Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Dewasasri M Wardani 08:08 WIB | Jumat, 10 April 2015

Menhub Dorong Percepatan Pembangunan Sarana Kereta Api

Pembangunan jalur kereta api Sulawesi Selatan dimulai februari 2015. (Foto: beritadaerah.co.id)

MAKASSAR, SATUHARAPAN.COM - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan, pihaknya terus mendorong percepatan pembangunan sarana kereta api trans Sulawesi.

" Untuk kereta api ini, kita coba kerja pondasinya dulu dari Makassar ke Parepare, kalau relnya sudah ada tahun depan, nanti diadakan kereta apinya," kata Ignasius disela-sela pertemuannya dengan Gubernur Sulsel H Syahrul Yasin Limpo di ruang VIP Emmy Saelan, Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Kamis (9/4).

Dia mengatakan, pembangunan sarana kereta api untuk menghubungkan seluruh wilayah Sulawesi, apabila pengadaan tanahnya memungkinkan, proyek itu akan terus berlanjut hingga ke Manado, Sulawesi Utara.

Sementara untuk pembangunan sarana transportasi darat, laut dan udara di Kawasan Timur Indonesia (KTI), semua daerah di KTI memiliki porsi yang sama, karena semua daerah membutuhkan tiga jenis transportasi itu untuk membuka akses antar wilayah.

"Semuanya urgen, semua KTI penting. Sulsel saja itu banyak sekali," katanya.

Sementara itu, Gubernur Sulsel menanggapi upaya pembebasan lahan untuk pembangunan sarana perkeretaapian mengaku, belum ada kendala yang berarti.

Dia mengatakan, pihaknya kini sudah "bermain" langsung di lapangan untuk menyelesaikan semua pembebasan tanah masyarakat yang dilewati untuk jalur yang sudah ditetapkan.

"Untuk tiga kilometer pertama, tidak ada masalah. Masyarakat begitu respon, bahkan dukungannya sangat baik. Jadi secara umum, tidak ada kendala," katanya.

Selama ini, Pemprov Sulsel berkoordinasi dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan personel keamanan di lapangan.(Ant)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home