Loading...
DUNIA
Penulis: Eben E. Siadari 08:00 WIB | Selasa, 22 September 2015

Menlu AS: Obama dan Jokowi Mirip

Menlu AS, John Kerry (kanan) dan Menlu Indonesia, Retno Marsudi (Foto: akun Kemlu RI)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry, mengatakan, Presiden Amerika Serikat, Barack Obama dan Presiden Indonesia, Jokow Widodo, memiliki sikap yang sangat mirip dalam "menyelesaikan sesuatu" (getting things done) dan memecahkan hambatan birokrasi.

Hal itu ia katakan dalam jumpa pers bersama Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, di Kementerian Luar Negeri AS di Washington, (21/9). Pada konferensi pers itu diumumkan pula bahwa Jokowi akan mengunjungi Gedung Putih pada 26 Oktober mendatang.

"Indonesia, seperti semua orang tahu, adalah negara demokrasi terbesar ketiga di dunia," kata John Kerry, menyambut mitranya dari Indonesia, Retno Marsudi, sebagaimana dilansir oleh AFP.

"Dan ada banyak isu kritis yang tentangnya kita berbagi keprihatinan besar. Kita bekerja sangat erat pada sejumlah hubungan ekonomi," katanya, memuji peran Jakarta dalam tubuh organisasi regional ASEAN.

"Indonesia memainkan peran penting, sehubungan dengan Laut Cina Selatan, keprihatinan kami tentang perubahan iklim dan isu-isu lainnya," kata dia.

"Ini adalah waktu terbaik untuk Indonesia dan AS duduk bersama dan membahas tentang hubungan masa depan antara kedua negara," kata Marsudi kepada wartawan sebelum pertemuan dengan Kerry.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home