Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 08:57 WIB | Sabtu, 30 September 2023

Negara-negara Batasi Ekspor, Harga Pangan Dunia Naik

Ini dampak dari perang di Ukraina, ancaman El Nino dan perubahan iklim.
Orang-orang membeli bawang bombay di pasar terbuka di Nairobi, Kenya, hari Selasa, 12 September 2023. Pembatasan ekspor sayuran oleh negara tetangga Tanzania telah menyebabkan harga naik tiga kali lipat. Beberapa pedagang telah melakukan penyesuaian dengan mendapatkan hasil bumi dari Etiopia. (Foto: AP/Brian Inganga)

SATUHARAPAN.COM-Bagaimana caranya memasak makanan jika bahan pokoknya tidak dapat dijangkau?

Pertanyaan ini muncul di rumah tangga di seluruh dunia ketika mereka menghadapi kekurangan makanan penting seperti beras, minyak goreng, dan bawang. Hal ini terjadi karena negara-negara memberlakukan pembatasan terhadap makanan yang mereka ekspor untuk melindungi pasokan mereka dari dampak gabungan perang di Ukraina, ancaman El Nino terhadap produksi pangan, dan meningkatnya kerusakan akibat perubahan iklim.

Bagi Caroline Kyalo, perempuan berusia 28 tahun yang bekerja di sebuah salon di ibu kota Kenya, Nairobi, pertanyaannya adalah bagaimana cara memasak untuk kedua anaknya tanpa bawang bombay. Pembatasan ekspor sayuran oleh negara tetangganya, Tanzania, telah menyebabkan harga naik tiga kali lipat.

Kyalo awalnya mencoba menggunakan daun bawang, tapi harganya juga terlalu mahal. Begitu pula dengan harga kebutuhan lainnya, seperti minyak goreng dan tepung jagung. “Saya baru saja memutuskan untuk memasak sekali sehari,” katanya.

Meskipun negara di Afrika Timur ini memiliki tanah subur dan jumlah tenaga kerja yang besar, tingginya biaya penanaman dan pengangkutan hasil bumi serta kekeringan terburuk dalam beberapa dekade terakhir menyebabkan penurunan produksi lokal.

Ditambah lagi, masyarakat lebih menyukai bawang merah dari Tanzania karena lebih murah dan tahan lebih lama. Pada tahun 2014, Kenya mendapatkan setengah dari bawang bombaynya dari negara tetangganya, menurut laporan Organisasi Pertanian Pangan (FAO) PBB.

Di pasar makanan utama Nairobi, Wakulima, harga bawang bombay dari Tanzania merupakan yang tertinggi dalam tujuh tahun terakhir, kata penjual Timothy Kinyua.

Beberapa pedagang telah menyesuaikan diri dengan membeli produk dari Etiopia, dan yang lain beralih menjual sayuran lain, namun Kinyua tetap bertahan pada bawang. “Itu adalah sesuatu yang kita tidak bisa masak tanpanya,” katanya.

41 Pembatasan Ekspor

Pembatasan penggunaan bawang merah di Tanzania tahun ini adalah bagian dari “penularan” pembatasan pangan dari negara-negara yang dilanda kekurangan pasokan dan meningkatnya permintaan akan produk mereka, kata Joseph Glauber, peneliti senior di Institut Penelitian Kebijakan Pangan Internasional.

Secara global, terdapat 41 pembatasan ekspor pangan dari 19 negara yang berlaku, mulai dari larangan langsung hingga pajak, menurut lembaga tersebut.

India melarang pengiriman beras pada awal tahun ini, yang mengakibatkan berkurangnya seperlima ekspor global. Negara tetangganya, Myanmar, yang merupakan pemasok beras terbesar kelima di dunia, menanggapi hal ini dengan menghentikan beberapa ekspor biji-bijian.

India juga membatasi pengiriman bawang merah setelah curah hujan yang tidak menentu, yang dipicu oleh perubahan iklim, merusak tanaman. Hal ini menyebabkan harga-harga di negara tetangga Bangladesh melonjak, dan pihak berwenang pun berebut mencari sumber baru untuk sayuran tersebut.

Di tempat lain, kekeringan di Spanyol berdampak buruk pada produksi minyak zaitun. Ketika pembeli dari Eropa beralih ke Turki, harga minyak zaitun melonjak di negara Mediterania tersebut, sehingga mendorong pihak berwenang di sana untuk membatasi ekspor. Maroko, yang juga sedang menghadapi kekeringan sebelum terjadi gempa bumi mematikan baru-baru ini, berhenti mengekspor bawang, kentang, dan tomat pada bulan Februari.

Masalah Berkurangnya Pasokan

Ini bukan pertama kalinya harga pangan bergejolak. Harga bahan pokok seperti beras dan gandum meningkat lebih dari dua kali lipat pada tahun 2007-2008, namun dunia mempunyai persediaan makanan yang cukup dan mampu mengisi kembali persediaan tersebut pada tahun-tahun berikutnya.

