Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 06:10 WIB | Rabu, 03 Juni 2020

Normal Baru, Ragunan Gunakan Keset Disinfektan

Ragunan. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Taman Margasatwa Ragunan akan menyiapkan fasilitas keset disinfektan sebagai fasilitas pencegahan COVID-19 untuk para pengunjung sebagai bagian dari kesiapan menghadapi era normal baru.

"Seandainya normal baru diberlakukan, kita siap. Persiapannya antara lain kita siapkan tempat cuci tangan,” katanya. Dan juga disiapkan disinfektan pada keset untuk sepatu pengunjung. “Seperti 'sanitizer' yang diinjak," kata Kepala Satuan Pelaksana Promosi Ragunan, Ketut Widarsana, di Jakarta, Selasa (2/6).

Keset disinfektan disediakan di dua pintu masuk, pintu utara dan pintu barat, karena hanya dua pintu ini yang akan dibuka bagi pengunjung.

Terkait ukurannya, Ketut belum memastikan apakah keset tersebut dibuat ukuran besar atau kecil. Hanya saja, keset tersebut cukup untuk diinjak pengunjung saat masuk Ragunan.

"Tujuannya untuk mensterilkan pengunjung, karena sepatu juga berpotensi penularan (COVID-19), karena menginjak banyak tempat," kata Ketut.

Pengunjung yang masuk Ragunan benar-benar steril, akan ada pemeriksaan suhu tubuh dan kondisi kesehatan, apabila pilek atau demam akan ditolak masuk.

Ragunan menyediakan tempat cuci tangan bagi pengunjung yang disebar di 18 titik di dalam kawasan kebun binatang tersebut.
Selain pengunjung, Ragunan juga menerapkan protokol kesehatan ketat bagi petugas pelayanan, seperti menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap, berupa sarung tangan, masker, pelindung wajah (face shield) dan disediakan cairan pembersih tangan (hand sanitizer). (Antara)

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home