Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:18 WIB | Jumat, 14 April 2023

Menlu Ukraina: Perang Berakhir Jika Rusia Tarik Pasukan dari Wilayah Krimea

Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba, berbicara kepada para peserta melalui tautan video pada edisi pertama Konferensi Keamanan Laut Hitam dalam Platform Krimea Internasional di Klub Militer Nasional di Bukares, Rumania, Kamis, 13 April 2023. (Foto: AP/Andreea Alexandru)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Menteri luar negeri Ukraina mengatakan pada Kamis (13/4) bahwa negaranya tidak akan mengalah dari permintaannya agar Rusia menarik pasukannya dari Krimea, serta dari bagian lain Ukraina yang baru-baru ini dianeksasi Moskow secara ilegal, agar perang berakhir.

Menyebut konflik di Ukraina sebagai “luka berdarah di tengah Eropa,” Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba, mengatakan semua wilayah negaranya harus diperlakukan sama dalam berurusan dengan Kremlin setelah invasi skala penuh lebih dari 13 bulan lalu.

“Kami dipersatukan oleh prinsip piagam PBB dan keyakinan bersama bahwa Krimea adalah Ukraina dan akan kembali di bawah kendali Ukraina,” kata Kuleba, berbicara melalui tautan video ke pertemuan di ibu kota Rumania, Bucharest.

“Setiap kali Anda mendengar seseorang dari sudut dunia mana pun mengatakan bahwa Krimea istimewa dan tidak boleh dikembalikan ke Ukraina, seperti bagian lain dari wilayah kami, Anda harus tahu satu hal: Ukraina sangat tidak setuju dengan pernyataan ini,” katanya pada Konferensi Keamanan Laut Hitam.

Rusia mengambil alih Krimea pada tahun 2014, dan selama perang saat ini memperluas kehadirannya di sana. Tindakan sabotase sesekali dan serangan lain terhadap militer Rusia dan fasilitas lain di semenanjung telah terjadi sejak itu, dengan Kremlin menyalahkan Ukraina. Pemerintah Kiev belum mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut, tetapi menyambut baik upaya untuk mengusir kehadiran Rusia di sana.

Kremlin ingin Kiev mengakui kedaulatan Rusia atas Krimea dan juga mengakui pencaplokan Provinsi Donetsk, Kherson, Luhansk, dan Zaporizhzhia di Ukraina pada bulan September. Ukraina telah menolak tuntutan tersebut dan tidak akan mengadakan pembicaraan dengan Rusia sampai pasukan Moskow mundur dari semua wilayah pendudukan.

Meskipun tidak ada tanda-tanda kemungkinan negosiasi perdamaian, kedua negara telah secara sporadis bertukar tawanan perang dan terlibat dalam kesepakatan masa perang untuk ekspor biji-bijian Ukraina dan biji-bijian serta pupuk Rusia. Kesepakatan biji-bijian telah membantu meredakan kekhawatiran tentang pasokan pangan global, terutama ke negara-negara di Afrika, Timur Tengah, dan sebagian Asia di mana banyak yang sudah berjuang melawan kelaparan.

Namun, perjanjian yang ditengahi PBB dan Turki Juli lalu itu rumit, dan Moskow telah berulang kali mengancam akan mengakhirinya. Dalam perselisihan terbaru, Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan Kamis bahwa tidak ada diskusi tentang perpanjangan kesepakatan biji-bijian Laut Hitam setelah 18 Mei akan dilakukan sampai ada kemajuan untuk menyelesaikan apa yang disebutnya "lima masalah sistemik" yang dihasilkan dari sanksi terhadap Rusia atas perang.

Dikatakan dalam sebuah pernyataan bahwa masalah-masalah itu adalah: menghubungkan kembali Bank Pertanian Rusia milik negara ke sistem perbankan internasional SWIFT; melanjutkan pasokan mesin pertanian, suku cadang, dan layanan ke Rusia; pencabutan pembatasan asuransi dan reasuransi serta larangan akses ke pelabuhan; memulihkan pengoperasian pipa amoniak Tolyatti-Odesa; dan membuka blokir aset dan rekening asing perusahaan Rusia yang terkait dengan produksi dan transportasi makanan dan pupuk.

Rusia setuju bulan lalu untuk memperpanjang kesepakatan biji-bijian selama 60 hari, bukan 120 hari yang ditetapkan di bawah perpanjangan sebelumnya, untuk mengirim peringatan ke Barat.

Di medan perang, analis militer mengatakan, serangan balasan Ukraina yang diantisipasi dalam beberapa bulan mendatang dapat mengarah ke koridor darat antara Rusia dan Krimea, dengan harapan dapat membagi pasukan Rusia menjadi dua. Itu akan menjadi tantangan militer yang menakutkan. Gambar satelit menunjukkan pasukan Kremlin sedang menggali sistem parit yang luas antara daratan Ukraina dan semenanjung Laut Hitam.

Pertempuran dalam beberapa bulan terakhir telah menjadi perang gesekan, dengan tidak ada pihak yang dapat memperoleh momentum selama musim dingin dan sering melakukan pengeboman jarak jauh.

Setidaknya empat warga sipil tewas dan 11 lainnya luka-luka dalam serangan terbaru Rusia yang terus menghantam infrastruktur sipil, kata kantor kepresidenan Ukraina, Kamis. Militer Ukraina mengatakan pasukan Rusia selama 24 jam sebelumnya melancarkan 32 serangan udara, dua serangan rudal, dan 40 serangan dari berbagai peluncur roket. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home