Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 12:01 WIB | Rabu, 12 April 2023

Peretas Rusia Terus Sasar Ukraina, Juga Masuk Kamera Swasta

Kamera keamanan CCTV tampak di samping Menara Olimpiade Beijing menjelang Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 di Beijing, China, 11 Januari 2022. (Foto ilustrasi: dok. Reuters)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Peretas Rusia telah masuk ke kamera keamanan swasta di kedai kopi Ukraina untuk mengumpulkan informasi intelijen pada konvoi bantuan yang lewat, kata seorang pejabat tinggi keamanan Amerika Serikat, hari Selasa (11/4).

Rob Joyce, direktur keamanan dunia maya di Badan Keamanan Nasional AS, mengatakan bahwa pemerintah Rusia dan peretas yang didukung pemerintah tetap menyerang sistem teknologi informasi Ukraina sebagai bagian dari invasi mereka ke negara tersebut.

Salah satu fokusnya adalah kamera TV sirkuit tertutup yang digunakan oleh otoritas lokal dan bisnis swasta untuk memantau lingkungan mereka, katanya.

“Ada serangan terus-menerus terhadap kepentingan Ukraina, baik itu keuangan, pemerintah, pribadi, bisnis individu, hanya berusaha mengganggu,” kata Joyce di Pusat Studi Internasional dan Strategis di Washington DC.

“Ada hal-hal kreatif yang terjadi. Kami menyaksikan para peretas Rusia masuk ke webcam yang menghadap ke publik untuk menonton konvoi dan kereta api memberikan bantuan,” katanya.

"Mereka juga meretas webcam tersebut... Dan alih-alih menggunakan alun-alun kota (kamera) yang tersedia untuk internet, mereka melihat keluar kamera keamanan kedai kopi dan melihat jalan yang perlu mereka lihat," katanya.

Rusia juga memfokuskan upaya peretasan mereka pada produsen pertahanan AS dan perusahaan transportasi logistik untuk mengetahui lebih lanjut tentang rantai pasokan senjata ke Ukraina, katanya.

“Mereka berada di bawah tekanan setiap hari dari Rusia,” katanya. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home