Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 19:49 WIB | Kamis, 15 Oktober 2015

Vietnam Protes Tiongkok Tenggelamkan Kapal Nelayan

Kapal nelayan Vietnam (kiri) yang ditenggelamkan Tiongkok di Kepulauan Paracels Islands, terlihat dekat kapal marinir di pulau Ly Son, provinsi Quang Ngai, Vietnam. (Foto: voaindonesia.com)

HANOI, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah Vietnam telah menuduh Tiongkok menenggelamkan salah satu kapal nelayan dekat kepulauan yang disengketakan di Laut China Selatan, yang dapat meningkatkan ketegangan antara negara-negara komunis yang bertetangga itu.

Phan Huy Hoang, seorang pejabat di provinsi Quang Ngai, Vietnam tengah, tempat nelayan-nelayan itu berasal, mengatakan hari Kamis (15/10) bahwa sebuah kapal Tiongkok menabrak kapal nelayan itu dengan 10 orang nelayan di dalamnya dekat kepulauan Paracels tanggal 29 September dan menenggelamkannya.

Nelayan-nelayan tersebut ditolong oleh kapal nelayan Vietnam lainnya dan kasus tersebut dilaporkan ke pihak berwenang ketika mereka pulang dua hari yang lalu.

Hoang mengatakan lebih dari 20 kapal nelayan Vietnam telah diserang oleh kapal-kapal Tiongkok tahun ini. Ia mengatakan protes resmi akan segera disampaikan kepada Tiongkok. (voa)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home