Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 18:31 WIB | Sabtu, 20 Mei 2023

Museum Selamatkan Ribuan Sepatu Anak Korban Nazi Jerman di Auschwitz

Museum Selamatkan Ribuan Sepatu Anak Korban Nazi Jerman di Auschwitz
Elzbieta Cajzer, kepala departemen koleksi museum, menunjukkan koleksi sepatu milik anak-anak korban kamp kematian Nazi Jerman Auschwitz-Birkenau di laboratorium konservasi di lapangan kamp di Oswiecim, Polandia, Rabu, 10 Mei, 2023. Upaya dua tahun diluncurkan pada 2023 untuk melestarikan 8.000 sepatu anak-anak di bekas kamp konsentrasi dan pemusnahan tempat pasukan Jerman membunuh 1,1 juta orang selama Perang Dunia II. (Foto-foto: AP/Michal Dyjuk)
Museum Selamatkan Ribuan Sepatu Anak Korban Nazi Jerman di Auschwitz
Orang-orang mengunjungi salah satu barak yang memajang sepatu yang dikumpulkan dari para tahanan bekas kamp kematian Nazi Jerman Auschwitz-Birkenau di Oswiecim, Polandia, Rabu, 10 Mei 2023.

OSWIECIM, SATUHARAPAN.COM-Di laboratorium konservasi modern di lahan bekas kamp konsentrasi Nazi Jerman, Auschwitz  di Polandia, seorang pria yang mengenakan sarung tangan karet biru menggunakan pisau bedah untuk mengikis karat dari lubang tali sepatu cokelat kecil yang dikenakan oleh anak-anak sebelum dibunuh dalam kamar gas.

Rekan kerja di ujung meja kerja yang panjang menggosok debu dan kotoran, menggunakan kain lembut dan gerakan melingkar yang hati-hati pada kulit benda yang rapuh. Sepatu tersebut kemudian dipindai dan difoto di ruang sebelah dan dikatalogkan dalam database.

Pekerjaan tersebut merupakan bagian dari upaya dua tahun yang diluncurkan bulan lalu untuk melestarikan 8.000 sepatu anak-anak di bekas kamp konsentrasi dan pemusnahan tempat pasukan Jerman membunuh 1,1 juta orang selama Perang Dunia II. Sebagian besar korban adalah orang Yahudi yang dibunuh dalam upaya diktator Adolf Hitler untuk memusnahkan orang Yahudi di Eropa.

Situs itu terletak selama perang di bagian Polandia yang diduduki oleh pasukan Jerman dan dianeksasi ke Reich Jerman. Hari ini adalah tugu peringatan dan museum yang dikelola oleh negara Polandia, kepada siapa tanggung jawab serius jatuh untuk melestarikan bukti situs tersebut, di mana orang Polandia juga termasuk di antara para korban.

Jerman menghancurkan bukti kekejaman mereka di Treblinka dan kamp-kamp lain, tetapi mereka gagal melakukannya sepenuhnya di lokasi Auschwitz yang sangat besar saat mereka melarikan diri dari pasukan Uni Soviet yang mendekat dalam kekacauan menjelang akhir perang dunia kedua.

Delapan dekade kemudian, beberapa bukti memudar di bawah tekanan waktu dan pariwisata massal. Guntingan rambut korban untuk dijadikan kain dianggap sebagai jenazah manusia yang disakralkan, tidak boleh difoto dan tidak diusahakan konservasi. Itu berubah menjadi debu.

Tetapi lebih dari 100.000 sepatu korban masih tersisa, sekitar 80.000 di antaranya dalam tumpukan besar dipajang di sebuah ruangan tempat pengunjung mengarsip setiap hari. Banyak yang bengkok, warna aslinya memudar, tali sepatu hancur, namun mereka bertahan sebagai wasiat kehidupan yang dipotong secara brutal.

Sepatu dan sandal mungil itu sangat menyayat hati. “Sepatu anak-anak adalah objek yang paling mengharukan bagi saya karena tidak ada tragedi yang lebih besar dari tragedi anak-anak,” kata Mirosław Maciaszczyk, pakar konservasi dari laboratorium konservasi museum.

“Sepatu adalah objek yang terkait erat dengan seseorang, dengan seorang anak. Itu adalah jejak, terkadang itu satu-satunya jejak yang tersisa dari anak itu.”

