Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 14:13 WIB | Jumat, 05 April 2024

75 Tahun NATO: Perjalanannya dari Perang Dingin hingga Invasi Rusia ke Ukraina

Logo NATO terlihat pada pertemuan Dewan Atlantik Utara dalam sesi menteri pertahanan NATO bersama Swedia sebagai undangan, di markas besar Aliansi di Brussels, Belgia 15 Februari 2024. (Foto: dok. Reuters)

BRUSSELS, SATUHARAPAN.COM-Aliansi militer NATO pada hari Kamis (4/4) menandai peringatan 75 tahun penandatanganan perjanjian pendiriannya di Washington DC, Amerika Serikat.

Berikut adalah beberapa fakta dan angka tentang organisasi yang dibentuk pada masa Perang Dingin dan dihidupkan kembali oleh perang Rusia terhadap Ukraina.

12 Hingga 32

Hanya 12 negara anggota pendiri yang menandatangani Perjanjian Pertahanan Atlantik Utara (NATO) pada tahun 1949 ketika Amerika Serikat, Kanada, dan sebagian besar Eropa Barat bersatu untuk menghadapi ancaman mantan sekutu Perang Dunia II, Uni Soviet.

Seperti yang diutarakan oleh Sekretaris Jenderal pertama NATO, Lord Ismay, tujuan NATO adalah untuk “menjauhkan Uni Soviet, Amerika, dan Jerman”.

Pada tahun 1952, Turki dan Yunani sering kali merasa tidak nyaman bergabung, sebelum Jerman Barat menjadi anggota tiga tahun kemudian.

Setelah berakhirnya Perang Dingin, NATO mengalami beberapa gelombang perluasan ke arah timur yang membuat perbatasannya dengan Rusia semakin meluas dengan masuknya Polandia dan negara-negara Baltik bekas Uni Soviet.

Setelah Moskow menginvasi Ukraina pada tahun 2022, negara tetangga Nordik, Swedia dan Finlandia, mengubah kebijakan non blok yang sudah lama ada dan menjadikan aliansi tersebut beranggotakan 32 negara.

Secara total, negara-negara NATO menyumbang hampir satu miliar orang dan menyumbang sekitar 50 persen PDB dunia.

Bersama-sama mereka mempunyai 3,2 juta pria dan wanita yang bertugas di militer masing-masing. Islandia adalah satu-satunya anggota yang tidak mempunyai tentara sendiri.

Hanya Sekali

NATO hanya sekali saja menerapkan klausul pertahanan kolektif Pasal Lima --- yang mengatakan bahwa serangan terhadap satu anggota dianggap sebagai serangan terhadap semua anggota – setelah serangan 9/11 di Amerika Serikat pada tahun 2001.

Keputusan tersebut merupakan bentuk dukungan terhadap kekuatan militer utama aliansi tersebut dan jauh berbeda dari ancaman di Eropa yang diperkirakan oleh para pendirinya.

Dampak dari peristiwa 11 September membuat NATO terlibat perang di Afghanistan hingga tahun 2021, ketika penarikan pasukan yang dipimpin Amerika Serikat memungkinkan Taliban untuk mengambil kembali kekuasaan.

Dua Persen dari PDB

Menanggapi perebutan Krimea oleh Rusia dari Ukraina pada tahun 2014, sekutu NATO sepakat bahwa mereka akan menghabiskan dua persen PDB mereka untuk pertahanan.

Target tersebut dimunculkan setelah Moskow melancarkan invasi habis-habisan terhadap tetangganya pada tahun 2022 hingga mencapai minimal dua persen.

Mantan presiden AS, Donald Trump, mengecam negara-negara NATO yang tidak mengeluarkan cukup dana, dan memperingatkan bahwa ia akan mendorong Rusia untuk “melakukan apa pun yang mereka inginkan” terhadap negara-negara yang tidak memenuhi kewajiban mereka.

Pada tahun 2024, jumlah anggota NATO yang berjumlah 20 negara diperkirakan akan mencapai dua persen, naik dari hanya tiga persen pada tahun 2014.

25 Tahun

Juni 2024 akan menandai 25 tahun sejak NATO mengerahkan pasukan di Kosovo pada tahun 1999, menyelesaikan penarikan pasukan Serbia setelah serangan udara selama 77 hari.

Intervensi militer tersebut merupakan yang kedua dalam sejarah NATO, setelah keterlibatannya di Bosnia pada pertengahan tahun 1990-an.

Seperempat abad kemudian, Pasukan Kosovo (KFOR) NATO masih tetap berada di Balkan, menjadikannya misi aliansi yang paling lama berjalan.

Setelah meningkatnya ketegangan tahun lalu yang menyebabkan kerusuhan yang melukai 93 tentara NATO, sekutu setuju untuk mengirim 1.000 tentara tambahan ke KFOR sehingga totalnya menjadi sekitar 4.500 tentara.

Di luar Balkan, misi besar NATO lainnya di luar negeri mencakup misinya selama hampir dua dekade di Afghanistan dan kampanye pengeboman tahun 2011 di Libya.

43 Tahun di Luar NATO

Tidak ada negara yang pernah menarik diri dari NATO, namun Prancis menghabiskan hampir 43 tahun di luar struktur komando militernya setelah Presiden Charles de Gaulle menarik diri pada tahun 1966 sebagai protes atas dominasi AS.

Keputusan tersebut – yang membuat NATO memindahkan markas besarnya dari Paris ke Brussels – baru dibatalkan oleh Presiden Nicolas Sarkozy pada tahun 2009.

Meskipun demikian, hubungan Prancis yang terkadang tegang dengan NATO terus berlanjut – dan pada tahun 2019 Presiden Emmanuel Macron menuduh aliansi tersebut menderita “kematian otak.”

Macron kemudian mengatakan invasi Rusia ke Ukraina pada tahun 2022 telah membangunkan NATO dengan “kejutan listrik yang paling buruk.” (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home