Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 09:30 WIB | Rabu, 28 Februari 2018

Michelle Obama Merilis Memoar 13 November

Michelle Obama. (Foto: Dok satuharapan.com/AFP)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM — Michelle Obama mengagendakan merilis memoarnya pada 13 November. Memoar Michelle ini adalah salah satu buku paling dinanti dalam beberapa tahun terakhir.

Mantan Ibu Negara Amerika Serikat ini menulis dalam cuitan di Twitter, Minggu (25/2), seperti diberitakan VOA, mengatakan buku memoar, yang akan keluar seminggu setelah pemilu sela 2018, berjudul Becoming.

“Menulis Becoming adalah pengalaman pribadi yang mendalam,” kata Michelle dalam pernyataannya. “Pengalaman ini membuat saya untuk pertama kali merefleksi dengan jujur lintasan hidup saya yang tak terduga. Dalam buku ini saya membicarakan tentang akar saya dan bagaimana seorang gadis kecil dari South Side Chicago menemukan suaranya dan mengembangkan kekuatan untuk memberdayakan lainnya. Saya berharap perjalanan saya menginspirasi pembaca untuk menemukan keberanian untuk menjadi apa pun yang mereka inginkan. Saya tidak sabar membagikan cerita saya.”

Ia dan suaminya, mantan Presiden Barack Obama, menurut VOA, tahun lalu menyetujui kesepakatan bersama dengan Penguin Random House untuk buku memoar masing-masing. Kesepakatan itu diperkirakan bernilai $30 juta. Becoming akan dirilis di Amerika Serikat melalui Crown Publishing Group, divisi Penguin Random House yang telah menerbitkan buku-buku pasangan itu.

Buku Michelle akan diterbitkan dalam 24 bahasa secara bersamaan, mulai dari bahasa Swedia hingga Arabia. Michelle Obama berharap mempromosikan Becoming di Amerika dan luar negeri. Ia juga membawakan narasi versi audio.

Pendukung Kuat Perempuan dan Anak-anak Perempuan

Menurut Crown, Obama bekerja sama dengan satu tim asisten, namun setiap kata dalam naskah yang sudah selesai adalah tulisannya.

“Sebagai ibu negara Amerika Serikat, orang Afrika-Amerika pertama yang memegang peran itu, ia membantu menciptakan sejarah Gedung Putih paling terbuka dan inklusif, selain juga memosisikan diri sebagai pendukung kuat untuk perempuan dan anak-anak perempuan di Amerika dan dunia,” kata Crown dalam pernyataannya.

Buku itu, seperti dilaporkan New York Times, juga akan menyinggung perannya dalam kampanye kesehatan masyarakat. Sebelum ini, Michelle Obama menerbitkan buku berjudu American Grown, yang membahas makanan sehat, lengkap dengan resep dan ilustrasi sejarah.

“Dalam memoarnya, sebuah karya refleksi mendalam dan memikat, Michelle Obama mengundang pembaca masuk ke dunianya, menyampaikan rentetan pengalaman yang telah membentuknya mulai dari masa kecil di South Side, Chicago hingga di tahun-tahun sebagai eksekutif yang harus menyeimbangkan tuntutan sebagai ibu dan pekerjaan, hingga waktu yang ia habiskan di tempat paling terkenal di dunia,” tulis VOA.

New York Times mengabarkan, Michelle Obama mengatakan Penguin Random House akan menyumbangkan sebagian buku atas nama keluarga, untuk First Book, lembaga nirlaba, yang akan membagikan buku-buku tersebut sebagai bahan ajar untuk anak-anak.

Barack Obama, yang telah menulis buku Dreams from My Father dan The Audacity of Hope yang terjual jutaan, belum dijadwalkan memoarnya. Ia diperkirakan masih memusatkan perhatian menulis pengalaman 8 tahun di Gedung Putih.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home