Loading...
SAINS
Penulis: Prasto Prabowo 18:58 WIB | Senin, 15 Juli 2013

Membuat Musik Dengan iPhone Anda

Kini membuat musik tidak lah harus di studio. Artiphone menawarkan perangkat yang bisa membuat iPhone anda berfungsi sebagai studio mini untuk membuat musik (Foto : Artiphone)

SATUHARAPAN.COM - Sebuah smartphone biasanya mampu berfungsi sebagai penyimpan dan memainkan musik format MP3. Sebut saja iPhone, yang tak hanya mampu melakukan tugas menelepon, tetapi juga berfungsi sebagai MP3, perekam video, dan masih banyak lagi. Tetapi, bagaimana cara mengoptimalkan kemampuan memperdengarkan musik itu?  Mengoneksikannya pada speaker, pastinya sudah hal yang biasa. Bagaimana bila iPhone dan iPod pemutar MP3 Anda juga berfungsi sebagai alat musik?

Pertanyaan tersebut di atas, dijawab oleh Artiphon.com, yang mengembangkan sebuah alat musik berbasis pada iPhone dan iPod Touch bernama Artiphon Instrument 1. Secara penampilan, Artiphon instrumen ini seperti sebuah bas gitar mini, karena bentuknya yang dilengkapi dengan enam senar virtual yang seolah melekat di papan kord di bagian kiri instrumen dan panel-panel untuk memetik secara virtual di bagian kanan. Pada praktiknya, jemari tangan kiri Anda tinggal diletakkan pada papan kord dan jemari tangan Anda yang lainnya, tinggal menyentuk bagian panel kanan, untuk "memetik senar".  Sementara, dekat dengan bagian "memetik senar", terdapat slot untuk meletakan iPhone atau iPod Touch dan mengoneksikannya dengan Instrument 1 ini.

Berdesain kompak dengan bahan berlapis kayu yang terlihat manis, Artiphon ini memungkinkan Anda membuat lagu dengan berbagai suara alat musik. Pilihan itu tentu saja disajikan oleh iPhone atau iPod-nya sebagai "otak" instrumen musik dimaksud. Pilihan suara alat musik itu antara lain, gitar, biola, bas, mandolin dan sebagainya sesuai data alat musik yang tersedia pada iPhone dan iPod. Pada dasarnya, ada ribuan aplikasi musik untuk iOS (sistem operasi iPhone/iPod/iPad). Ribuan aplikasi ini menghasilkan banyak pilihan musik hingga racikan ala DJ dan sebagainya. Artiphon Instrument 1 juga membuat aplikasi sendiri yang bernama Apple Garage Band yang sangat ekspansif karena memampukan pemain alat musik ini mengontrol permainan musiknya, bereksperimen, merekam hingga saat tampil di panggung.

Didesain portable, menjadikan Artiphon ini mudah dibawa ke mana saja. Menggunakan bahan aluminium dan bodi yang terbuat dari kayu dan bambu, Artiphon Instrument 1 ini pembuatan bodi dilakukan oleh Cumberland Architectural Millwork. Alat musik ini juga dilengkapi baterai lithium yang bisa di-charge ulang, speaker BMR stereo, 30 watt amplifier, dan bisa berkolaborasi dengan CoreMIDI yang menjalankan sistem operasi iOS, ribuan aplikasi suara, dan MIDI kontrol pada software komputer seperti software Ableton, Traktor dan Pro Tools. Alat ini juga dilengkapi colokan USB, headphone dan kabel stereo.

Jadi, Anda bisa bermain musik dengan suara membahana di ujung jalan, di alun-alun dan di mana saja. Bahkan bila Anda adalah pengisi tetap di kafe, tentunya akan lebih gaya, bernyanyi atau mengiringi penyanyi dengan alat musik Artiphon Instrument 1 ini. Pihak kafe juga tak perlu repot-repot menyediakan alat-alat musik yang memakan tempat. Alat musik ini, dibanderol seharga US$ 799 dan sudah mulai dijual secara online pertengahan tahun 2013 ini.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home