Loading...
INDONESIA
Penulis: Melki Pangaribuan 14:42 WIB | Minggu, 14 Agustus 2016

Menteri ESDM Arcandra Akui Warga Negara Indonesia

”Lihat tampang saya kan, Bahasa Indonesia saya masih “medok” Padang. Saya masih warga negara Indonesia dan silahkan cek passport saya,” tegas Arcandra.
Menteri ESDM Arcandra Tahar saat memberikan keterangan mengenai rumor yang beredar dirinya adalah warga negara Amerika Serikat usai peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia di Kementerian ESDM, hari Minggu (14/8). (Foto: esdm.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar menegaskan hingga saat ini dirinya adalah warga negara Indonesia (WNI), bukan warga negara Amerika.

Penegasan ini disampaikan Arcandra usai peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia di Kementerian ESDM, hari ini Minggu (14/8). Dia berharap penegasan ini dapat menetralisir rumor yang berkembang saat ini terkait kewarganegaraan Menteri ESDM.

“Saya tuh orang Padang Asli, istri saya juga orang Padang asli, lahir dan besar di Padang cuma pas kuliah S2 dan S3 saya kuliah di Amerika,” kata Arcandra seperti disampaikan dalam situs esdm.go.id, hari ini (14/8).

Kemarin, hari Sabtu (13/8), beredar pesan berantai dari aplikasi pesan whatsapp tentang kewarganegaraan Menteri ESDM baru Arcandra Tahar. Pesan itu menyebutkan bahwa Candra telah menjadi Warga Negara Amerika melalui proses naturalisasi dan telah mengucapkan sumpah setia kepada Amerika di hadapan hakim Amerika. Bahkan infonya Candra beberapa kali masuk ke Indonesia menggunakan paspor Amerika.

Sebelumnya, mantan Kepala Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI, Laksda TNI AL (Purn) Soleman Ponto, mengatakan jika benar Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar memiliki paspor Amerika Serikat maka presiden harus segera memberhentikan dia dari jabatannya.

“Namun yang jelas, jika benar menteri (ESDM Arcandra Tahar) memiliki paspor Amerika, maka dia harus diberhentikan,” kata Soleman dalam pesan singkat pada satuharapan.com, hari Sabtu (13/8).

Paspor Indonesia

Arcandra mengaku bahwa ia masih memegang paspor Indonesia yang masih berlaku meski telah lama tinggal di Amerika.

“Saya pergi ke Amerika tahun 1996, sampai saat sekarang saya masih memegang paspor Indonesia dan paspor Indonesia saya masih valid,” tegas Arcandra.

Sambil berseloroh Arcandra mengatakan,”lihat tampang saya kan, Bahasa Indonesia saya masih “medok” Padang. Saya masih warga negara Indonesia dan silahkan cek paspor saya”.

Presiden Joko Widodo melantik Arcandra Tahar sebagai Menteri ESDM pada hari Rabu 27 Juli 2016 menggantikan Sudirman Said. Arcandra Tahar, seorang profesional di bidang energi dan sumber daya mineral.

Lulusan Institut Teknologi Bandung ini menghabiskan 20 tahun masa studi dan karirnya di Amerika Serikat, menimba ilmu di berbagai perusahaan minyak dan gas bumi negeri Paman Sam.

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home