Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:35 WIB | Minggu, 07 April 2024

Menlu AS: Bantuan untuk Ukraina Sangat Dibutuhkan, Karena China dan Iran Bantu Rusia

Tentara Ukraina dari Brigade Mariupol Infanteri Bermotor Terpisah ke-56 bersiap menembakkan sistem peluncuran roket ganda berdasarkan truk pickup ke arah posisi Rusia di garis depan, dekat Bakhmut, wilayah Donetsk, Ukraina, 5 Maret 2024. Pejabat senior pertahanan AS mengatakan pada hari Selasa , 12 Maret, bahwa Pentagon akan mengirimkan senjata senilai US$300 juta ke Ukraina setelah menemukan sejumlah penghematan biaya dalam kontrak-kontraknya, meskipun militer masih terlalu banyak melakukan penarikan. (Foto: dok.AP)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, pada hari Kamis (4/4) mengatakan lebih banyak bantuan sangat dibutuhkan untuk Ukraina setelah pertemuan para menteri luar negeri NATO, dan menambahkan bahwa pesan dari sekutu di Brussels jelas bahwa pemungutan suara Kongres AS mengenai bantuan untuk Ukraina tidak dapat dilakukan dalam waktu dekat.

Dia mengatakan dukungan untuk Ukraina sangat penting karena negara-negara seperti China, Korea Utara dan Iran mendukung upaya Rusia untuk membangun basis industri pertahanannya.

“Saya percaya berdasarkan apa yang saya dengar hari ini bahwa semua orang, termasuk Amerika Serikat, akan mengambil langkah mundur, dan jika perlu, melipatgandakannya, dalam menemukan sumber daya yang terus dibutuhkan Ukraina,” kata Blinken pada konferensi pers, mengutip kebutuhan untuk pertahanan udara, serta untuk artileri dan amunisi.

Hal ini terjadi tak lama setelah para anggota aliansi NATO pada hari Kamis (4/4) sepakat untuk menjelajahi gudang senjata mereka untuk mencari lebih banyak sistem pertahanan udara guna melindungi Ukraina dari serangan rudal balistik Rusia, saat aliansi tersebut merayakan ulang tahun ke-75 yang dibayangi oleh perang di perbatasannya.

“Sekutu memahami urgensinya,” kata Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg, setelah Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba, bertemu dengan rekan-rekan NATO dan meminta tambahan sistem pertahanan udara baru, terutama rudal Patriot buatan AS.

“Sekutu sekarang akan kembali dan melihat inventaris mereka, mencari cara untuk menyediakan lebih banyak sistem, khususnya Patriot, tetapi tentu saja juga memastikan bahwa sistem yang sudah ada memiliki amunisi dan juga suku cadang (mereka membutuhkannya),” kata Stoltenberg pada konferensi pers.

Tidak ada pejabat yang menyebutkan janji atau target bantuan secara spesifik.

Sebelumnya, ketika upacara dengan kue ulang tahun dan marching band tidak bisa menutupi suasana suram di Brussels, Kuleba mengatakan kepada wartawan: “Saya tidak ingin merusak pesta ulang tahun NATO, tapi saya merasa harus menyampaikan pesan yang sangat serius atas nama warga Ukraina tentang keadaan serangan udara Rusia di negara saya.”

Hari Kamis malam, serangan pesawat tak berawak Rusia menghantam bangunan tempat tinggal di kota Kharkiv, Ukraina, dan fasilitas energi di wilayah tersebut, menewaskan beberapa orang dan memutus aliran listrik bagi 350.000 penduduk, kata para pejabat Ukraina.

“Pertempuran terbesar NATO masih akan terjadi di masa depan, dan kita harus siap menghadapinya,” kata Menteri Luar Negeri Lituania, Gabrielius Landsbergis, kepada wartawan.

Seorang pejabat NATO mengatakan Rusia kemungkinan merekrut sekitar 30.000 personel tambahan per bulan dan dapat menanggung kerugian di medan perang dan melanjutkan serangan. Namun Rusia masih kekurangan amunisi dan unit manuver yang diperlukan untuk keberhasilan serangan besar, kata pejabat yang tidak ingin disebutkan namanya.

Pada hari Rabu, para menteri NATO sepakat untuk mulai merencanakan peran yang lebih besar dalam mengoordinasikan bantuan militer ke Ukraina untuk membantunya melawan Rusia.

“Ini adalah diskusi berkelanjutan yang akan kita lakukan dalam beberapa minggu ke depan, dan saya membayangkan Anda akan melihat sesuatu di KTT ketika kita berkumpul di Washington pada bulan Juli,” kata Blinken.

Namun masih belum jelas apakah dana lima tahun sebesar 100 miliar euro yang diusulkan oleh Stoltenberg akan diterima oleh anggota NATO, yang mengambil keputusan berdasarkan konsensus. Hongaria telah memberi isyarat kepada pihak oposisi dan anggota lainnya telah memperingatkan agar tidak menduplikasi upaya bantuan bilateral dan Uni Eropa untuk Ukraina.

Pesan untuk Washington

Para pemimpin Eropa cemas mengenai masa depan aliansi ini jika Donald Trump mengalahkan petahana Joe Biden dalam pemilu AS pada bulan November, namun juga mengenai paket bantuan multi-miliar Ukraina yang diajukan ke Kongres AS.

“Eropa membutuhkan Amerika Utara untuk keamanannya,” kata Stoltenberg. “Pada saat yang sama, Amerika Utara juga membutuhkan Eropa. Sekutu-sekutu Eropa menyediakan militer kelas dunia, jaringan intelijen yang luas, dan pengaruh diplomatik yang unik, sehingga melipatgandakan kekuatan Amerika.”

NATO dimulai dengan 12 anggota dari Amerika Utara dan Eropa, yang didirikan sebagai tanggapan atas kekhawatiran yang berkembang bahwa Uni Soviet merupakan ancaman militer terhadap demokrasi Eropa selama Perang Dingin.

Inti dari perjanjian ini adalah konsep pertahanan kolektif dan serangan terhadap satu negara anggota dianggap sebagai serangan terhadap semua negara, sehingga memberikan perlindungan militer AS kepada Eropa Barat.

Negara ini kembali mengambil peran penting dalam urusan dunia setelah Rusia menginvasi Ukraina pada Februari 2022, sehingga negara-negara Eropa menaruh perhatian pada Moskow. sekali lagi sebagai ancaman keamanan utama.

Dua anggota terbaru NATO, Finlandia dan Swedia, bergabung sebagai respons langsung terhadap invasi Rusia ke Ukraina.

Di Moskow, juru bicara Kremlin mengatakan Rusia dan NATO kini berada dalam “konfrontasi langsung” akibat perluasan aliansi tersebut. (dengan Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home