Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 13:14 WIB | Minggu, 13 November 2022

Menlu Ukraina: Rusia Mempermainkan Kelaparan Dunia

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, kiri, bertemu dengan Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba, di sela-sela KTT ASEAN yang diadakan di Phnom Penh, Kamboja, Sabtu, 12 November 2022. (Foto: Cindy Liu/pool via AP)

PHNOM PENH, SATUHARAPAN.COM-Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba, mendesak negara-negara Asia Tenggara untuk memberikan dukungan politik dan material dalam perjuangan negaranya melawan Rusia, sambil menuduh Moskow pada hari Sabtu (12/11) mempermainkan "kelaparan" dunia dalam perang dengan menahan pengiriman biji-bijian Ukraina dan produk pertanian lainnya.

Kuleba mengatakan kepada wartawan di sela-sela KTT Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di Phnom Penh, Kamboja, bahwa dengan kesepakatan yang memungkinkan Ukraina mengekspor biji-bijian dan pupuk yang akan berakhir pada 19 November, dunia perlu menekan Rusia untuk tidak keberatan dengan perpanjangannya, mengatakan produk Ukraina sangat penting di Afrika dan Asia.

Lebih dari sekadar melanjutkan kesepakatan, bagaimanapun, Kuleba menuduh inspektur Rusia melakukan "sabotase diam-diam", dengan mengatakan bahwa mereka sengaja mengulur-ulur waktu untuk mengizinkan pengiriman.

Rusia tidak hanya harus “tetap menjadi bagian dari inisiatif, tetapi juga harus menginstruksikan inspekturnya untuk bertindak dengan itikad baik dan untuk menghindari tindakan apa pun, langkah apa pun, yang menciptakan hambatan dan menghambat ekspor barang pertanian Ukraina ke pasar global," dia berkata.

“Rusia harus, haru berhenti memainkan permainan kelaparan dengan dunia.”

Negara Ukraina, yang diwakili Kuleba, diundang ke KTT ASEAN untuk pertama kalinya tahun ini dan menandatangani perjanjian damai dengan kelompok negara dengan populasi gabungan hampir 700 juta orang.

Banyak dari negara-negara anggota sejauh ini menahan ambil sikap mereka terhadap invasi, mengutuk perang tetapi umumnya berusaha untuk menghindari menyalahkan. Delapan dari 10 negara anggota ASEAN memberikan suara mendukung resolusi Majelis Umum PBB yang mengutuk agresi Rusia, dengan Vietnam dan Laos abstain.

Kuleba mengatakan penandatanganan perjanjian dengan ASEAN adalah pesan dukungan yang kuat dari kelompok tersebut, meskipun menambahkan bahwa "tes lakmus adalah ... pemungutan suara di Majelis Umum PBB untuk resolusi yang berkaitan dengan Ukraina."

ASEAN terdiri dari Kamboja, Filipina, Malaysia, Indonesia, Laos, Singapura, Thailand, Vietnam, Brunei dan Myanmar, meskipun para pemimpin Myanmar tidak diizinkan untuk berpartisipasi dalam pertemuan saat ini karena kekerasan yang sedang berlangsung di negara tersebut dan kurangnya upaya dalam mengimplementasikan rencana perdamaian kelompok setelah kudeta militer tahun 2021.

Tur Asia untuk Dukungan Ukraina

Kuleba mengatakan dia menggunakan kesempatan KTT Phnom Penh sebagai “tur Asia,” bertemu dengan anggota ASEAN dan non anggota seperti Australia untuk memohon lebih banyak dukungan politik, bantuan material, seperti trafo dan generator untuk memperbaiki yang hancur dalam pertempuran, dan peningkatan ketahanan pangan dan perdagangan.

Dia berbicara pada hari ketika Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, tiba di pembicaraan, dan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Antony Blinken di sela-sela acara.

Blinken memuji upaya Kuleba untuk terus mengumpulkan bantuan, meyakinkannya bahwa "dukungan kuat di seluruh dunia" untuk Ukraina.

Kuleba mengatakan sepertinya "simbolis" bahwa dia telah menandatangani kemitraan strategis dengan AS tepat setahun sebelum kesepakatan dengan ASEAN.

