Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:00 WIB | Minggu, 03 Maret 2024

Mohammad Mustafa Disebut Akan Menjadi PM Palestina Yang Baru, Siapa Dia?

Ketua Dana Investasi Palestina (PIF), Mohammad Mustafa ,(kiri) berfoto bersama Presiden Palestina, Mahmoud Abbas (kanan). (Foto: dok. WAFA)

RAMALLAH, SATUHARAPAN.COM-Mohammad Mustafa, yang diperkirakan akan menjadi perdana menteri Otoritas Palestina, adalah salah satu tokoh bisnis terkemuka Palestina dan sekutu langka Ketua PA, Mahmoud Abbas, yang mengawasi rekonstruksi Gaza di bawah pemerintahan Hamas.

Sebagai seorang ekonom lulusan Amerika Serikat, ia pernah mengelola perusahaan telekomunikasi Palestina Paltel dan yang terbaru adalah Dana Investasi Palestina (PIF) publik milik Otoritas Palestina, dengan aset hampir US$1 miliar yang mendanai proyek-proyek di seluruh wilayah Palestina.

Dia ditunjuk satu dekade lalu untuk membantu memimpin upaya rekonstruksi di Gaza setelah perang sebelumnya antara Israel dan Hamas.

Para pemimpin Palestina mungkin berharap dia sekarang bisa muncul sebagai tokoh pemersatu jika diminta untuk membangun kembali daerah kantong tersebut setelah hampir lima bulan dibombardir Israel sejak serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober.

PA yang diakui secara internasional, yang menjalankan pemerintahan sendiri secara terbatas di Tepi Barat yang diduduki Israel tetapi kehilangan kendali atas Gaza ke tangan Hamas pada tahun 2007, bertujuan untuk menyatukan kembali pemerintahan di tanah Palestina setelah perang Gaza.

Perdana Menteri Mohammed Shtayyeh, anggota faksi Fatah pimpinan Abbas, mengundurkan diri pekan ini untuk membuka jalan bagi kabinet persatuan, dan Fatah serta Hamas diperkirakan akan bertemu di Moskow pekan ini untuk membahas masa depan. Meski dekat dengan Abbas, Mustafa bukan anggota Fatah, sehingga berpotensi membuatnya tidak terlalu kontroversial.

Belum jelas kapan Abbas akan mencalonkannya, dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membentuk pemerintahan.

Jika diangkat, Mustafa akan menghadapi tugas besar di bidang manajemen dan diplomasi. Sebagian besar wilayah Gaza kini menjadi puing-puing dan sebagian besar dari 2,3 juta penduduknya terpaksa mengungsi dan membutuhkan bantuan. Tepi Barat juga mengalami kekerasan terburuk dalam beberapa dekade terakhir.

Selain mengawasi miliaran bantuan internasional yang diharapkan, Mustafa akan membutuhkan dukungan politik dari Hamas dan para pendukungnya serta kerja sama dari Israel, yang ingin memberantas Hamas.

Washington, yang menginginkan PA memainkan peran utama dalam pemerintahan Gaza pasca perang, telah menyerukan reformasi mendalam dalam cara pengelolaannya.

“Semua orang berada dalam krisis. Fatah berada dalam krisis di Tepi Barat dan Hamas jelas berada dalam krisis di Gaza,” kata ekonom Palestina, Mohammad Abu Jayyab. Mustafa, 69 tahun, bisa mewakili “jalan keluar” bagi keduanya, katanya.

7 Oktober Sebuah Gejala dari Masalah Yang Lebih Besar

Abbas menunjuk Mustafa sebagai ketua PIF pada tahun 2015. Ia menjabat sebagai wakil perdana menteri yang bertanggung jawab atas urusan ekonomi dari tahun 2013 hingga 2014, ketika ia memimpin sebuah komite yang bertugas membangun kembali Gaza setelah perang tujuh pekan yang menewaskan lebih dari 2.100 warga Palestina.

Berbicara di Davos pada 17 Januari, Mustafa mengatakan “bencana dan dampak kemanusiaan” dari perang saat ini jauh lebih besar dibandingkan satu dekade lalu.

Otoritas kesehatan Gaza mengatakan 30.000 orang dipastikan tewas, dan ribuan lainnya diyakini terkubur di bawah reruntuhan.

Israel mengatakan mereka tidak akan pernah bekerja sama dengan pemerintah Palestina mana pun yang menolak untuk menolak Hamas dan serangannya pada 7 Oktober, yang menewaskan 1.200 orang dan 253 orang diculik, menurut penghitungan Israel.

Mustafa, dalam sambutannya di Davos, menggambarkan serangan 7 Oktober sebagai “sesuatu yang disayangkan bagi semua orang.”

“Tetapi ini juga merupakan gejala dari masalah yang lebih besar… yang telah diderita rakyat Palestina selama 75 tahun tanpa henti,” katanya.

“Sampai saat ini kami masih meyakini bahwa kenegaraan bagi Palestina adalah jalan ke depan, sehingga kami berharap kali ini kita bisa mewujudkannya, sehingga seluruh masyarakat di kawasan bisa hidup aman dan damai,” katanya.

Dia adalah anggota komite eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) yang dipimpin Abbas, yang mengakui Israel pada awal proses perdamaian pada tahun 1993, berharap untuk mendirikan negara Palestina di wilayah Tepi Barat, Gaza, dan Yerusalem Timur yang direbut oleh Israel dalam perang tahun 1967.

Pejabat pemerintahan  Joe Biden sebelumnya mengatakan mereka telah mendesak Abbas untuk membawa darah baru, termasuk teknokrat dan spesialis ekonomi, ke dalam pemerintahan yang diubah untuk membantu memerintah Gaza pasca perang. Namun mereka mengatakan bahwa mereka tidak ingin terlihat memberikan tekanan untuk menyetujui atau menolak individu tertentu.

Gedung Putih tidak segera menanggapi pertanyaan apakah mereka akan mendukung penunjukan Mustafa atau mempunyai kekhawatiran.

Jalan Lurus

Mustafa mengatakan Otoritas Palestina dapat berbuat lebih baik “dalam hal membangun institusi yang lebih baik, menyediakan pemerintahan yang lebih baik sehingga… kita dapat menyatukan kembali Gaza dan Tepi Barat.”

Namun “jika kita tidak dapat menghilangkan pendudukan, tidak ada pemerintahan yang direformasi, tidak ada lembaga yang direformasi yang benar-benar dapat membangun sistem pemerintahan yang sukses, atau mengembangkan perekonomian yang baik,” katanya.

Mustafa memiliki gelar PhD di bidang Administrasi Bisnis dan Ekonomi dari George Washington University, dan pernah bekerja di Bank Dunia di Washington. Ia lahir di Tepi Barat.

Dia mengatakan dalam sambutannya pada tanggal 17 Januari bahwa dibutuhkan US$15 miliar hanya untuk membangun kembali rumah.

Dia mengatakan dia akan terus fokus pada upaya kemanusiaan dalam jangka pendek dan menengah, dan menyatakan harapannya bahwa perbatasan Gaza akan dibuka dan konferensi rekonstruksi akan diadakan.

Ketika ditanya mengenai peran Hamas di masa depan, Mustafa juga mengatakan “cara terbaik ke depan adalah menjadi seinklusif mungkin,” dan menambahkan bahwa ia ingin warga Palestina bersatu dalam agenda PLO. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home