Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 15:48 WIB | Kamis, 16 Juli 2015

Migran Hindu Pakistan akan Diizinkan Buka Rekening di India

Ilustrasi Imigran asal Pakistan. (Foto: dailytimes.com.pk)

NEW DELHI, SATUHARAPAN.COM – Migran Hindu dari Pakistan di India akan segera diizinkan untuk membuka rekening bank dan membeli properti perumahan sebagai bagian dari pemenuhan janji pra-pemilu Partai yang berkuasa Bharatiya Janata (BJP).

Seperti diberitakan dailytimes.com.pk, Rabu (15/7)  BJP giat mengkampanyekan hak-hak umat Hindu di seluruh negeri dan sekarang waktunya telah datang untuk memenuhi janji-janji yang dibuat dengan migran Hindu dari negara-negara tetangga India, termasuk Pakistan.

Migran Hindu dengan visa jangka panjang di India akan segera bisa membuka rekening bank atas dasar visa dan izin tinggal yang dikeluarkan oleh Kantor Pendaftaran Orang Asing (FRO). Bank sentral India, dan Reserve Bank of India (RBI), sebelumnya diizinkan untuk memperpanjang fasilitas perbankan dan pembelian properti untuk umat Hindu dari Pakistan.

Menurut The Economic Times, pemerintah India juga mungkin mengizinkan pendatang Hindu dari Pakistan untuk membuka rekening biasa (NRO) rupee non-penduduk tanpa persetujuan bank.

“Ada berbagai pilihan terhadap pembukaan rekening tersebut. Kami akan memeriksa mereka tentang mengenai masalah keamanan di tempat tinggal mereka,” kata seorang pejabat senior yang tidak disebutkan namanya.

Meskipun, sesuai aturan saat ini, warga negara Pakistan dan badan serta entitas Bangladesh memerlukan persetujuan RBI untuk membuka rekening NRO, namun pemerintah India saat ini sedang merencanakan untuk membebaskan para migran Hindu dari setiap pemeriksaan tambahan.

“Kami berharap bahwa pelayanan perbankan akan mendukung langkah itu,” kata pejabat lain.

Tahun lalu, India Menteri Dalam Rajnath Singh mengatakan pemerintah akan menyiapkan rencana aksi untuk rehabilitasi yang tepat migran Hindu Pakistan di India. (dailytimes.com.pk)

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home