Loading...
INDONESIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 05:57 WIB | Jumat, 23 Januari 2015

MK Tolak Gugatan Ketentuan Komposisi UU MD3

Foto: mahkamahkonstitusi.go.id

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Mahkamah Konstitusi memutuskan menolak pengujian UU No. 17/2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3) yang dimohonkan Wibi Andrino dan Muannas terkait dengan ketentuan komposisi pimpinan dalam Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

"Menolak permohonan Pemohon III (Wibi Andrino) dan Pemohon IV (Muannas)," ujar Ketua Majelis Hakim Konstitusi Arief Hidayat saat membacakan amar putusan di Mahkamah Konstitusi Jakarta, Kamis 922/1) sore.

Selain Wibi Andrino dan Muannas, permohonan pengujian UU MD3 ini juga diajukan oleh Mohamad Sangaji (Pemohon I) dan Veri Yonnevil (Pemohon II). 

Namun MK memutus tidak dapat menerima permohonan Mohamad Sangaji dan Veri Yonnevil karena keduanya tidak memiliki kedudukan hukum.

Sebelumnya, Wibi Andrino dan Muannas mendalilkan berlakunya Pasal 327 ayat (1) huruf a bertentangan dengan Pasal 28D ayat (1), Pasal 28H ayat (2), dan Pasal 28J ayat (2) UUD 1945 karena tidak eksplisit menyebutkan berapa jumlah wakil ketua yang pasti untuk DPRD Provinsi. 

Mahkamah berpendapat bahwa mekanisme pemilihan pimpinan dan alat kelengkapan DPRD sebagaimana diatur dalam UU MD3 tidak bertentangan dengan prinsip kepastian hukum yang adil serta persamaan kedudukan dalam hukum dan pemerintahan sebagaimana didalilkan para Pemohon.

Hal itu dikatakan oleh Mahkamah karena ketentuan tersebut merupakan ranah kebijakan hukum terbuka dari pembentuk UU yang tidak bertentangan dengan UUD 1945. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home