Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 11:17 WIB | Kamis, 21 Desember 2023

Oligarki Rusia, Roman Abramovich, Kalah dalam Gugatan terhadap Sanksi Uni Eropa

Jaksa federal Jerman juga akan menyita ratusan juta euro dari sebuah bank Rusia.
Jaksa federal Jerman juga akan menyita ratusan juta euro dari sebuah bank Rusia.

BRUSSEL, SATUHARAPAN.COM-Miliarder Rusia, Roman Abramovich, pada hari Rabu (20/12) kalah dalam tantangan hukum untuk membatalkan sanksi yang dijatuhkan kepadanya oleh Uni Eropa setelah invasi Rusia ke Ukraina, setelah pengadilan Uni Eropa menguatkan pembatasan tersebut.

Setelah Presiden Rusia, Vladimir Putin, memerintahkan pasukan Rusia masuk ke Ukraina pada Februari 2022, UE memberikan sanksi kepada pejabat Rusia dan sejumlah pengusaha Rusia, seperti Abramovich, serta membekukan aset Rusia senilai ratusan miliar dolar.

Abramovich telah mengajukan gugatan hukum terhadap hal ini.

Pengadilan, yang juga menolak klaim kompensasi Abramovich, mencatat perannya di perusahaan baja Rusia Evraz dan fakta bahwa baja memberikan sumber pendapatan utama bagi pemerintah Rusia.

“Pengadilan Umum menolak tindakan yang diajukan oleh Tuan Abramovich, dengan demikian menjunjung tinggi tindakan pembatasan yang diambil terhadapnya,” kata pengadilan Uni Eropa dalam sebuah keputusan.

“Dewan sebenarnya tidak melakukan kesalahan dalam penilaiannya dengan memutuskan untuk memasukkan nama Abramovich ke dalam daftar yang dipermasalahkan, mengingat perannya dalam grup Evraz dan, khususnya, perusahaan induknya,” tambahnya, merujuk pada ke daftar sanksi.

Abramovich, yang juga memegang kewarganegaraan Israel dan mantan pemilik klub Liga Premier Chelsea, menjadi salah satu pengusaha paling berpengaruh di dunia setelah pecahnya Uni Soviet pada tahun 1991. Forbes memperkirakan kekayaan bersihnya mencapai US$ 9,2 miliar.

Pada hari yang sama, Abramovich mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia kecewa dengan hilangnya tantangan hukum untuk membatalkan sanksi UE.

“Meskipun kami kecewa dengan keputusan hari ini, kami menyambut baik bahwa pengadilan tidak mempertimbangkan beberapa argumen yang diajukan oleh Dewan UE dan tidak memasukkannya sebagai dasar untuk mempertahankan sanksi,” kata Abramovich dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan atas namanya.

“Tuan Abramovich tidak mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi pengambilan keputusan pemerintah mana pun, termasuk Rusia, dan sama sekali tidak mendapat manfaat dari perang.”

Jerman Sita Dana dari Bank Rusia

Sementara itu, Jaksa federal Jerman mengatakan pada hari Rabu bahwa mereka bertujuan untuk menyita ratusan juta euro dari sebuah bank Rusia yang tidak disebutkan namanya sebagai bagian dari tindakan keras Barat atas invasi Moskow ke Ukraina.

Kantor kejaksaan federal mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka telah mengajukan mosi ke pengadilan di ibu kota keuangan Jerman, Frankfurt, meminta “proses penyitaan independen”.

“Tujuan dari proses ini adalah untuk menyita lebih dari 720 juta euro (US$ 789 juta) yang disimpan oleh lembaga keuangan Rusia di rekening bank di Frankfurt karena dugaan upaya untuk melanggar peraturan embargo” berdasarkan hukum Jerman, katanya.

Pada bulan Juni 2022, UE memasukkan bank Rusia tersebut ke dalam daftar sanksi, kata jaksa, seraya menambahkan bahwa mereka telah mengajukan mosi ke pengadilan pada bulan Juli. Pernyataan pada hari Rabu menyusul laporan media tentang tindakan hukum tersebut.

“Sebagai konsekuensinya, setiap aset entitas yang disimpan di lembaga keuangan Eropa tidak lagi dapat ditransaksikan, melainkan 'dibekukan',” kata mereka dalam pernyataan itu.

Namun segera setelah bank tersebut dijatuhi sanksi, “orang tak dikenal yang bertindak atas nama lembaga keuangan Rusia” berusaha menarik lebih dari 720 juta euro dari rekening bank tersebut di Frankfurt.

“Bank tidak melaksanakan perintah transfer elektronik,” kata jaksa.

Majalah berita Der Spiegel mengidentifikasi bank Rusia itu sebagai unit bursa saham Moskow dan mengatakan bank itu telah memarkir dananya di anak perusahaan bank Amerika Serikat di Jerman, JP Morgan Chase.

Kantor investigasi kejahatan bea cukai Jerman ditugaskan untuk melakukan penyelidikan ini, kata mereka, sambil mencatat bahwa “penyitaan independen sedang diminta karena saat ini tidak mungkin untuk mengadili individu tertentu atas pelanggaran tersebut” yang dimaksud.

Keputusan G-7 untuk membekukan aset Rusia segera setelah Kremlin memerintahkan invasi pada Februari 2022 menyebabkan pemblokiran dana sekitar US$300 miliar di negara-negara peserta.

Meskipun Ukraina telah menyerukan agar seluruh uang Rusia disalurkan untuk rekonstruksi pasca perang, negara-negara G-7 menolak penyitaan tersebut karena dianggap penuh dengan masalah hukum dan pelanggaran norma-norma global. (Reuters/AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home