Loading...
INDONESIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 17:03 WIB | Kamis, 11 Desember 2014

Mentan Optimistis Swasembada Pangan dalam Tiga Tahun

Petani memanen sayur selada di lahan pertanian Paal Merah Lama, Jambi Selatan, Jambi, Sabtu (6/12). Menurut BPS Jambi, Nilai Tukar Petani (NTP) provinsi itu pada November 2014 naik 0,16 persen dari 95,53 menjadi 95,68 akibat indeks harga yang diterima petani (It) naik 1,88 persen, atau lebih besar dibanding indeks harga yang dibayar petani (Ib). (Foto: Antara/Wahdi Septiawan)

PADANG, SATUHARAPAN.COM - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengaku optimistis dalam tiga tahun ke depan Indonesia akan mampu swasembada pangan.

"Sejumlah upaya telah kami siapkan untuk mencapai target tersebut diantaranya terkait irigasi, benih, pupuk dan alsintan," katanya di Padang, Kamis (11/12).

Terkait irigasi, menurut dia, Kementerian Pertanian telah mempersiapkan perbaikan jaringan irigasi yang rusak pada satu juta hektare lahan pada tahun 2015.

"Perbaikan irigasi itu akan terus dilaksanakan selama tiga tahun ke depan, masing-masing untuk satu juta hektare lahan pertanian setiap tahun," katanya.

Dia menyebutkan dengan perbaikan irigasi itu saja, produksi beras nasional diperkirakan bisa naik hingga dua juta ton per tahun.

"Jika tanpa irigasi, petani hanya bisa menanam satu kali setahun. Dengan diberikan irigasi diharapkan bisa melakukan dua kali tanam dalam setahun sehingga produksi bisa naik," katanya.

Persoalan benih, menurut dia, juga menjadi persoalan nasional dan menjadi perhatian Kementerian Pertanian. Demikian juga halnya dengan pupuk yang sering terlambat sampai ke petani.

"Distributor pupuk yang tidak bisa bekerja maksimal dan merugikan petani, dicabut saja izinnya," kata dia.

Terkait alat dan mesin pertanian (Alsinta), menurut dia, Kementerian Pertanian telah menyiapkan 7.800 traktor tangan atau "hand tractor" untuk membantu petani di seluruh daerah di Indonesia.

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno mengatakan pemerintah setempat harus menyelaraskan akselerasi pemerintah pusat dalam pembangunan di berbagai bidang.

"Pemerintah pusat telah menyiapkan sejumlah program dalam berbagai bidang, salah satunya pertanian. Program itu harus disambut dengan semangat yang sama dengan pemerintah pusat," katanya.

Dia mengatakan dengan dukungan dari pemerintah pusat, sektor pertanian di Sumbar bisa berkembang lebih cepat. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home