Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 19:43 WIB | Kamis, 15 Oktober 2015

Obama akan Umumkan Penundaan Penarikan Pasukan dari Afghanistan

Presiden Barack Obama di hadapan tentara AS di Bagram Airfield di Bagram, Afghanistan, hari Minggu, 25 Mei 2014. (Foto: wptv.com)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Presiden Barack Obama akan mempertahankan 5.500 tentara di Afghanistan pada saat dia mengakhiri jabatan sebagai presiden pada 2017, menurut seorang pejabat senior. Ini berbeda dengan rencananya sebelumnya yang akan menarik semua pasukan AS di negara itu, kecuali mempertahankan sejumlah kecil pasukan berpangkalan di Kedubes.

Presiden Barack Obama akan mengumumkan hal itu pada hari Kamis (15/10) waktu setempat. Dalam rencana baru itu,  ia akan memperlambat rencana penarikan tentara. Kekuatan AS yang saat ini di Afghanistan sebanyak 9.800 tentara,  akan dipertahankan hingga 2016. Jumlah itu akan diturunkan menjadi sekitar 5.500 pada akhir tahun depan atau awal 2017, kata para pejabat senior pemerintah.

Beberapa tentara akan terus bersiaga dan melatih pasukan Afghanistan, sementara yang lain akan melanjutkan pencarian pasukan Al Qaeda dan militan ISIS.

Pengurangan pasukan akan ditentukan terutama oleh komandan di lapangan. Tidak ada tanggal yang ditetapkan bagi militer untuk mengurangi jumlah hingga menjadi 5.500 tentara di Afghanistan, kata pejabat pemerintah, yang tidak ingin disebutkan namanya karena mereka tidak ingin mendahului pengumuman Obama. (nytimes.com)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home