Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 10:50 WIB | Sabtu, 20 Mei 2023

AS Jatuhkan 300 Sanksi Baru Terkait Perang Rusia di Ukraina

Rusia Perintahkan tangkap Karim Ahmed Khan dari Inggris, hakim ketua ICC yang mengeluarkan surat perintah penangkapan Putin.
Karim Ahmed Khan, kepala hakim Pengadilan Kriminal Internasional (ICC), berbicara dalam konferensi pers di Kementerian Kehakiman di Khartoum, Sudan, pada 12 Agustus 2021. (Foto: dok.AP)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Amerika Serikat mengumumkan lebih dari 300 sanksi baru terhadap penghindaran Rusia, rantai pasokan industri militer, dan pendapatan energi masa depan.

Amerika Serikat, bersama dengan pemangku kepentingan kelompok G-7 dan mitra internasional lainnya, membuat komitmen untuk meminta pertanggungjawaban Rusia atas perang dengan Ukraina pada KTT Pemimpin G-7 di Hiroshima, Jepang. Sanksi tersebut merupakan bagian dari pelaksanaan komitmen tersebut.

“Sejak awal perang ilegal dan tidak beralasan oleh Presiden Putin, koalisi global kami berfokus untuk mendukung Ukraina sambil menurunkan kemampuan Rusia untuk melakukan invasi,” kata Menteri Keuangan AS, Janet Yellen, dalam sebuah pernyataan setelah sanksi baru dirilis.

“Upaya kolektif kami telah memotong Rusia dari input utama yang dibutuhkannya untuk melengkapi militernya dan secara drastis membatasi pendapatan yang diterima Kremlin untuk mendanai mesin perangnya,” tambahnya.

Gelombang sanksi baru menargetkan 22 individu, 104 entitas, dan 20 negara atau yurisdiksi. Mereka juga memanggil aktor yang mencoba menghindari sanksi dan tindakan ekonomi tambahan yang diambil terhadap Rusia, saluran di mana Rusia memperoleh teknologi penting, sumber pendapatan energi masa depan, dan sektor keuangan negara secara keseluruhan.

Blokir Properti

Selain itu, Departemen Luar Negeri AS mengakui hampir 200 individu, entitas, kapal, dan pesawat terbang sebagai properti yang diblokir. Departemen Perdagangan juga menambahkan 71 entitas ke Daftar Entitasnya untuk menghentikan Rusia mendapatkan barang yang dibutuhkannya untuk perang dengan Ukraina.

Menanggapi sanksi baru tersebut, Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan 500 warga negara Amerika, termasuk mantan Presiden AS Barack Obama, akan dilarang masuk ke Rusia, lapor Reuters.

Di antara mereka yang terdaftar adalah pembawa acara televisi Stephen Colbert, Jimmy Kimmel dan Seth Meyers. Pembawa acara CNN, Erin Burnett, dan presenter MSNBC, Rachel Maddow dan Joe Scarborough juga masuk dalam daftar, menurut laporan AFP.

Rusia Mau Tangkap Hakim Ketua ICC

Terkait kejahatan perang Rusia di Ukraina, Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) pada bulan Maret mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk Presiden Vladimir Putin atas tuduhan kejahatan perang, namun Rusia membalas  dengan mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk hakim ketua ICC, menurut laporan media Rusia pada hari Jumat (19/5).

Hakim Inggris, Karim Ahmed Khan, ditambahkan ke daftar orang yang dicari Kementerian Dalam Negeri, kata media Rusia, mengutip database kementerian. Moskow membuka kasus terhadap Ahmed Khan dan tiga hakim ICC lainnya pada 20 Maret, beberapa hari setelah perintah penangkapan Putin, menurut laporan Reuters.

Surat perintah ICC memerintahkan penangkapan Putin dan ombudsman Rusia untuk hak-hak anak, Maria Lvova-Belova, atas tuduhan kejahatan perang terkait penculikan anak-anak Ukraina.

Rusia dan Putin menyangkal kejahatan perang apa pun selama invasi Ukraina, dengan mengatakan bahwa mereka adalah korban agresi dan kebohongan Barat.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home