Namun cadangan tersebut telah menyusut dalam dua tahun terakhir, dan perubahan iklim berarti pasokan pangan dapat dengan cepat berkurang dari permintaan dan melonjaknya harga, kata Glauber, mantan kepala ekonom di Departemen Pertanian AS.

“Saya pikir peningkatan volatilitas tentu saja merupakan hal yang normal baru,” katanya.

Harga pangan di seluruh dunia, kata para ahli, akan ditentukan oleh tiga faktor yang saling mempengaruhi: bagaimana El Nino terjadi dan berapa lama berlangsung, apakah cuaca buruk merusak tanaman dan mendorong lebih banyak pembatasan ekspor, dan masa depan perang Rusia di Ukraina.

Kedua negara yang bertikai merupakan pemasok utama gandum, jelai, minyak bunga matahari, dan makanan lainnya secara global, terutama ke negara-negara berkembang di mana harga pangan meningkat dan masyarakatnya mengalami kelaparan.

El Nino merupakan fenomena alam yang mengubah pola cuaca global dan dapat mengakibatkan cuaca ekstrem, mulai dari kekeringan hingga banjir. Meskipun para ilmuwan percaya bahwa perubahan iklim membuat El Nino ini semakin kuat, dampak pastinya terhadap produksi pangan tidak dapat diketahui sampai El Nino terjadi.

Tanda-tanda awalnya mengkhawatirkan.

India mengalami bulan Agustus yang paling kering dalam satu abad terakhir, dan Thailand menghadapi kekeringan yang memicu kekhawatiran terhadap pasokan gula dunia. Keduanya merupakan eksportir gula terbesar setelah Brazil.

Curah hujan yang lebih sedikit di India juga memupus harapan para eksportir pangan bahwa panen padi baru di bulan Oktober akan mengakhiri pembatasan perdagangan dan menstabilkan harga.

“Sepertinya harga (beras) tidak akan turun dalam waktu dekat,” kata Aman Julka, direktur Wesderby India Private Limited.

Yang Paling Berisiko: Negara Importir

Yang paling berisiko adalah negara-negara yang sangat bergantung pada impor pangan. Filipina, misalnya, mengimpor 14% pangannya, menurut Bank Dunia, dan kerusakan akibat badai pada tanaman pangan dapat menyebabkan kekurangan pangan lebih lanjut. Harga beras melonjak 8,7% pada bulan Agustus dibandingkan tahun sebelumnya, lebih dari dua kali lipat dari 4,2% pada bulan Juli.

Pemilik toko makanan di ibu kota Manila mengalami kerugian karena harga meningkat pesat sejak 1 September dan pelanggan yang biasanya membeli persediaan dalam jumlah besar membeli dalam jumlah yang lebih kecil.

“Kami tidak bisa menghemat uang lagi. Ini seperti kami hanya bekerja agar kami bisa mendapatkan makanan setiap hari,” kata Charina Em, 32 tahun, pemilik toko di pasar Trabajo.

Cynthia Esguerra, 66 tahun, harus memilih antara makanan atau obat untuk kolesterol tinggi, batu empedu, dan masalah saluran kemihnya. Meski begitu, dia hanya mampu membeli setengah kilo beras dalam satu waktu, tidak cukup untuk dia dan suaminya.

“Saya tidak khawatir dengan penyakit saya. Saya serahkan pada Tuhan. Saya tidak lagi membeli obat-obatan, saya hanya menaruhnya di sana untuk membeli makanan, pinjaman kami,” katanya.

Tidak Terbatas pada Padi

Risiko iklim tidak hanya terbatas pada padi saja, namun juga pada tanaman apa pun yang membutuhkan curah hujan yang stabil untuk tumbuh subur, termasuk peternakan, kata Elyssa Kaur Ludher, peneliti ketahanan pangan di ISEAS-Yusof Ishak Institute di Singapura. Sayuran, pohon buah-buahan, dan ayam semuanya akan mengalami tekanan panas, sehingga meningkatkan risiko pembusukan makanan, katanya.

Hal ini semakin membatasi pasokan makanan, dan jika ekspor biji-bijian dari Ukraina tidak diatasi, akan terjadi kekurangan pakan ternak dan pupuk tambahan, kata Ludher.

Penarikan diri Rusia pada bulan Juli dari perjanjian masa perang yang menjamin kapal-kapal dapat dengan aman mengangkut biji-bijian Ukraina melalui Laut Hitam merupakan pukulan terhadap ketahanan pangan global, yang sebagian besar hanya menyisakan rute-rute yang mahal dan memecah-belah melalui Eropa untuk ekspor negara yang dilanda perang tersebut.

Konflik ini juga telah merugikan produksi pertanian Ukraina, dan para analis mengatakan para petani tidak menanam jagung dan gandum dalam jumlah yang sama. “Ini akan terjadi, dan mempengaruhi mereka yang sudah merasakan tekanan terhadap keterjangkauan pangan,” kata Ludher. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home