memenangkan gelar Piala Dunia, masih berhasil lolos dan kemudian mengalahkan Australia untuk masuk ke babak delapan besar. Brasil, yang kembali memasukkan Neymar setelah cedera pergelangan kaki, juga ada di sana.

Begitu juga dengan juara bertahan Prancis, dengan Kylian Mbappe yang tampaknya tak terbendung, Inggris, Kroasia, Belanda dan, tentu saja, Portugal, dengan atau tanpa Cristiano Ronaldo di starting lineup. Berikut tim yang berlaga di perempat final:

KROASIA lawan BRASIL (hari Jumat, 9/12/2022, Pukul 22:00 WIB)

Juara lima kali Brasil terlihat siap tampil lebih dalam di Piala Dunia tahun ini, dengan Neymar pulih dari cedera pergelangan kaki dan pemain terhebat negara itu, Pele, menjadi inspirasi saat dia menonton dari ranjang rumah sakitnya.

Pesepakbola hebat berusia 82 tahun itu menerima perawatan di Sao Paulo saat ia pulih dari infeksi pernapasan yang diperparah oleh COVID-19, tetapi kehadirannya dapat dirasakan di antara para pemain dan penggemar Brasil, dengan spanduk, bendera, dan kaus bertuliskan citranya.

Di lapangan, Neymar and Co. adalah pesaing serius, mengalahkan Korea Selatan 4-1 di babak 16 besar.

“Mereka berani, mereka mencoba gerakan satu lawan satu, tipuan, mereka agresif. Ini mengesankan,” kata pelatih Brasil, Tite.

Kroasia adalah tim yang menua tetapi memiliki pengetahuan di Piala Dunia setelah mencapai semifinal empat tahun lalu.

BELANDA lawan ARGENTINA (hari Sabtu, 10/12/2022, Pukul 02:00 WIB)

Argentina telah pulih dari salah satu kekecewaan terbesar dalam sejarah Piala Dunia dan sekarang menghadapi Belanda untuk memperebutkan satu tempat di semifinal.

Agar Argentina memenangkan Piala Dunia ketiganya, diperkirakan Messi akan memberikan keajaiban.

Masalahnya, bagaimanapun, Messi tidak lagi berada di puncaknya, bahkan jika negaranya tetap bergantung padanya seperti sebelumnya dan dia telah berhasil mencetak tiga gol sejauh ini di Qatar.

Penggemar Argentina juga berperan dalam menginspirasi tim. “Ini adalah dorongan moral yang unik. Saya ingin (jika) semua orang dapat merasakan apa yang dirasakan seorang pemain ketika dia melihat semua orang ini dan berpikir negaranya mendukungnya,” kata pelatih Argentina, Lionel Scaloni. "Mereka membuatmu ingin keluar dan merayakannya."

Belanda diam-diam efektif mencapai perempat final, memenangkan Grup A dan kemudian mengalahkan Amerika Serikat 3-1 di babak 16 besar.

Tim-tim ini memiliki banyak sejarah di Piala Dunia, dengan Argentina mengalahkan Belanda di final tahun 1978 dan di semifinal tahun 2014.

MAROKO lawan PORTUGAL (hari Sabtu, 10/12/2022, Pukul 22:00 WIB)

Portugal telah menunjukkan apa yang dapat dilakukannya tanpa Ronaldo setelah pemenang Ballon d'Or lima kali itu dduduk di bangku cadangan saat mengalahkan Swiss 6-1 di babak 16 besar.

Penggantinya, Goncalo Ramos, mencetak hattrick pertama Piala Dunia tahun ini.

Tidak jelas apakah Ronaldo akan dipasang kembali untuk pertandingan perempat final melawan Maroko atau apakah dia akan diminta untuk menerima peran yang dikurangi.

"Saya akan menggunakan apa yang saya yakini sebagai strategi yang tepat, seperti yang telah saya lakukan sepanjang hidup saya," kata pelatih Portugal, Fernando Santos.

Itu bukan pertanda baik bagi Ronaldo, mengingat fluiditas yang ditunjukkan tim melawan Swiss tanpa dia di lapangan.

Berdiri di jalan Portugal adalah tim kejutan Piala Dunia, Maroko.

“Tidak ada yang menyerah. Semua orang bermain dengan perban, semua orang berusaha meningkatkan level permainan dan mentalitas mereka,” kata Reragui. “Kami berhasil menciptakan sebuah keluarga, dan kami merasa ada seluruh negara di belakang kami.”

INGGRIS lawan PRANCIS (hari Minggu, 11/12/2022, Pukul 02:00 WIB)

Dua striker terbaik di dunia saling berhadapan di pertandingan terakhir dari empat pertandingan perempat final.

Harry Kane, pencetak gol terbanyak di Piala Dunia terakhir, akhirnya melenceng dalam kemenangan Inggris 3-0 atas Senegal. Namun ada beberapa hal yang harus ia lakukan jika ingin mendekati Mbappe yang telah mencetak lima gol di turnamen tersebut.

“Saya pikir kami masih belum melihat yang terbaik dari Kylian,” kata pemain depan Prancis, Olivier Giroud ,tentang rekan setimnya. “Saya berharap (yang terbaik) akan segera datang dan dia akan melakukannya mengalahkan semua rekor. Dia luar biasa dan dia masih muda, itu menakutkan, karena dia masih bisa meningkatkan permainannya.”

Inggris telah mendapatkan tujuannya dari berbagai tempat. Delapan pemain Inggris yang berbeda telah mencetak gol untuk tim di Qatar sejauh ini.

“Mereka,” kata penjaga gawang Inggris, Jordan Pickford, “harus mengkhawatirkan kami juga, ancaman kami dalam serangan.”

Jadwal  pertandingan perempat final:

  1. Jumat (9/12/2022), Pukul 22:00 WIB - Kroasia lawan Brasil
  2. Sabtu (10/12/2022), Pukul: 02:00 WIB – Belanda lawan Argentina
  3. Sabtu (10/12/2022), Pukul: 22:00 WIB- Maroko lawan Portugal
  4. Minggu (11/12/2022), Pukul: 02:00 WIB – Inggris lawan Prancis. (dengan AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home