Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:52 WIB | Rabu, 13 Maret 2024

NATO Gelar Latihan Terbesar di Norwegia, Sinyal Nyata kepada Rusia

Pemandangan tentara sebagai pasukan dari Norwegia, Swedia dan Finlandia selama latihan NATO, di Kautokeino, Norwegia, hari Sabtu, 9 Maret 2024, Latihan besar NATO di fjord dingin di Norwegia utara mungkin hanya permainan perang yang dimaksudkan untuk mengasah keterampilan dari aliansi militer 32 negara yang baru diperluas jika terjadi konflik. Namun bagi pasukan yang ambil bagian, hal itu sangat nyata. (Foto: Heiko Junge / NTB Scanpix via AP)

NORWEGIA, SATUHARAPAN.COM-Latihan besar-besaran digelar NATO di fjord yang sangat dingin di Norwegia utara mungkin hanya sekedar latihan perang yang dimaksudkan untuk mengasah keterampilan tempur aliansi militer 32 negara yang baru diperluas. Namun bagi pasukan yang ambil bagian, hal itu sangat nyata.

Dan itulah intinya. Dengan latihan yang sedang berlangsung, NATO memamerkan taringnya dalam latihan terbesarnya sejak Perang Dingin, mengirimkan pesan yang jelas kepada Rusia bahwa anggota aliansi siap untuk membela satu sama lain jika diperlukan.

Setelah menyaksikan invasi besar-besaran Rusia ke Ukraina, yang kini memasuki tahun ketiga, pelatihan NATO bertujuan untuk mencakup semua kemungkinan. Hal ini dapat mencakup upaya membuat pasukan lengah.

Pekan ini, awak kapal fregat Prancis Normandie, salah satu kapal perang paling modern di Prancis, dibangunkan dari tidurnya dan bergegas memburu serta menghancurkan kapal selam yang menyelinap ke perairan dingin Norwegia.

Kapal selam itu milik Jerman, juga anggota NATO. Namun untuk tujuan latihan perang yang dijuluki Nordic Response 2024, kapal tersebut bertindak sebagai kapal musuh.

Awak kapal Normandie melihat periskopnya menyembul di antara ombak dan langsung bertindak. Kapal selam itu telah “menyerang” kapal Italia di dekatnya, kapal induk Giuseppe Garibaldi, dan mencetak serangan torpedo imajiner.

Para kru bertekad untuk tidak membiarkan Normandie – kapal terbaik yang baru beroperasi sejak tahun 2020 – menderita penghinaan karena juga terkena serangan.

Panggilan darurat pada pukul 07:00 pagi membuat komandan Normandie, Kapten Thomas Vuong, bangkit dari tempat tidurnya. Dia memerintahkan helikopter pemburu kapal selam fregat itu disiapkan untuk terbang, dan membangunkan pilotnya.

“Kami melihat periskop serangannya,” kata Vuong kepada The Associated Press di kapal Normandie dalam sebuah wawancara eksklusif. “Kemudian menyelam lagi,” katanya. “Kami diminta memburunya. Kami berhasil.”

Setelah mengudara, helikopter NH90 milik Normandie melayang di atas ombak dan menurunkan sonar pendeteksi kapal selamnya ke laut. Fregat tersebut juga menggunakan sonarnya, dan bersama-sama, mereka memusatkan perhatian pada posisi kapal selam tersebut dan “menyerangnya” secara bergantian.

“Intelijen mengkonfirmasi kepada kami bahwa tidak ada kapal selam sahabat di sektor ini, jadi kami yakin itu adalah kapal selam musuh,” pilot helikopter, Lt. Olivier, menceritakan. Angkatan Laut Prancis menyembunyikan nama belakangnya untuk alasan keamanan.

“Jadi kapal fregat tersebut mampu menembakkan torpedo dan menghancurkan kapal selam tersebut,” tambahnya – tetapi tentu saja tidak secara nyata.

Fregat dan helikopternya menunjukkan dengan tepat kapal selam tersebut dengan akurasi yang cukup untuk memastikan bahwa kapal tersebut tidak akan selamat jika torpedo sebenarnya ditembakkan.

Awak kapal Normandie yang berjumlah 146 pelaut tidak mendapat peringatan dini mengenai “serangan” kapal selam Jerman, untuk menguji kesiapan mereka di lingkungan yang tidak ramah di atas Lingkaran Arktik, kata Vuong.

Pada pekan ini, negara-negara NATO kini juga menyertakan Swedia. Negara ini secara resmi bergabung pada hari Kamis (7/3) sebagai anggota ke-32, mengakhiri netralitas puluhan tahun pasca Perang Dunia II. Finlandia telah bergabung dengan NATO pada April 2023 dalam sebuah langkah bersejarah setelah beberapa dekade ketidakberpihakan militernya.

Di kedua negara, agresi Rusia di Ukraina memicu perubahan dramatis dalam opini publik, yang menyebabkan mereka mengajukan permohonan untuk bergabung dengan aliansi trans-Atlantik pada Mei 2022.

Latihan Nordik di wilayah utara Finlandia, Norwegia dan Swedia melibatkan lebih dari 20.000 tentara dari 13 negara dan dimulai pada hari Senin (4/3). Ini adalah bagian dari latihan yang lebih luas yang disebut Steadfast Defender 24. Ini adalah latihan terbesar NATO dalam beberapa dekade, dengan melibatkan hingga 90.000 tentara selama beberapa bulan. Tujuan mereka adalah untuk menunjukkan bahwa aliansi tersebut dapat mempertahankan seluruh wilayahnya hingga perbatasannya dengan Rusia.

Kapal selam Jerman lebih paham dibandingkan Normandie dengan fjord Norwegia yang dalam dan sempit serta perairan Arktik yang dingin yang dapat mempersulit deteksi kapal selam, kata Vuong.

Latihan ini “sangat bermanfaat, karena kami mencapai tingkat realisme yang sangat tinggi sehingga kami mempersiapkan tim kami dengan lebih baik,” katanya. “Fjord adalah lingkungan yang istimewa, dengan profil suhu yang berbeda dengan apa yang kita ketahui di Atlantik.”

“Untuk dapat melatih tim kami di sini, melawan ancaman ini, sangatlah berharga dan sangat merangsang,” tambahnya. “Ini adalah lapangan bermain mereka. Jadi mereka tahu tempat persembunyiannya.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home