Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:37 WIB | Selasa, 14 Desember 2021

Menlu AS Kunjungi ASEAN Perkuat Kerja Sama Ekonomi dan Keamanan

Menlu AS, Antony Blinken, dijadwalkan tiba di Jakarta hari Senin (13/12) dalam kunjungan ke Indonesia, Malaysia dan Thaland.
Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken. (Foto: dok. AFP)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Pemerintahan Joe Biden akan berusaha untuk meningkatkan kerja sama ekonomi dan keamanan dengan Asia Tenggara melalui kunjungan ke kawasan itu pekan depan oleh diplomat puncaknya, untuk membentuk front persatuan melawan China di kawasan Indo-Pasifik.

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, akan mengunjungi Indonesia, Malaysia, dan Thailand pekan depan. Dia dijadwalkan tiba di Jakarta pada hari Senin (13/12) dan juga akan mengunjungi Malaysia dan Thailand dalam perjalanan di Asia Tenggara pertamanya sejak Presiden Joe Biden menjabat pada bulan Januari.

Asia Tenggara telah menjadi medan pertempuran strategis antara Amerika Serikat dan China, dua ekonomi terbesar dunia.

China mengklaim sebagian besar wilayah Laut China Selatan, rute perdagangan vital yang menghubungkan kawasan itu, dan telah meningkatkan tekanan militer dan politik terhadap Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri, yang dianggap Beijing sebagai miliknya.

Blinken akan mengejar tujuan Biden untuk meningkatkan keterlibatan dengan Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) ke tingkat yang "belum pernah terjadi sebelumnya", dengan fokus pada penguatan infrastruktur keamanan regional dalam menghadapi "intimidasi" China dan membahas visi presiden untuk kerangka ekonomi Indo-Pasifik, kata diplomat senior AS untuk Asia, Daniel Kritenbrink, sebelum perjalanan.

Pemerintahan Biden melihat Asia Tenggara sebagai hal penting dalam upayanya untuk melawan kekuatan China yang tumbuh. Namun kurangnya struktur formal dalam keterlibatan ekonomi sejak mantan Presiden Donald Trump keluar dari kesepakatan perdagangan regional pada tahun 2017, dan telah membatasi kemampuannya untuk memberikan pengaruh. Sementara Beijing terus tumbuh.

Pemerintah AS belum menjelaskan apa sebenarnya kerangka ekonomi yang dibayangkan Biden, meskipun Kritenbrink mengatakan akan fokus pada fasilitasi perdagangan, ekonomi digital, ketahanan rantai pasokan, infrastruktur, energi bersih, dan standar pekerja.

Analis dan diplomat mengatakan Blinken kemungkinan akan berusaha merayu negara-negara ASEAN dengan menggantungkan prospek menjadi tuan rumah bagi perusahaan-perusahaan AS yang merelokasi produksi dari China sebagai bagian dari upaya untuk mengamankan rantai pasokan yang sensitif dan pembiayaan pembangunan. 

Tetapi tidak ada tanda-tanda kesediaan untuk menawarkan peningkatan akses ke pasar AS yang diinginkan kawasan itu. “Ada beban pembuktian pada pemerintahan ini untuk menyampaikan strategi ekonomi yang menunjukkan kepada sekutu dan mitra kami bahwa kami berkomitmen untuk keterlibatan ekonomi jangka panjang di kawasan ini,” kata Matthew Goodman, pakar ekonomi regional di Pusat Washington untuk Strategis dan Studi Internasional.

“Apa yang telah diluncurkan sejauh ini memiliki janji dalam hal itu, tetapi itu perlu disempurnakan.”

Seorang diplomat Asia mengatakan pemerintahan Biden telah menunjukkan dirinya serius dalam keinginannya untuk meningkatkan keterlibatan dengan Asia Tenggara melalui serangkaian kunjungan pejabat senior tahun ini, partisipasi Biden dalam KTT regional, dan kerja sama keamanan jangka panjang.

"Tetapi mereka tidak memiliki respons terhadap ekonomi China," katanya. “China berada di depan permainan selama 20 tahun. AS perlu melakukan sesuatu untuk membantu negara-negara Asia Tenggara yang kurang berkembang. Mengirim kapal induk saja tidak cukup.”

Tokoh senior pemerintahan Biden, termasuk pembuat kebijakan Indo-Pasifik, Kurt Campbell, sangat menyadari kebutuhan untuk bersaing secara lebih efektif secara ekonomi di kawasan itu dengan China, tetapi setiap langkah untuk bergabung kembali dengan kesepakatan perdagangan yang dihentikan Trump akan sarat politik mengingat janji untuk membangun kembali ekonomi domestik. Kritikus ekonomi mengatakan terancam oleh mekanisme seperti itu.

Rencana Biden masih bisa menarik, terlepas dari keterbatasannya, kata Goodman. “Jika Anda orang Vietnam, atau Anda orang Indonesia, atau Thailand, Anda ingin bermain sebagai tempat di mana Apple dapat merelokasi kemampuan perakitannya,” katanya.

“Jadi ada banyak hal yang menarik di negara-negara ini, tetapi ada lebih banyak detail yang perlu diberikan sebelum mereka dibujuk.” (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home