Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Febriana Dyah Hardiyanti 17:43 WIB | Rabu, 13 Januari 2016

Menteri PANRB, Yuddy: Tak Sia-sia Kunjungi Polres Jember

Menteri Yuddy menyalami para polisi di Polres Jember, Rabu (13/1). (Foto: menpan.go.id)

JEMBER, SATUHARAPAN.COM – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Yuddy Chrisnandi, kembali melakukan peninjauan pelayanan publik, hari Rabu (13/1). Kali ini, beberapa unit pelayanan publik di Kabupaten Jember yang mendapatkan giliran untuk ditinjau.

Saat tiba di Mapolres Jember, Yuddy‎ disambut tradisi jajar kehormatan yang dilaksanakan oleh jajaran Polres Jember. Kapolres Jember, AKBP Sabilul Alif, berhasil menciptakan program Suwar Suwir‎ di Kabupaten Jember sebagai bentuk komitmen dalam melayani masyarakat. Suwar Suwir merupakan singkatan dari suasana warga aman, religius, bersahabat, wawasan intelektual, dan kreatif. Ide tersebut berasal dari Nawa Karya Tama program unggulan Polres Jember yang terdiri dari sembilan program utama.

"Kami sangat konsen menciptakan lingkungan yang kondusif sehingga mengedepankan model pendekatan langsung dan bekerjasama dengan masyarakat guna meningkatkan keamanan di masyarakat," ujar Sabilul.

Yuddy mengapresiasi Polres Jember yang mengutamakan pelayanan kepada masyarakat. "Saya tidak sia-sia mengunjungi Mapolres ini karena ini salah satu Polres yang mempunyai komitmen kuat dalam rangka pelayanan kepada masyarakat‎," kata Yuddy.

Yuddy juga blusukan ke beberapa pelayanan publik lain yang ada di Kabupaten Jember. Di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Jember, Yuddy berpesan agar dievaluasi proses pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Akta Kelahiran.

"Terlalu lama prosesnya, harus dievaluasi agar cepat. Coba belajar dari Banyuwangi soal Akta Kelahiran sehari jadi dan belajar dari Sulbar dalam hal KTP," ujar Yuddy.

Saat blusukan di Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jember, Yuddy mengapresiasi sistem Teknologi Informasi (TI) yang ada. "Penerapan sistem TI di BPN Jember cukup bagus sehingga transparansi sangat terjaga ke publik," ucap Yuddy.

Dalam ramah tamah Forum Koordinasi Pimpinan di Daerah (Forkopimda) dan Jajaran Aparat Sipil Negara (ASN) Kabupaten Jember, Yuddy berpesan agar ASN lebih giat lagi dalam bekerja agar masyarakat terlayani dengan baik. "ASN harus netral dan melayani seluruh masyarakat yang datang, jangan pilih-pilih," papar Yuddy.

Selain itu, Yuddy mengingatkan bahwa pengamatan terhadap setiap unit-unit menjadi penting agar‎ semua perangkat berjalan dengan baik untuk mencapai tata kelola berkelas dunia yang bebas korupsi.

Yuddy juga mengatakan ke depan ASN akan terus ditingkatkan kesejahteraannya, baik kesehatan, pendidikan, dan perumahan bagi ASN. "Semoga rencana-rencana tersebut berjalan lancar," terangnya.

Pj Bupati Jember, Supa'ad, menyatakan keseriusan Kabupaten Jember untuk melaksanakan reformasi birokrasi. "Kami konsen dan serius terhadap penataan reformasi birokrasi," ujar Supa'ad.

Selain mengunjungi Kabupaten Jember, Yuddy juga akan mengunjungi Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Situbondo, dan Kabupaten Banyuwangi. (menpan.go.id)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home