Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 17:26 WIB | Selasa, 12 Juli 2022

NASA Tampilkan Gambar Kosmos Terjauh, 13,8 Miliar Tahun Lalu

NASA Tampilkan Gambar Kosmos Terjauh, 13,8 Miliar Tahun Lalu
Foto dari NASA pada hari Senin, 11 Juli 2022, menunjukkan gugus galaksi SMACS 0723, ditangkap oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb. Teleskop ini dirancang untuk mengintip ke belakang sejauh ini sehingga para ilmuwan dapat melihat sekilas fajar alam semesta sekitar 13,7 miliar tahun yang lalu dan memperbesar objek kosmik yang lebih dekat, bahkan tata surya kita sendiri, dengan fokus yang lebih tajam. (Foto: NASA/ESA/CSA/STScI via AP)
NASA Tampilkan Gambar Kosmos Terjauh, 13,8 Miliar Tahun Lalu
Foto dari NASA, teknisi mengangkat cermin Teleskop Luar Angkasa James Webb menggunakan derek di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard di Greenbelt, Md. NASA merilis gambar pertama dari teleskop baru minggu ini. (Foto: dok. Laura Betz/NASA via AP)
NASA Tampilkan Gambar Kosmos Terjauh, 13,8 Miliar Tahun Lalu
Presiden Joe Biden mendengarkan selama pengarahan dari pejabat NASA tentang gambar pertama dari Teleskop Luar Angkasa Webb, gambar resolusi tertinggi dari alam semesta inframerah yang pernah ditangkap, di South Court Auditorium di kompleks Gedung Putih, Senin, 11 Juli 2022, di Washington. Di layar adalah Associate Administrator NASA untuk Direktorat Misi Sains, Thomas Zurbuchen, atas, Wakil Direktur Institut Sains Teleskop Luar Angkasa (STScI), Nancy Levenson, dan Direktur Program Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA, Greg Robinson, bawah. (Foto: AP/Evan Vucci)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Pandangan kita tentang alam semesta baru saja diperluas: Gambar pertama dari teleskop ruang angkasa baru NASA yang diluncurkan pada hari Senin (11/7) penuh dengan galaksi dan menawarkan tampilan terdalam dari kosmos yang pernah ditangkap.

Gambar pertama dari Teleskop Luar Angkasa, James Webb senilai US$10 miliar adalah yang terjauh yang pernah dilihat manusia dalam waktu dan jarak, lebih dekat dengan fajar waktu dan tepi alam semesta. Gambar itu diikuti tampilan hari Selasa (12/7) dengan merilis empat bidikan keindahan galaksi dari pandangan awal luar dari teleskop.

Gambar "bidang dalam" yang dirilis selama acara singkat Gedung Putih dipenuhi dengan banyak bintang, dengan galaksi besar di latar depan dan galaksi samar dan sangat jauh mengintip di sana-sini. Bagian dari gambar tersebut adalah cahaya tidak terlalu lama setelah Big Bang, yaitu 13,8 miliar tahun yang lalu.

Presiden Joe Biden kagum pada gambar yang katanya menunjukkan “cahaya tertua yang didokumentasikan dalam sejarah alam semesta dari lebih dari 13 miliar tahun, izinkan saya mengatakannya lagi, 13 miliar tahun yang lalu. Sulit untuk dipahami.”

Gambar penuh dengan ratusan bintik, garis, spiral, dan pusaran putih, kuning, oranye, dan merah hanyalah "satu titik kecil alam semesta," kata Administrator NASA, Bill Nelson.

"Apa yang kita lihat hari ini adalah alam semesta awal," kata astronom Harvard, Dimitar Sasselov, dalam sebuah wawancara telepon setelah pengungkapan.

Sasselov mengatakan dia dan rekannya Charles Alcock pertama kali berpikir "kita pernah melihat ini sebelumnya." Kemudian mereka melihat lebih dekat ke gambar itu dan menyatakan hasilnya tidak hanya indah tetapi juga "layak untuk ditunggu" untuk proyek yang sangat tertunda.

