Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 14:08 WIB | Kamis, 04 Desember 2014

Michelle Obama Dekor Gedung Putih dengan Teknologi 3D

Michelle Obama Dekor Gedung Putih dengan Teknologi 3D
Michelle Obama sangat bersemangat memperlihatkan dekorasi Natal di Gedung Putih. (Foto-foto: dailymail.com)
Michelle Obama Dekor Gedung Putih dengan Teknologi 3D
Lorong bersinar lampu Natal dengan penjaga yang berjaga di sepanjang lorong.
Michelle Obama Dekor Gedung Putih dengan Teknologi 3D
Robot anjing Gedung Putih Bo dan Sunny tidak ketinggalan dipajang. Bahkan, robot ini bisa menundukkan kepalanya ketika ada orang lewat didepannya.

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM – Gedung Putih di Wahington DC siap menyambut Natal dengan dihiasi beberapa ornamen-ornamen berbau Natal. Namun, kali ini Gedung Putih memasang ornamen yang berbeda dengan sentuhan tiga dimensi (3D) seperti sebuah pemandangan salju digital dan beberapa program yang akan menarik perhatian setiap orang yang melewati gedung tersebut.

Ibu Negara Amerika Serikat Michelle Obama meluncurkan dekorasi menyambut Natal dan hari libur tersebut pada Rabu (3/12) yang akan membawa 65.000 tamu ke Gedung Putih dengan menyalakan lampu LED berwarna merah dan hijau.

“Tahun ini kami memiliki nuansa yang baru,” kata Michelle kepada ratusan pengunjung pertama yang ingin melihat dekorasi tersebut. “Kami bersenang-senang dengan teknologi baru dan kami juga bermain dengan teknologi baru tersebut.”

Bahkan ada sepasang robot yang dibuat agar terlihat seperti anjing mereka yaitu Bo dan Sunny yang dapat menundukkan kepala ketika para pengunjung berjalan melewati mereka, berdasarkan sensor gerak inframerah di mata mereka.

Disamping teknologi canggih tersebut, masih ada beberapa ornamen tradisional yang menghiasi Gedung Putih seperti karangan bunga, topiaries (pohon hias), pohon cemara dan lampu Natal. Ada 26 unit yang tersebar di seluruh gedung tersebut.

Sebanyak 106 relawan  termasuk dengan 20 orang dari militer telah membantu untuk mendekorasi Gedung Putih sejak hari Thanksgiving pada 27 November 2014 lalu.

Kue Jahe dan 300 Bunga

Seperti yang telah dilakukan pada Natal sebelumnya, Michelle mengizinkan tentara, veteran, prajurit terluka dan pasangan militer untuk melakukan tur Gedung Putih yang pertama. Dia berbicara kepada mereka secara singkat di Ruang Timur sebelum membawa anak-anak mereka ke Ruang Makan untuk menghias kue dan bertemu dengan Bo dan Sunny yang sebenarnya.

“Liburan adalah kesempatan bagi kita untuk menunjukkan betapa bersyukurnya negara ini akan musim liburan dan itu semua dari Anda, keluarga militer yang melayani bangsa kita dengan bangga dan memberi kita begitu banyak kontribusi,” kata dia. “Karena kita tahu bahwa terlalu banyak cerita yang simpang siur mengenai keberanian dan kekuatan Anda. Dan ada banyak orang yang tidak menyadari apa yang sudah Anda lalui.”

Di barisan tiang bagian timur, gapura terbuat dari 300 bunga jenis hydrangea yang dibuat dengan motif herringbone. Di Taman Jacqueline Kennedy, ada hadiah besar yang dibungkus yang terbuat dari bahan cermin. Di Grand Foyer dan Cross Hall, serpihan salju dan ornamen bintang dipasang di bagian kolom atas.

Di Ruang Makan, ada kue rumah jahe besar yang terbuat dari 113 kg adonan berbahan dasar gula yang disebut pastillage, 18 kg marzipan, 11 kg pasta karet dan 36 kg adonan kue jahe.

Tapi yang paling banyak dibicarakan pada dekorasi tahun ini adalah dekorasi perangkat digital.

Ada lima jenis ornamen cetak 3D yang terpilih dalam suatu kontes dipajang di sekitar rumah. Di Ruang Taman Timur, sebuah pemandangan salju digital interaktif yang akan menangkap gerakan pengunjung di depannya. Di luar Gedung Putih, lampu LED dipasang pada 56 pohon yang mewakili negara bagian dan wilayah AS yang akan berkedip secara online oleh anak-anak perempuan di seluruh negeri yang sudah terdaftar di website Made With Code.

Keluarga Obama bahkan merilis apa yang mereka sebut kartu liburan interaktif pertama Gedung Putih, meskipun hanya seperti video saja yang terlihat.

A Children’s Winter Wonderland

Tema dekorasi tahun ini adalah A Children’s Winter Wonderland untuk merayakan apa yang disebut oleh Gedung Putih sebagai keajaiban yang dibuat di musim dingin yang akan menginspirasi anak-anak dan orang dewasa untuk terus bermimpi.

Seperti tradisi biasanya, Ibu Negara memimpin pengiriman pohon resmi Gedung Putih pada Jumat (28/11) pagi hari setelah Thanksgiving. Beberapa kuda mengangkut gerobak di jalan masuk Jalan Portico Utara yang membawa cemara putih sepanjang hampir 6 meter dari kebun pohon natal, Crystal Spring Tree Farm, di Legighton, yang memenangkan kontes pemilihan pohon natal nasional.

Bertempat di Blue Room, pohon tersebut dihiasi dengan ornamen yang terbuat dari halaman buku mewarnai dan kartu ucapan terima kasih yang berisi pesan tertulis kepada anggota militer. Pengunjung juga dapat mengisi kartu Operation Honor, yang dapat diiisi dengan ucapan terima kasih untuk menghormati keluarga militer, anggota layanan dan veteran.

“Ada aroma pohon pinus yang menakjubkan berhembus di seluruh rumah,” kata Michelle. “Itu adalah bagian yang terbaik. Yang akan memberitahu kepada Anda bahwa ini adalah hari Natal.”

Presiden AS Barack Obama akan tampil bersama dengan aktor Tom Hanks pada Kamis (4/12) dan Rita Wilson akan menyemarakkan Natal tahun ini dengan pemandangan pohon natal nasional di Taman Presiden di luar Gedung Putih. Selain mereka, musisi Patti LaBelle, Ne-Yo, Steve Miller dan Chelly Wright juga akan tampil pada acara tersebut. (sunherald.com)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home