Loading...
EKONOMI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 11:20 WIB | Senin, 08 Juni 2015

Mendag: Impor Tiga Bahan Pokok Sudah Dibuka

Ilustrasi. Kementerian Perdagangan akan impor cabai, bawang merah dan daging sapi. (Foto: Dok.satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Menteri Perdagangan Rachmat Gobel menyatakan bahwa keran impor untuk tiga bahan pokok untuk cabai, bawang merah dan daging sapi sudah dibuka menjelang bulan puasa dan Hari Raya Idul Fitri. Namun, berapa kisaran volume dari impor ketiga bahan pokok tersebut masih dalam tahap perhitungan.

“Kementerian Perdagangan memutuskan untuk membuka keran impor untuk tiga bahan pokok guna mengamankan harga pangan jelang puasa dan Lebaran tahun ini,” kata Rachmat di Jakarta pada Jumat (5/6).

Kemendag memutuskan membuka impor berdasarkan pengamatan hasil dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang mencatat adanya inflasi dari 0,5 persen pada Mei 2015. Bawang merah merupakan salah satu bahan pokok yang menyumbang inflasi sebanyak 0,03 persen karena sepanjang Mei 2015 harga bawang mengalami peningkatan yang signifikan sebanyak 6,19 persen.

“Di sentra bawang merah seperti Brebes, Jawa Timur serta beberapa daerah lainnya sedang dalam masa panen. Tapi jumlahnya tetap tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, apalagi sebentar lagi masuk bulan puasa dan Lebaran.”

Terkait dengan pengendalian pasokan kebutuhan pangan dan menjaga stabilitas harga pangan menjelang puasa dan Lebaran, Kemendag menjalin kerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri dan Kepolisian RI.

Kemudian, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa saat ini pihaknya sedang menyiapkan surat edaran kepada pemerintah daerah terkait stabilitas harga bahan pokok dan berharap pemda dapat mengendalikan harga selama bulan Ramadhan ini.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home