Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 16:31 WIB | Senin, 06 April 2015

Menkop UKM Siapkan Koperasi Petani Tebu

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah AAGN Puspayoga (kedua dari kiri) dan Menteri Perdagangan Rachmat Gobel (kanan) dalam pemaparan Rapat Kerja dengan Komisi VI DPR RI, di Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (6/4). (Foto: Prasasta)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) mendukung kelembagaan petani tebu dengan menyiapkan koperasi khusus petani tebu.

"Selama ini kita memperkuat kelembagaan dan usaha koperasi yang anggotanya petani tebu untuk mengembangkan industri gula,” kata Menteri Koperasi Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM), Anak Agung Ngurah Puspayoga dalam pemaparan Rapat Kerja dengan Komisi VI DPR RI, di Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (6/4).

Puspayogya menambahkan pembentukan koperasi tersebut, sebagai bentuk dukungan terhadap industri gula nasional. Menteri asal Provinsi Bali itu menambahkan di Indonesia saat ini permintaan terhadap jenis “gula semut” banyak dari waktu ke waktu. Gula jenis tradisional ini merupakan gula yang dihasilkan dari petani tebu tradisional. Puspayoga menambahkan pihaknya mengidentifikasi berbagai sentra perkebunan tebu di Indonesia agar dapat terfasilitasi sehingga dapat membentuk koperasi.

Dalam rapat tersebut dihadiri Menteri Perindustrian Saleh Husin, Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Mariani Soemarno, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Menteri Perdagangan Rachmat Gobel, dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Franky Sibarani.

Saat rapat kerja dengan Komisi VI, Puspayoga menambahkan pihaknya satu bulan yang lalu telah melakukan inspeksi ke beberapa daerah di Indonesia dan mendapati banyak koperasi yang dapat menyalurkan gas elpiji tiga kilogram, dan juga menyalurkan pupuk bersubsidi.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home