Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 14:59 WIB | Minggu, 22 Desember 2013

Menlu Jerman Pandang Positif Pembebasan Khodorkovsky

Mikhail Khodorkovsky. (Foto: dari dw.de)

BERLIN, SATUHARAPAN.COM – Menteri Luar Negeri Jerman mengatakan bahwa pembebasan mantan orang berkuasa di Rusia Mikhail Khodorkovsky memberikan pondasi yang baik untuk pembicaraan lebih lanjut dengan Moskow mengenai masalah-masalah hak asasi manusia, seperti dilansir sebuah surat kabar Minggu (22/12).

Frank-Walter Steinmeier mengatakan kepada surat kabar Tagesspiegel pada Minggu bahwa terlepas dari motif tersebut, sejumlah pihak menyambut baik keputusan yang telah diambil Moskow dalam beberapa hari terakhir.

Selain menyoroti pebebasan Khodorkovsky pada Jumat setelah satu dekade dipenjara, ia juga mencatat undang-undang amnesti yang disahkan oleh parlemen majelis rendah Duma, Rusia.

"Keduanya berjalan ke arah yang benar, yang merupakan dasar yang layak untuk diskusi lebih lanjut, yang ingin kita gelar, tepatnya di area modernisasi dan rule of law," kata Steinmeier seperti dikutip Tagesspiegel.

Kritikus Kremlin itu tiba di Jerman setelah pembebasannya pada Jumat, beberapa jam setelah kabar pengampunannya yang mengejutkan oleh Presiden Vladimir Putin, dalam sebuah operasi yang dijalin di belakang layar dengan pemerintah Jerman dan ditengahi oleh mantan menteri luar negeri Jerman Hans-Dietrich Genscher. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home