Loading...
FOTO
Penulis: Dedy Istanto 13:44 WIB | Kamis, 18 Februari 2016

Memanfaatkan Sisa Tong Bekas Jadi Tong Sampah Hias

Memanfaatkan Sisa Tong Bekas Jadi Tong Sampah Hias
Erna membersihkan tong bekas dengan amplas untuk dijadikan tong sampah yang akan dihias dengan berbagai gambar tokoh animasi kartun sebagai bagian dari pemanfaatan sisa sampah dari tong yang terletak di bawah kolong jembatan layang Jalan Arif Rahman, Depok, Jawa Barat, Kamis (18/2). Lapak yang ditempati selama dua bulan tersebut dalam sehari bisa mengerjakan 10 tong sampah hias yang dijual dengan harga bervariasi. (Foto-foto: Dedy Istanto).
Memanfaatkan Sisa Tong Bekas Jadi Tong Sampah Hias
Ahmad Yusuf (kanan) yang menggagas ide membuat usaha tong sampah dengan berbagai hiasan gambar tampak sibuk bekerja bersama dua saudaranya yang selama ini membantu usahanya.
Memanfaatkan Sisa Tong Bekas Jadi Tong Sampah Hias
Erna sibuk membersihkan dan memanfaatkan tong-tong bekas yang nantinya akan dihias dengan berbagai gambar animasi tokoh-tokoh kartun yang dijadikan sebagai tong sampah.
Memanfaatkan Sisa Tong Bekas Jadi Tong Sampah Hias
Tong-tong bekas dihias dengan berbagai tokoh kartun yang dibuat oleh Ahmad Yusuf bersama dua saudaranya di kawasan Depok. Mereka mengaku sudah menjalankan usaha itu selama dua bulan.
Memanfaatkan Sisa Tong Bekas Jadi Tong Sampah Hias
Ahmad Yusuf terlihat menggambar pada salah satu tong bekas yang dijadikan sebagai tong sampah hias, usaha yang baru digelutinya selama dua bulan ini.
Memanfaatkan Sisa Tong Bekas Jadi Tong Sampah Hias
Ahmad Ramadhan menggambar seekor burung dengan memanfaatkan kembali sampah tong bekas yang dijadikan sebagai tong sampah unik di kawasan Depok, Jawa Barat.

DEPOK, SATUHARAPAN.COM – Berpayung jalan layang di kawasan Jalan Arif Rahman, Depok, Jawa Barat, Ahmad Yusuf (33) bersama dua saudaranya beradu nasib membuka usaha tong sampah dari sisa sampah tong yang tak terpakai.

Sisa tong tak terpakai kiriman dari Tangerang, dihias Yusuf dengan gambar-gambar animasi tokoh kartun yang selama ini menghiasi layar televisi di Indonesia. Pada hari Kamis (18/2) pagi, Yusuf bersama Erna dan Ahmad Ramadhan, yang merupakan saudaranya, tampak sibuk mempersiapkan tong-tong yang mengelilingi lapang usahanya di kolong jembatan layang.

“Awalnya hanya iseng mau buka usaha apa yang menarik, akhirnya ada ide membuat tong sampah dari sampah tong, yang tak terpakai,” ujar Yusuf kepada satuharapan.com. Yusuf menambahkan, di Depok sepertinya belum ada usaha seperti itu, mendorongnya memberanikan diri untuk menjalankan usaha itu.

“Baru dua bulan saya jalanin, sejak bulan Desember tahun kemarin. Ya, Alhmadulillah lancar, dan setiap hari ada saja yang membeli. Kalau dihitung ya kurang lebih sudah 100 tong sampah yang terjual, dengan berbagai ukuran,” katanya.

Tong sampah hias buatan Yusuf dibandrol dengan harga variatif, bergantung pada ukuran katanya. Mulai dari Rp 65.000 sampai dengan Rp 180.000, untuk harga tong sampahnya saja. Kalau tong sampah dengan tambahan tiang, dibandrol dari harga Rp 250.000 sampai dengan Rp 450.000. Kadang ada juga konsumen datang membawa gambar khusus untuk dibuatkan di tong yang dipesan, seperti gambar bunga, katanya. Dalam sehari setidaknya 10 tong sampah hias animasi dibuat bersama dengan dua saudaranya dengan berbagi peran. Ada yang membersihkan tong, dan ada yang mengecat.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home