Maciaszczyk mengatakan bahwa dia dan pekerja konservasi lainnya tidak pernah melupakan tragedi kemanusiaan di balik sepatu tersebut, bahkan saat mereka fokus pada aspek teknis pekerjaan konservasi mereka. Terkadang mereka diliputi emosi dan butuh istirahat. Relawan yang bekerja dengan sepatu dewasa di masa lalu telah meminta tugas baru.

Elżbieta Cajzer, kepala Koleksi, mengatakan pekerjaan konservasi selalu memunculkan beberapa detail individu dari mereka yang terbunuh di kamp: koper, khususnya, dapat memberikan petunjuk karena memuat nama dan alamat. Dia berharap pengerjaan sepatu anak-anak juga akan mengungkap beberapa detail pribadi baru.

Mereka juga membuka jendela ke masa lampau ketika sepatu adalah barang berharga yang diwariskan dari anak ke anak. Beberapa memiliki jejak sol yang diperbaiki dan perbaikan lainnya.

Museum ini mampu melestarikan sekitar 100 sepatu sepekan, dan telah memproses 400 sepatu sejak proyek dimulai bulan lalu. Tujuannya bukan untuk mengembalikan mereka ke keadaan semula tetapi untuk membuat mereka sedekat mungkin dengan bagaimana mereka ditemukan di akhir perang. Sebagian besar sepatu adalah objek tunggal. Jarang ada sepasang yang masih terikat tali sepatu.

Tahun lalu, pekerja konservasi sepatu dewasa menemukan uang kertas 100 lira Italia di sepatu hak tinggi perempuan yang juga dicetak dengan nama Ranzini, yang merupakan produsen sepatu di Trieste. Pemiliknya kemungkinan besar adalah orang Italia, tetapi tidak ada lagi yang diketahui tentangnya.

Mereka juga menemukan nama Věra Vohryzková di sepatu seorang anak. Secara kebetulan, seorang pekerja museum telah memperhatikan nama keluarga itu di sebuah koper dan museum dapat mengumpulkan detail tentang keluarga tersebut. Vera lahir 11 Januari 1939, dari keluarga Ceko Yahudi dan dikirim ke Auschwitz dengan transportasi dari ghetto Theresienstadt pada tahun 1943 bersama ibu dan saudara laki-lakinya. Ayahnya, Max Vohryzek, dikirim dengan angkutan terpisah. Mereka semua tewas.

Cajzer menggambarkan sepatu itu sebagai kesaksian yang kuat juga karena tumpukan sepatu yang tersisa memberikan gambaran tentang besarnya skala kejahatan, meskipun yang tersisa hanya sebagian kecil dari yang ada.

Sebelum orang-orang SS (pasukan khusus tentara Nazi Jerman) mengirim orang ke kamar gas, mereka memerintahkan mereka untuk menanggalkan pakaian dan memberi tahu mereka bahwa mereka akan mandi untuk didisinfeksi.

“Bisa dibayangkan berapa banyak orang yang datang ke sini, berharap bisa memakai kembali sepatu itu setelah mandi. Mereka pikir mereka akan mengambil kembali sepatu mereka dan terus menggunakannya. Tapi mereka tidak pernah kembali ke pemiliknya,” kata Cajzer.

Dalam kebanyakan kasus, sepatu dan harta benda lainnya dikumpulkan dan bahannya digunakan untuk membantu Reich Ketiga dalam upaya perangnya. Sebanyak 110.000 sepatu dalam koleksi museum, meski sangat besar,  kemungkinan besar hanya berasal dari transportasi terakhir ke kamp, kata Cajzer.

Biaya proyek sebesar 450.000 euro (setara Rp 7,4 miliar) didanai oleh Yayasan Auschwitz-Birkenau, di mana Jerman telah menjadi donor utama, serta International March of the Living, sebuah program pendidikan Holocaust.

Baik Cajzer dan Maciaszczyk mengatakan bahwa tidak mungkin menyimpan sepatu selamanya, tetapi tujuannya adalah untuk melestarikannya untuk tahun-tahun mendatang. “Konservasi kita hari ini memperlambat proses (pembusukan) ini, tetapi untuk berapa lama, sulit dikatakan,” kata Maciaszczyk. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home