Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 13:33 WIB | Senin, 19 Januari 2015

NIIS Bakar Buku-buku Kuno Kristen di Mosul

Di Mosul, NIIS mengeksekusi dengan cara menembak dengan pistol, menjatuhkan dari gedung dan rajam.
Manuskrip kuno lain di Mosul yang dibakar NIIS sebelumnya. (Foto dari cnsnews.com)

MOSUL, SATUHARAPAN.COM – Para saksi dari Mosul menegaskan bahwa militan Negara Islam Irak dan Suriah (NIIS) membakar sejumlah buku kuno dan naskah sejarah Kristen di kota Mosul, Irak.

Militan NIIS, seperti disebutkan situs berita setempat, Ankawa.com, pada hari Selasa (13/1) membakar buku-buku di kawasan Almajmoaa Althaqafia yang terletak di timur laut dari kota Mosul.

Menurut saksi, buku-buku yang dibakar adalah naskah-naskah yang disita dari gereja-gereja di daerah Mar Afram, Mar Paul dan Our Lady of the Annunciation. Selain itu, sejumlah buku sastra, novel,  cerita dan puisi juga dibakar.

Para militan menyuruh orang-orang dari berbagai daerah untuk mengumpulkan  buku dan ikut pembakaran buku-buku itu. Para militan NIIS mengklaim bahwa buku-buku tersebut bertentangan dengan Negara Islam dan bertujuan untuk membangkitkan pergaulan bebas, pornografi dan bertentangan dengan kehendak Allah.

Model Eksekusi NIIS

NIIS di Mosul juga menjalankan hukum eksekusi dengan cara yang berbeda terhadap orang-orang yang dihukum, menurut undang-undang mereka. Militan melemparkan dua orang muda yang ditangkap dengan tuduhan sodomi.

Keduanya dilemparkan dari sebuah gedung tinggi yang terletak di seberang markas pemerintah Provinsi Nineveh.

Para militan juga melaksanakan eksekusi menggunakan senjata pistol pada dua orang yang dituduh menyembunyikan barang milik Kristen dari militan NIIS. Orang-orang tersebut mengklaim mermiliki properti  tersebut. Sementara militan NIIS menganggap semua properti Kristen sebagai rampasan dan militan berhak untuk menggunakannya.

Para militan juga merajam (melempari dengan batu hingga meningga) seorang perempuan yang mereka tuduh melakukan perzinahan di distrik Alghabat (kawasan hutan) di kota Mosul. (ankawa.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home