Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:20 WIB | Rabu, 19 Mei 2021

Menlu Lebanon Mungkin Mundur Setelah Menuduh Negara Teluk Dukung ISIS

Menteri Luar Negeri Lebanon, Charbel Wehbe. (Foto: dok. Reuters)

BEIRUT, SATUHARAPAN.COM-Diplomat senior Lebanon diperkirakan akan mundur dari posisinya pekan ini, kata seorang pejabat senior Kementerian Luar Negeri mengatakan pada hari Selasa (18/5) malam, beberapa jam setelah menteri tersebut menuduh negara-negara Teluk mendukung ISIS di Irak, Suriah dan Lebanon.

Charbel Wehbe, yang saat ini menjabat sebagai menteri luar negeri dalam kapasitas sebagai caretaker, melontarkan kecaman sembrono terhadap Arab Saudi dan negara Teluk selama wawancara televisi dengan Al-Hurra pada hari Senin (17/5).

Menyusul reaksi publik dari pejabat Lebanon, politisi, dan publik, Wehbe sekarang "mungkin akan mengumumkan bahwa dia akan mengundurkan diri," kata pejabat kementerian tersebut kepada Al Arabiya.

Beirut telah terguncang dalam hubungan yang tegang dengan negara-negara Teluk karena pengaruh dan peran Hizbullah yang meningkat di lembaga-lembaga negara setelah pemilihan Presiden Michel Aoun, sekutu kelompok itu yang didukung Iran, pada tahun 2016.

Terlepas dari tuduhannya yang tidak dibuktikannya, Wehbe juga menggunakan istilah rasis untuk menggambarkan orang-orang Arab Saudi.

Pada hari Selasa, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Kuwait memanggil pulang duta besar Lebanon ke negaranya masing-masing, karena pernyataan Wehbe.

Dewan Kerjasama Teluk (GCC) menuntut permintaan maaf resmi dari Wehbe atas komentarnya.

Aoun menunjuk Wehbe menjadi menteri luar negeri setelah Nassif Hitti mengundurkan diri sehari sebelum ledakan dahsyat di Beirut karena frustrasi dengan pemerintah Perdana menteri Hassan Diab.

Sepekan setelah menggantikan Hitti, Wehbe menjadi menteri sementara setelah pengunduran diri Diab.

Tidak jelas siapa yang akan menggantikan Wehbe, yang merupakan penasihat diplomatik Aoun sebelum ditunjuk untuk memimpin kebijakan luar negeri Lebanon.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home