Loading...
RELIGI
Penulis: Melki Pangaribuan 22:26 WIB | Kamis, 26 Desember 2013

Menag Gelorakan Semangat Kerukunan di Bali

Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta (kiri) bersalaman dengan Menteri Agama, Suryadarma Ali dalam acara Gerak Jalan Kerukunan Antarumat Beragama di Bali, Kamis (26/12). (Foto: jaringnews.com)

BALI, SATUHARAPAN.COM - Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali mengajak ribuan peserta gerak jalan kerukunan beragama untuk terus menjaga dan melestarikan semangat kerukunan Bali. Hal itu disampaikan Menag saat melepas gerak jalan kerukunan di halaman Kantor Wilayah Kementerian Agama di Bali, Depansar, pada Kamis (26/12).

“Mari kita gelorakan terus semangat kerukunan. Tidak ada kedamaian kalau tidak kerukunan, tidak ada ketenangan kalau tidak kerukunan,” kata Suryadharma Ali yang disambut tepuk tangan ribuan peserta gerak jalan.

Menag mengapresiasi kerukunan yang sudah terjalin dengan baik di tengah masyarakat Bali. Menurut dia, masyarakat yang rukun akan berdampak baik dalam pembangunan. “Kalau masyarakat rukun, pembangunan akan berlangsung dengan baik. Kerukunan di Bali adalah sumbangan untuk Indonesia. Kita adalah satu, makhluk Tuhan, hamba Tuhan. Mari terus ciptakan kerukunan,” kata Menag.

Sampaikan Ucapan Selamat Natal

Pada kesempatan itu, Suryadharma Ali Menag tidak lupa juga mengucapkan selamat Natal bagi umat Nasrani. “Mudah-mudahan Natal membawa damai dan keberkahan untuk negeri tercinta,” kata dia.

Selanjutnya, Menag mengatakan, bahwa kegiatan gerak jalan kerukunan diadakan bukan berarti karena ada permasalahan. “Tidak ada masalah dengan kerukunan umat beragama, justru semuanya dalam keadaan baik. Seandainya ada percikan, itu hanya percikan kecil yang dapat diselesaikan dengan baik,” kata Menag.

Menag berpesan supaya persaudaraan harus terus dikokohkan karena  menurut dia, agama selalu mengajarkan kebersamaan, menganjurkan untuk mengokohkan persaudaraan. “Mari laksanakan ajaran agama kita. Dengan melaksanakan ajaran agama secara baik, Bali akan semakin baik, Indonesia akan semakin baik,” terang Suryadharma Ali.

Meningkatkan Kerukunan di Bali

Sementara itu, Kepala kanwil Kemenag Bali, AA Gede Muliawan mengatakan, bahwa konsep kerukunan adalah menjaga semangat untuk terus saling menghormati, menghargai, dan mensyukuri segalanya.

Di depan 6000 peserta gerak jalan, Kakanwil berpesan untuk bersama-sama memperlihatkan kepada semua bahwa umat beragama di Bali sangat rukun. Oleh karenanya, Gede Muliawan mengajak masyarakat Bali senantiasa mengajak dan meningkatkan kerukunan antar umat beragama.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Gubernur Bali, Ketut Sudi Kerte, Dirjen Pendis, Pelaksana Tugas Dirjen Bimas Kristen, Dirjen Bimas Katolik, Dirjen Bimas Hindu, Dirjen Bimas Budha, Kapus Litbang, Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) Mubarok, Kepala Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat (Pinmas) Zubaidi, dan Rektor IHDN. (Pinmas)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home