“Ini hanya menunjukkan seberapa jauh kami telah melangkah setelah mengkonsolidasikan posisi kami sebagai negara milik Barat,” kata Kuleba, menurut salinan sambutannya yang diberikan oleh Departemen Luar Negeri AS.

Dalam konferensi pers sebelumnya, Kuleba mengatakan dia berharap untuk bertemu dengan menteri luar negeri China, tetapi diberitahu dia tidak akan hadir. Kuleba menambahkan bahwa Ukraina mempertahankan dialog dengan China untuk mendorong Beijing agar “menggunakan pengaruhnya terhadap Rusia untuk membuat mereka menghentikan perang.”

Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov, juga hadir di pertemuan ASEAN, dan Kuelba mengatakan jika Lavrov meminta untuk bertemu dengannya, dia akan bersedia untuk mempertimbangkan permintaan tersebut, tetapi menuduh Rusia sejauh ini menggunakan pembicaraan sebagai “tabir asap untuk agresi berkelanjutannya di wilayah ASEAN."

"Ukraina akan menang, hanya masalah waktu dan harga," katanya. “Dan ya, beberapa keuntungan dicapai secara militer, tetapi beberapa keuntungan Ukraina akan dicapai secara diplomatis.” Namun, katanya, dalam setiap pembicaraan “integritas teritorial Ukraina bukanlah sesuatu yang dapat didiskusikan.”

Dalam pidato pembukaan singkat saat dia duduk untuk bertemu dengan para pemimpin ASEAN, Biden mengatakan dia siap untuk berdiskusi dengan mereka tentang “perang brutal Rusia melawan Ukraina dan upaya kami untuk mengatasi dampak global perang, termasuk di Asia Tenggara.”

PBB Menaruh Harapan pada Indonesia tentang Masalah Myanmar

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-bangsa, Antonio Guterres, mengatakan dia telah menjelaskan kepada para peserta pertemuan puncak bahwa penting untuk menetapkan kondisi untuk membangun kembali dialog antara Ukraina dan Rusia, dan “secara bertahap mulai melihat ke masa depan di mana perdamaian akan menang.”

“Tidak ada kedamaian apa pun,” kata Guterres. “Perdamaian berdasarkan nilai-nilai Piagam PBB dan perdamaian berdasarkan hukum internasional.

Dalam komentar lain, Guterres mengatakan dunia telah mengecewakan Myanmar, dan menyatakan harapan ASEAN dapat menekan segara anggota untuk mematuhi rencananya untuk perdamaian selama tahun depan.

Para pemimpin ASEAN menyepakati sebuah rencana pada hari Jumat yang sebagian besar membebani Indonesia, ketika mengambil alih kursi bergilir kepemimpinan kelompok itu pada tahun 2023, untuk mengembangkan indikator terukur dan garis waktu bagi Myanmar untuk menerapkan apa yang disebut konsensus lima poin untuk perdamaian.

Indonesia telah menjadi salah satu negara ASEAN yang paling blak-blakan tentang perlunya berbuat lebih banyak untuk mengatasi situasi di Myanmar, dan Guterres mengatakan kepada wartawan bahwa dia merasa “pemerintah Indonesia akan dapat mendorong agenda dengan cara yang positif.”

Keputusan ASEAN yang diumumkan Jumat termasuk meminta bantuan PBB dan “mitra eksternal” lainnya dalam mendukung upaya kelompok tersebut. Guterres mengatakan dia berharap utusan khusus PBB untuk Myanmar, Noeleen Heyzer, akan bekerja sama erat dengan mitra ASEAN-nya untuk mengakhiri “pelanggaran dramatis hak asasi manusia” di Myanmar.

“Semua orang telah gagal dalam kaitannya dengan Myanmar,” kata Guterres. “Komunitas internasional secara keseluruhan telah gagal, dan PBB adalah bagian dari komunitas internasional.”

Rencana perdamaian ASEAN menyerukan penghentian segera kekerasan, dialog di antara semua pihak, mediasi oleh utusan khusus ASEAN, pemberian bantuan kemanusiaan dan kunjungan utusan khusus ke Myanmar untuk bertemu semua pihak.

Pemerintah yang dipimpin militer Myanmar pada awalnya menyetujui rencana tersebut tetapi tidak banyak berusaha untuk mengimplementasikannya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home