Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:47 WIB | Rabu, 13 November 2019

Menurut PBB Ada Lima Ancaman Besar Dunia

Sekjen PBB, Antonio Guterres. (Foto: dari un.org)

PARIS, SATUHARAPAN.COM-Sekjen Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), Antonio Guterres, menggambar lanskap geopolitik sekarang ini paralel dengan situasi di awal abad ke-20 yang diwarnai oleh perang dunia pertama.

Guterres menggambarkan dunia saat ini bukan bipolar, unipolar, atau multipolar, melainkan "kacau dan tidak pasti". Itu dikatakan dalam pidato di Forum Perdamaian Paris di Paris pada hari Senin (11/11). Forum itu memperingati berakhirnya Perang Dunia I pada tahun 1918.

Guterres mengatakan bahwa untuk berkembang, multilateralisme harus beradaptasi, sadar bahwa “konflik tetap akan ada, menciptakan penderitaan dan pemindahan (penduduk) dan: dunia kita tidak tenang.” Oleh karena itu, upaya pencegahan akan ‘lebih dari yang dibutuhkan sebelumnya.’

Hari ini, katanya, konflik bukan antara negara berdaulat, melainkan terdiri dari konflik asimetris, di mana negara-negara sering diadu domba oleh aktor non-negara.

Ketika negara pihak ketiga ikut campur, konflik-konflik ini berkembang dalam dimensi regional, ketika hubungan antara negara-negara yang paling kuat tidak berfungsi, dan dengan Dewan Keamanan (PBB) yang sering lumpuh.

Upaya pencegahan konflik diperlukan lebih dari sebelumnya, karena kaitan yang berkembang dengan bentuk baru terorisme global, seperti yang terlihat di Libya dan wilayah Danau Chad, dan bahaya proliferasi nuklir. Dia menyerukan agar akar masalah segera ditangani untuk mencegah ketegangan dan konflik baru.

Guterres menjelaskan bahwa kerja sama internasional adalah satu-satunya cara untuk menyelesaikan masalah ini. Pencegahan dan mediasi krisis, kerangka kerja memerangi ekstremisme, dan memperkuat perdamaian dan keamanan internasional, merupakan jantung dari reformasi PBB.

Lima Ancaman Dunia

Dunia menghadapi lima risiko besar, kata Sekjen PBB. Pertama, kesalahan ekonomi, teknologi dan geostrategis. Ini menyebabkan planet ini terbagi dua, dengan dua ekonomi terbesar yang membagi dunia di antara mereka, masing-masing memaksakan aturan keuangan dan ekonomi mereka sendiri di wilayah pengaruh mereka.

"Kita harus melakukan semua yang kita bisa untuk menghindari 'Fraktur Hebat' ini dan melestarikan sistem global, ekonomi universal yang menghormati hukum internasional, dunia multipolar dengan lembaga multilateral yang solid".

Risiko kedua terletak pada kontrak sosial antara warga negara dan pemerintah, yang mengarah ke gelombang demonstrasi di seluruh dunia. Hal ini menunjukkan ketidakpercayaan yang semakin besar pada institusi dan pemimpin politik. "Rakyat menderita," katanya, "dan ingin didengar".

Hal itu mengarah pada risiko ketiga: kesenjangan solidaritas, dan meningkatnya sikap lebih memandang ke dalam, di mana yang paling rentan, kelompok minoritas, pengungsi, migran, wanita dan anak-anak, adalah yang pertama menderita.

“Ketakutan terhadap orang asing digunakan untuk tujuan politik. Intoleransi dan kebencian menjadi hal biasa. Orang-orang yang kehilangan segalanya disalahkan atas semua penyakit dunia. Ini memperburuk polarisasi kehidupan politik dan risiko masyarakat jadi terpecah. ”

Masalah Perubahan Iklim

Risiko keempat adalah krisis iklim. “Perlombaan melawan waktu demi kelangsungan hidup peradaban kita, perlombaan yang kita mengalami kehilangan,” kata Guterres. Dia mengatakan tentang rekor peningkatan suhu, surutnya es, gurun yang meluas, dan badai yang merusak, seperti yang dia saksikan di Dominika, Mozambik dan Bahama.

"Jika kita gagal bertindak sekarang," kata Guterres, "sejarah akan ingat bahwa kita memiliki semua sarana yang diperlukan untuk melawan, tetapi kita memilih untuk tidak melakukan apa-apa".

Namun ada solusi jika negara-negara menemukan kemauan politik untuk bertindak, menghormati janji untuk mengurangi emisi, dan memobilisasi pendanaan untuk pembangunan berkelanjutan, bencana dapat dihindari.

Kesenjangan teknologi adalah kesalahan global kelima yang muncul, karena, sementara teknologi baru memiliki potensi untuk menjadi alat yang kuat untuk perdamaian dan pembangunan berkelanjutan, itu juga dapat meningkatkan risiko dan mempercepat ketidaksetaraan.

Sekjen menyebutkan solusi yang diperlukan mencakup sistem pendidikan yang mengintegrasikan pembelajaran seumur hidup, karena "kita tidak boleh lagi hanya belajar, tetapi belajar cara belajar."

Mengatasi Kebencian

Tentang meningkatnya pernyataan kebencian dan manipulasi informasi Guterres mengatakan bahwa ia berencana untuk menjadikan PBB tempat di mana pemerintah, perusahaan, peneliti, dan masyarakat sipil dapat bertemu untuk “mendefinisikan bersama garis merah dan aturan praktik terbaik”.

Kita harus melakukan semua yang kita bisa untuk melestarikan sistem global yang menghormati hukum internasional, dunia multipolar dengan lembaga multilateral yang solid.

Ancaman serangan dunia maya dan perlombaan "senjata dunia maya" baru yang melibatkan robot pembunuh dan senjata otonom juga harus diatasi. Dia memperingatkan bahwa teknologi berkembang dengan "mesin yang memiliki kekuatan dan keleluasaan untuk membunuh tanpa campur tangan manusia.” Itu secara politis tidak dapat diterima. dan tercela secara moral.

Sebaliknya dunia harus memastikan bahwa kecerdasan buatan digunakan untuk menjamin bahwa setiap orang dapat hidup bermartabat, damai dan sejahtera.

Multilateralisme

Sekjen PBB mengatakan bahwa multilateralisme harus beradaptasi dengan tantangan hari ini dan besok, dan membuat PBB lebih efektif dan gesit. Multilateralisme harus berjejaring, dan dekat dengan rakyat, bekerja bersama organisasi regional, tetapi juga lembaga keuangan internasional, bank pembangunan dan lembaga khusus.

Dia juga harus inklusif dengan partisipasi penuh dari masyarakat sipil, termasuk orang-orang muda, kalangan bisnis, akademik dan filantropis, dan menangani kesetaraan jender.

Guterres mengingatkan bahwa di masa lalu komunitas internasional telah menunjukkan dapat bersatu dan bangkit bersama "Jadi mari kita berjuang , berjuang dan tidak menyerah.”

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home