Dan bahkan lebih banyak lagi yang akan datang pada hari Selasa. Gambar-gambar itu termasuk pemandangan planet gas raksasa di luar tata surya kita, dua gambar nebula tempat bintang-bintang lahir dan mati dalam keindahan yang spektakuler dan pembaruan gambar klasik dari lima galaksi yang berkerumun rapat yang menari-nari di sekitar satu sama lain.

Teleskop ruang angkasa terbesar dan terkuat di dunia meroket bulan Desember lalu dari Guyana Prancis di Amerika Selatan. Ia mencapai titik pengamatannya satu juta mil (1,6 juta kilometer) dari Bumi pada bulan Januari. Kemudian proses panjang mulai menyelaraskan cermin, membuat detektor inframerah cukup dingin untuk mengoperasikan dan mengkalibrasi instrumen sains, semuanya dilindungi oleh kerai seukuran lapangan tenis yang membuat teleskop tetap dingin.

Rencananya adalah menggunakan teleskop untuk mengintip ke belakang sejauh ini sehingga para ilmuwan akan melihat sekilas hari-hari awal alam semesta sekitar 13,7 miliar tahun yang lalu dan memperbesar objek kosmik yang lebih dekat, bahkan tata surya kita sendiri, dengan fokus yang lebih tajam.

Seberapa jauh ke belakang 13 miliar tahun yang lalu gambar pertama itu terlihat? NASA tidak memberikan perkiraan apa pun pada hari Senin. Ilmuwan luar mengatakan perhitungan itu akan memakan waktu, tetapi mereka cukup yakin di suatu tempat di gambar penuh adalah galaksi yang lebih tua dari yang pernah dilihat manusia, mungkin kembali ke 500 juta atau 600 juta tahun setelah Big Bang.

“Butuh sedikit waktu untuk menggali galaksi-galaksi itu,” kata astrofisikawan Garth Illingworth dari University of California, Santa Cruz. "Ini adalah hal-hal yang hampir tidak bisa Anda lihat di sini, titik-titik merah kecil, terkecil."

"Ini benar-benar spektakuler, benar-benar menakjubkan," tambahnya. "Ini adalah semua yang kami impikan dalam teleskop seperti ini."

Webb dianggap sebagai penerus Teleskop Luar Angkasa Hubble yang sangat sukses, tetapi menua. Hubble telah menatap ke alam sejauh 13,4 miliar tahun. Ia menemukan tanda gelombang cahaya dari galaksi yang sangat terang pada tahun 2016. Para astronom mengukur seberapa jauh mereka melihat ke belakang dalam tahun cahaya dengan satu tahun cahaya adalah 5,8 triliun mil (9,3 triliun kilometer).

"Webb dapat melihat mundur tepat setelah Big Bang dengan mencari galaksi yang sangat jauh sehingga cahaya membutuhkan waktu miliaran tahun untuk sampai dari galaksi tersebut ke teleskop kita," kata Jonathan Gardner, wakil ilmuwan proyek Webb, selama briefing media bulan Juni.

Pandangan terdalam dari kosmos "bukan rekor yang akan bertahan lama," kata ilmuwan proyek Klaus Pontoppidan selama pengarahan, karena para ilmuwan diharapkan menggunakan teleskop Webb untuk masuk lebih dalam.

Pada cermin seukur4an 21 kaki (6,4 meter) berbentuk bunga berlapis emas milik Webb adalah yang terbesar dan paling sensitif yang pernah dikirim ke luar angkasa. Ini terdiri dari 18 segmen, salah satunya dipukul oleh mikrometeoroid yang lebih besar dari yang diantisipasi pada bulan Mei. Empat serangan mikrometeoroid sebelumnya ke cermin lebih kecil. Terlepas dari dampaknya, teleskop terus melampaui persyaratan misi, dengan hampir tidak ada kehilangan data, menurut NASA.

NASA berkolaborasi di Webb dengan badan antariksa Eropa dan Kanada.

“Saya sekarang benar-benar bersemangat karena kemajuan dramatis ini memberi pertanda baik untuk mencapai hadiah utama bagi banyak astronom seperti saya: menunjukkan dengan tepat “Fajar Kosmik”, momen ketika alam semesta pertama kali bermandikan cahaya bintang,” kata Richard Ellis, profesor astrofisika di Universitas College London, melalui email. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home