Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 21:53 WIB | Jumat, 27 Desember 2019

Militer Turki Siap Diperintahkan ke Libya

Juru bicara Kementerian Pertahanan Nasional Turki, Nadide Sebnem Aktop. (Foto: dari Hurriyet)

ANKARA, SATUHARAPAN.COM-Angkatan Bersenjata Turki sepenuhnya siap untuk kemungkinan penempatan mereka di Libya sebagaimana dipersyaratkan, kata Kementerian Pertahanan Nasional negara itu mengumumkan pada Jumat (27/12).

Militer Turki siap melayani sesuai perintah di dalam dan di luar Turki, kata juru bicara kementerian itu, Nadide Sebnem Aktop, mengatakan kepada wartawan di ibu kota Ankara, seperti dikutip Hurriyet.

Sehari sebelumnya, Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, mengatakan Turki akan memberikan dukungan kepada Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) Libya yang diakui PBB, yang memerangi komandan militer, Khalifa Haftar, yang bermarkas di timur negara itu.

Pada 27 November, Ankara dan pemerintah GNA Libya yang berbasis di Tripoli menandatangani dua perjanjian terpisah, satu tentang kerja sama militer dan lainnya tentang batas-batas laut negara-negara di Mediterania Timur. Setelah kesepakatan kerja sama militer, Erdogan mengatakan Turki mungkin mempertimbangkan mengirim pasukan ke Libya jika Pemerintah GNA mengajukan permintaan.

Sejak penggulingan almarhum pemimpin Libya, Moamar Gaddafi pada 2011, dua kursi kekuasaan telah muncul di Libya: satu di Libya timur didukung terutama oleh Mesir dan Uni Emirat Arab, dan GNA di ibu kota Tripoli, yang mendapat pengakuan PBB dan internasional.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home