Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 12:34 WIB | Jumat, 27 Juni 2014

Obama Minta Kongres Kirim Bantuan ke Oposisi Suriah

Oposisi Suriah Berjuang Melawan Presiden Bashar al-Assad (Foto: bbc.com/AP).

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM - Presiden Barack Obama hari Kamis (26/6), meminta Kongres AS setujui bantuan sebesar 500 juta dolar AS atau sekitar Rp 6 triliun untuk melatih pasukan oposisi “moderat” Suriah.

Bantuan ini akan membantu Suriah menggulingkan Presiden Bashar al-Assad, kata Gedung Putih. Bantuan juga bertujuan melawan milisi dari Negara Islam Irak dan Levant (ISIL).

Kemenangan ISIL di perbatasan Irak membuat Kongres AS meminta Obama melakukan tindakan. Puluhan ribu orang telah tewas dan jutaan orang mengungsi selama tiga tahun perang saudara di Suriah.

“Bantuan AS merupakan dukungan atas perjuangan oposisi moderat Suriah, warga sipil Suriah dan milisi,” kata Gedung Putih.

Bantuan ini membantu stabilisasi area yang berada di bawah kontrol oposisi dan ancaman teroris, kata Gedung Putih.

Pasukan oposisi yang menerima bantuan AS akan diperiksa terlebih dulu untuk mengurangi kekhawatirkan bantuan jatuh ke tangan milisi ekstremis, kata Gedung Putih. 

Obama berada dalam tekanan beberapa anggota Kongres untuk memberikan bantuan di pasukan oposisi. Bulan lalu Obama mengisyaratkan peningkatan bantuan untuk oposisi Suriah dalam pidato di Akademi Militer West Point.

Ia mengatakan akan bekerja sama dengan Kongres untuk "dukungan bagi oposisi Suriah yang menawarkan solusi alternatif bagi Suriah daripada milisi teroris dan diktator brutal”. (bbc.com)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home