Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 17:51 WIB | Selasa, 21 Februari 2023

Oposisi Rusia: Putin Hancurkan Masa Depan Rusia Demi Ambisi Pribadi

Pemimpin oposisi Rusia, Alexei Navalny, melihat ke kamera saat berbicara dari penjara melalui tautan video, yang disediakan oleh Layanan Penjara Federal Rusia, selama sesi pengadilan di Petushki, wilayah Vladimir, sekitar 120 kilometer timur Moskow, Rusia, Senin, 17 Januari 2022. (Foto: dok. AP)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM - Pemimpin oposisi Rusia yang dipenjara, Alexei Navalny, mengatakan pada hari Senin (20/2)  bahwa pasukan Moskow telah melakukan kejahatan perang di Ukraina, dan dia menuduh Presiden Vladimir Putin menghancurkan masa depan Rusia demi ambisi pribadinya sendiri.

Dalam sebuah postingan di media sosial menjelang peringatan satu tahun invasi ke Ukraina pada 24 Februari, Navalny mengatakan Rusia telah mencapai "titik terendah" dan hanya dapat pulih setelah "kediktatoran Putin" dibongkar dan Moskow mulai "mengganti" Kiev atas kerusakan yang ditimbulkan selama perang.

“Puluhan ribu orang Ukraina yang tidak bersalah telah dibunuh dan rasa sakit serta penderitaan menimpa jutaan lainnya. Kejahatan perang telah dilakukan,” kata Navalny melalui Twitter yang dikelola oleh rekan-rekannya, di mana dia juga menyerukan penyelidikan internasional atas tuduhan kekejaman.

Navalny, 46 tahun, menjalani hukuman penjara lebih dari 11 tahun di Rusia atas tuduhan penipuan yang diakui secara luas sebagai pembalasan politik atas tahun-tahun yang dihabiskannya untuk mencerca Kremlin.

Dia terus berbicara menentang Putin dari penjara. Bulan ini dia mengatakan dia telah dipindahkan ke rezim sel isolasi "tipe sel" yang lebih keras selama enam bulan ke depan di mana dia akan ditolak untuk menerima kunjungan.

Obsesi Politik dan Ekonomi Putin

“Alasan sebenarnya dari perang ini adalah masalah politik dan ekonomi di Rusia, keinginan Putin untuk mempertahankan kekuasaan dengan cara apa pun, dan obsesinya terhadap warisan sejarahnya sendiri. Dia ingin tercatat dalam sejarah sebagai 'tsar penakluk'...," kata Navalny dalam cuitan hari Senin.

Dia mengatakan kekalahan Rusia di medan perang "tak terhindarkan", dan bahwa Moskow harus menarik pasukannya dari Ukraina dan mengakui perbatasannya seperti yang ditetapkan pada tahun 1991 setelah jatuhnya Uni Soviet.

Itu akan mencakup semenanjung Krimea yang dianeksasi - meskipun Navalny, yang telah dikritik di masa lalu karena pernyataan ambigu mengenai posisinya dalam aneksasi Moskow tahun 2014, tidak secara eksplisit menyebut Krimea dalam postingannya.

Navalny mengatakan Rusia berhutang reparasi kepada Ukraina, menunjukkan bahwa mereka dapat keluar dari ekspor energi Moskow dalam skenario pasca perang di masa depan, dan dia mengecam Putin karena "menghancurkan" masa depan Rusia sendiri "hanya untuk membuat negara kita terlihat lebih besar di peta".

“Kami telah mencapai titik terendah,” kata Navalny. “Kita perlu membongkar rezim Putin dan kediktatorannya.”

Kremlin telah melarang organisasi Navalny dan telah meningkatkan serangan melawan kritik atas apa yang disebutnya "operasi militer khusus" di Ukraina, menangkap banyak rekan Navalny, antara lain, atas dasar keamanan nasional.

Pada tahun 2020, saat berkampanye di Siberia, Navalny diracun dengan apa yang dikatakan para ahli senjata kimia Eropa sebagai agen saraf dalam upaya pembunuhan yang disponsori negara. Moskow membantah mencoba membunuh Navalny. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home